Sukses

Macam-Macam Metode Pembelajaran Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam metode pembelajaran perlu dikenali setiap pengajar. Hal ini dilakukan agar tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan. Dengan mempelajari metode pembelajaran serta mempraktekkannya, tujuan pembelajaran pun bisa tercapai. 

Metode pembelajaran dipraktikkan pada saat mengajar dan dibuat semenarik mungkin agar peserta didik mendapat pengetahuan dengan efektif dan efisien. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan dalam menerapkan rencana yang telah disusun agar mencapai tujuan pembelajaran.

Macam-macam metode pembelajaran harus disesuaikan juga dengan karakteristik peserta didik. Dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat, maka peserta didik pun bisa merasakan tujuan pendidikan yang direncanakan.

Pendidik perlu mengetahui dan mempelajari metode pengajaran agar dapat menyampaian materi dan dimengerti dengan baik oleh peserta didik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/2/2021) tentang macam-macam metode pembelajaran.

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran Konvensional

Macam-macam metode pembelajaran yang pertama dan paling sering digunakan adalah metode konvensional atau metode ceramah. Pada metode ini, guru menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa dengan cara berceramah.

Macam-macam metode pembelajaran satu ini merupakan metode paling praktis, tidak membutuhkan banyak alat bantu, dan juga tidak membutuhkan biaya terlalu banyak. Berikut kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran konvensional:

Kelebihan metode pembelajaran konvensional di antaranya adalah:

- Dapat diikuti oleh jumlah anak didik yang banyak.

- Siswa menjadi lebih fokus.

- Guru mengendalikan kelas secara penuh.

- Guru dapat menyampaikan pelajaran yang luas.

- Pelaksanaannya Mudah

Kekurangan metode pembelajaran konvensional:

- Siswa menjadi pasif.

- Proses belajar kurang menarik dan membosankan

- Proses pengajaran berfokus pada pengertian kata- kata saja.

- Evaluasi proses belajar sulit dikontrol, karena tidak ada poin pencapaian yang jelas.

 

Metode Pembelajaran Diskusi

Macam-macam metode pembelajaran selanjutnya adalah metode pembelajaran diskusi. Metode ini berhubungan dengan belajar pemecahan masalah, yang biasa dilakukan secara berkelompok. Bentuknya adalah dengan tukar menukar informasi, pendapat, dan pengalaman untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang sesuatu. Hal ini juga dilakukan untuk merampungkan keputusan bersama.

Kelebihan metode pembelajaran diskusi adalah memperluas wawasan, membina untuk terbiasa musyawarah dalam memecahkan suatu masalah, merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan, prakarya dan terobosan baru dalam pemecahan masalah, serta mengembangkan sikap saling menghargai pendapat orang lain.

Sementara itu, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang panjang, tidak dapat dipakai untuk kelompok yang besar, peserta mendapat informasi yang terbatas.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran Demonstrasi

Demonstrasi merupakan macam-macam metode pembelajaran selanjutnya yang bisa dipakai. Macam-macam metode ini bisa membantu perserta didik mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta yang benar.

Hal ini tentunya sangatlah efektif dalam pembelajaran karena menunjukkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. Metode ini membantu para siswa untuk memperoleh jawaban dengan mengamati suatu proses atau peristiwa tertentu. 

Kelebihan mentode pembelajaran demonstrasi adalah menghindari verbalisme, siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari, proses pengajaran lebih menarik, serta siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan dan mencoba melakukannya sendiri.

Sementara itu, kelemahan metode demonstrasi di antaranya memerlukan keterampilan guru secara khusus, fasilitas yang kurang, serta membutuhkan waktu yang lama. 

 

Metode Pembelajaran Eksperimen 

Macam-macam metode pembelajaran selanjutnya adalah eksperimen. Metode ini tidak hanya metode mengajar, namun juga suatu metode berpikir. Eksperimen dapat menggunakan metode lainya seperti menarik data sampai menarik kesimpulan. Metode ini merupakan penyampaian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.

Kelebihan metode pembelajaran eksperimen adalah sebagai berikut:

- Membina siswa membuat terobosan baru. 

- Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan. 

- Hasil percobaan yang berharga dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran umat manusia. 

Kelemahan metode pembelajraan eksperimen di antaranya adalah:

- Kesulitan dalam fasilitas.

- Cenderung sesuai bidang sains dan teknologi.

- Menuntut ketelitian, kesabaran, dan ketabahan.

- Setiap percobaan tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran Tanya Jawab

Macam-macam metode pembelajaran selanjutnya memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat dua arah, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam metode ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.

Kelebihan metode pembelajaran tanya jawab adalah pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan, mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.

Kelemahan metode pembelajaran tanya jawab antara lain siswa merasa takut (bila guru kurang dapat mendorongnya untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang), tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa, sering membuang banyak waktu, kurangnya waktu untuk memberikan pertanyaan kepada seluruh siswa.

Metode Resitasi

Metode resitasi adalah suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri. Kelebihan metode resitasi sebagai berikut: 

- Pengetahuan yang anak didik peroleh dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama. 

- Anak didik berkesempatan memupuk perkembangan dan keberanian mengambil inisiatif, bertanggung jawab dan berdiri sendiri (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

Kelemahan metode resitasi sebagai berikut: 

- Terkadang anak didik melakukan penipuan dimana anak didik hanya meniru hasil pekerjaan temennya tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri. 

- Terkadang tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan. 

- Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual (Syaiful Bahri Djamarah, 2000) 

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran Lainnya

Metode Karya Wisata

Macam-macam metode pembelajaran berikutnya adalah metode karya wisata. Metode satu ini menggunakan tempat atau lingkungan tertentu yang mempunyai sumber belajar untuk siswa. Namun penerapan metode ini perlu memperoleh pengawasan secara langsung dari guru. Contoh metode karya wisata adalah kunjungan ke Museum atau Alam.

Metode Mind Maping

Selain itu, ada juga macam-macam metode yang tidak kalah sering digunakan, yaitu metode mind maping. Metode pembelajaran ini menerapkan cara berpikir secara runtut pada sebuah permasalahan, bagaimana terjadinya serta penyelesaiannya. Melalui metode ini, siswa bisa meningkatkan daya analisis serta berpikir kritis agar memahami masalah sejak awal sampai akhir.