Sukses

Biar Tak Cedera, Lakukan Ini Sebelum Bersepeda

Liputan6.com, Jakarta Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang menjadi primadona selama pandemi. Apalagi kini, telah dibangun jalan khusus pesepeda di Jakarta. Menurut beberapa orang bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan dan fun.

Walaupun demikian, jika ingin bersepeda banyak orang melupakan pemanasan sebelum gowes. Alhasil, banyak orang cedera ketika bersepeda. Mulai dari kram sampai cedera otot.

Maka dari itu dianjurkan bagi kamu yang ingin bersepeda melakukan gerakan pemanasan, setidaknya 30 menit sebelum bersepeda. Sebagai referensi, dilansir liputan6, berikut beberapa gerakan pemanasan yang bisa kamu coba.

Shoulder Reach

Anda akan mulai dari gerakan yang pertama, yaitu shoulder reach. Gerakan peregangan ini sangat disarankan sebelum Anda mulai untuk melakukan olahraga bersepeda, karena bahu menjadi salah satu bagian tubuh yang akan melakukan tugas paling banyak selama bersepeda.

Leg Swings

Peregangan ini akan berguna dalam menjaga otot flexor pinggul yang menegang dikarenakan gerakan mengayuh pedal kedepan yang dilakukan berulang. Sehingga dengan jenis peregangan ini--dimana gerakannya yaitu dengan mengayunkan kaki ke segala arah, akan sangat bagus sebagai pemanasan bagi pinggang dan otot pada semua sendi gerak.

Butt Kicks

Butt kicks merupakan jenis peregangan yang akan berguna untuk pemanasan otot bagian paha, pinggul, dan kaki, mengingat otot tersebut yang akan bekerja keras untuk mengayuh sepeda. Gerakannya pun cukup mudah untuk dilakukan.

Heel Toe Walk

Gerakan peregangan ini berguna untuk pemanasan pada kaki terutama pada betis, pergelangan kaki dan tulang kering. Yuk, coba sebelum bersepeda

Coba deh!

 

(*)