Sukses

15 Cara Menggemukkan Badan yang Sehat, Perhatikan Asupan Makanan

Cara menggemukkan badan tak boleh dilakukan sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggemukkan badan tak boleh dilakukan sembarangan. Tak sedikit orang memiliki berat badan di bawah ideal. Sama seperti kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga tak baik untuk kesehatan.

Ini sebabnya banyak orang yang mencoba cara menggemukkan badan. Siapapun yang mengalami kekurangan berat badan, penting mengetahui cara menggemukkan badan yang sehat. Cara menggemukkan badan perlu dilakukan dengan benar.

Cara menggemukkan badan dengan mengonsumsi banyak gula dan makanan olahan hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Cara menggemukkan badan yang sehat berfokus pada makan makanan sehat dan menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Berikut cara menggemukkan badan yang sehat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Konsumsi lemak sehat

Cara menggemukkan badan yang sehat adalah dengan mengonsumsi lemak sehat. Konsumsi lemak sehat bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori untuk kenaikan berat badan. Makanan yang mengandung lemak sehat di antaranya adalah telur, ikan, minyak ikan, alpukat, dan minyak zaitun.

Konsumsi kalori sehat

Untuk menggemukkan badan yang sehat, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Pilihan kalori sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh tanpa memberi efek buruk bagi kesehatan. Kalori sehat mengandung karbohidrat, serat, dan lemak. Contoh karbohidrat sehat salah satunya adalah oatmeal. Jenis karbohidrat sehat lainnya adalah nasi, kentang, ubi, serta biji-bijian.

3 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Konsumsi protein

Cara menggemukkan badan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi cukup protein. Otot terbuat dari protein dan tanpa itu sebagian besar kalori ekstra yang dikonsumsi akan berakhir sebagai lemak tubuh. Protein bisa mengubah kalori menjadi otot. Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan lainnya.

Konsumsi susu dan produknya

Susu menjadi pilihan sehat untuk cara menggemukkan badan dan pembangun otot. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik. Minuman ini juga merupakan sumber kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya.

4 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Camilan sehat sebelum tidur

Saat tidur tubuh juga bisa membangun otot dan jaringan tanpa lemak. Jadi makan camilan sehat tepat sebelum tidur dapat membantu proses ini. Kamu bisa mencoba camilan sehat seperti kacang, biji, dan buah-buahan sebelum tidur.

Konsumsi daging dengan tepat

Daging merupakan sumber protein dan lemak yang baik. Daging merah mengandung leusin (asam amino) dan kreatin diet yang merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak. Daging merah ini meliputi daging sapi, kambing, domba, bebek, dan babi. Daging ayam juga merupakan makanan berkalori tinggi yang baik. Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

5 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan sangat penting dalam cara menggemukkan badan secara alami. Buah-buahan termasuk makanan utuh yang sangat sehat karena kaya akan vitamin dan mineral. Buah-buahan juga memiliki rasa lezat yang membuat orang semakin mudah memakannya.

Coba buah kering

Buah kering adalah camilan berkalori tinggi yang juga menyediakan antioksidan dan mikronutrien. Buah kering mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin serta mineralnya tetap utuh. Buah kering juga mengandung gula alami yang baik untuk menaikkan berat badan.

6 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Minum jus dan smoothie

Cairan akan lebih lama membuat kenyang. Jadi ketika kamu mencoba menambah berat badan, minum jus atau smoothie dapat menambah nutrisi tanpa membuatmu merasa kenyang atau kembung. Dua minuman ini cock untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap.

Makan lebih sering, dengan porsi kecil

Cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Ini akan membuatmu memenuhi kebutuhan kalori lebih cepat. Tubuh membutuhkan pasokan energi terus menerus. Kekurangan energi dapat menurunkan massa otot dan jaringan. Cara terbaik untuk mencegah tubuh kehilangan jaringan penting adalah dengan makan secara teratur, berjarak sekitar tiga hingga lima jam.

Makan minimal tiga kali sehari bisa mempermudah menambah asupan kalori. Ngemil di antara waktu makan juga dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam makanan.

7 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Kurangi minum

Banyak minum sebelum atau selama makan akan membuat perut mudah kenyang. Hindari minum terlalu banyak sebelum dan selama makan. Minum terlalu banyak akan membuatmu lebih sedikit mengonsumsi kalori. Cobalah untuk minum 30 menit setelah makan.

Gunakan piring ukuran besar

Gunakan piring besar jika mencoba menambah kalori. Piring yang lebih kecil menyebabkan orang makan lebih sedikit secara otomatis.

8 dari 8 halaman

Cara menggemukkan badan yang sehat

Tidur cukup

Tidur cukup juga berpengaruh dalam cara menggemukkan badan secara alami. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga dapat berpengaruh secara keseluruhan bagi kesehatan. Menghindari begadang dan tidur berlebihan dapat membantu mendukung berat badan ideal.

Olahraga

Jenis olahraga yang baik untuk menaikkan berat badan meliputi latihan ketahanan tubuh, resistensi atau angkat berat. Untuk hasil terbaik, cobalah berolahraga dua hingga tiga hari dalam seminggu. Setiap latihan harus terdiri dari delapan hingga 12 repetisi, diulang dua atau tiga kali.

Latihan beban

Latihan beban setidaknya tiga kali seminggu sangat penting untuk penambahan berat badan yang sehat. Ini akan membantu mendapatkan dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini