Sukses

15 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan ketombe bisa dilakukan secara alami. Ketombe bisa disebabkan banyak hal, mulai dari jamur, eksim, alergi, kulit kepala kering, atau kebersihan yang buruk. Cara menghilangkan ketombe akan sangat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang ada.

Dalam kebanyakan kasus, ketombe bisa dikendalikan. Cara menghilangkan ketombe bisa menggunakan produk sampo anti ketombe dan perawatan rambut lainnya. Beberapa bahan alami juga bisa digunakan dalam cara menghilangkan ketombe. 

Cara menghilangkan ketombe bisa membantu mengatasi gatal dan serpihan ketombe yang mengganggu. Cara menghilangkan ketombe ini membantu mengatasi penyebab ketombe. Berikut cara menghilangkan ketombe, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(25/02/2021).

2 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Minimalisir stres

Stres memainkan peran penting dalam kesehatan seseorang secara keseluruhan. Meskipun stres tidak secara langsung menyebabkan gangguan kulit, stres dapat memperburuk atau memicu gangguan yang sudah ada. Stres dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal-gatal. Stres juga dapat menurunkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang lemah juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan beberapa infeksi jamur dan kondisi kulit yang menyebabkan ketombe.

Untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, cobalah beberapa teknik pengurangan stres, seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aromaterapi.

Penuhi kebutuhan omega-3

Kekurangan asam lemak ini dapat menyebabkan gejala seperti ketombe, kuku rapuh, dan kulit kering. Asam lemak omega-3 membantu mengelola produksi dan hidrasi minyak. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan gejala iritasi dan ketombe.

Sumber omega-3 yang bisa dikonsumsi seperti minyak ikan, ikan berlemak, biji rami, biji chia, dan kenari.

3 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Konsumsi probiotik

Probiotik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe. Probiotik juga telah terbukti membantu mengurangi gejala kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis, terutama pada bayi dan anak-anak.

Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Lidah buaya dapat membantu mendinginkan kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Gel lidah buaya dapat meningkatkan retensi kelembaban di kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat membantu melindungi dari ketombe.

4 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Air lemon

Air lemon mengandung asam sitrat yang tinggi. Aampo atau agen berbasis asam sitrat dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Ini dapat membantu mengurangi munculnya ketombe di kulit kepala.

Baking soda

Baking soda dapat membantu mengurangi ketombe. Baking soda merupakan exfoliant yang dapat mengangkat sel kulit berlebih dan minyak di kulit kepala. Baking soda juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe.

Namun, baking soda tidak boleh digunakan terlalu sering. Soda kue memiliki tingkat pH yang sangat tinggi, yang dapat merusak kulit kepala jika terlalu sering digunakan. Menggunakan terlalu banyak soda kue dapat menghilangkan minyak alami rambut, yang dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi.

5 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Tea tree oil

Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Tea tree oil bisa diteteskan ke sampo dan digunakan untuk keramas seperti biasa. Pastikan untuk selalu mengencerkan tea tree oil terlebih dulu sebelum digunakan. Mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam.

Minyak kelapa

Efek pelembap dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa menembus ke bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut.

Cara menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan sisir ke seluruh rambut. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak meresap ke rambut dan kulit, lalu bilas hingga bersih.

6 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Minyak zaitun

Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi pengelupasan kulit yang menjadi salah satu penyebab ketombe. Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pijat minyak zaitun ke kulit kepala kering dan sisir rambut dari ketombe.

Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini bisa efektif untuk ntuk ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

7 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Baby oil

Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa. Baby oil cocok digunakan untuk masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit jamur, ragi, atau kulit kepala kering. Baby oil bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Menggunakan baby oil sebagai pelembap mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

Minyak serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak serai harus diencerkan terlebih dahulu atau dicampur dengan sampo atau kondisioner.

8 dari 8 halaman

Cara menghilangkan ketombe

Minyak argan

Minyak argan memiliki sifat anti jamur yang membantu mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur. Minyak argan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Minyak argan bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala, dicampur ke dalam masker rambut, sampo, atau kondisioner.

Minyak peppermint

Minyak peppermint efektif untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan gatal. Sifat antiseptik dan anti-inflamasi membantu mengatasi ketombe. Efeknya yang mendinginkan kulit bisa menenangkan rasa gatal di kepala. Minyak peppermint bisa diaplikasikan bersama minyak kelapa ke kulit kepala sambil dipijat.

Minyak jojoba

Asam oleat dan vitamin E minyak jojoba membantu mencegah kulit kepala kering dan mengelupas. Ini menjadikannya obat alami yang baik untuk ketombe dan psoriasis pada kulit kepala. Minyak ini juga mampu memperkuat folikel rambut. Minyak jojoba bisa diaplikasikan langsung ke kulit atau dicampurkan pada sampo.