Sukses

Jenis-Jenis Komik Dibedakan dari Bentuk Fisik dan Genre, Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Pastinya kamu sudah tidak asing dengan komik. Tapi, apa itu komik? Komik adalah salah satu jenis buku bergambar yang cukup diminati di semua kalangan, terutama kawula muda. Umumnya, di dalam sebuah komik terdapat cerita atau dialog yang lengkap dengan ilustrasi gambar. Maka tidak heran, komik ini bisa membuat pembacanya lebih mudah mendapat visualisasi dari adegan yang dilakukan karakter dalam cerita.

Dengan kata lain, secara umum komik adalah cerita bergambar yang berfungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan melalui ilustrasi gambar dan deskripsi cerita. Komik juga bisa diartikan sebagai karya sastra yang merupakan bentuk cerita, kemudian ditampilkan berupa gambar dan terdapat satu tokoh utama.

Lantas apa saja ciri khas utama dari komik? Ciri dari komik adalah menyampaikan cerita melalui gambar dan bahasa. Di sisi lain, komik juga memiliki sifat proporsional, kepahlawanan, penggambaran watak, dan menyediakan humor.

Tidak kalah penting untuk kamu ketahui, ada beraga, jenis-jenis komik yang saat ini beredar di pasaran. Apa yang membedakan jenis-jenis komik tersebut? Sebenarnya, jenis-jenis komik tersebut dibedakan beberapa di antaranya dari bentuk fisik dan genre.

Nah, untuk mengulas lebih lanjut mengenai apa saja jenis-jenis komik, berikut ini Liputan6.com telah melansir dari Merdeka.com mengenai jenis-jenis komik tersebut, Minggu (28/2/2021).

2 dari 3 halaman

Jenis-jenis komik berdasar bentuk fisik

Layaknya sebuah karya sastra lainnya, komik juga dibedakan jadi beberapa jenis, berdasar bentuk fisik, antara lain:

 

Komik Buku

Komik buku adalah satu dari jenis-jenis komik yang sudah cukup tua. Jenis komik yang berbentuk buku di dalamnya menampilkan cerita utuh. Umumnya, jenis komik satu ini berseri dan satu judul buku komik sering muncul seperti tidak ada habisnya. Kemudian, jenis komik ini juga kerap tidak ada kaitan peristiwa atau konflik dengan komik sebelumnya.

 

Komik Online

Selanjutnya, salah satu dari jenis-jenis komik ini juga sudah banyak ditemukan terutama di internet. Bahkan, saat ini sudah banyak komikus berbakat yang mengembangkan kegemarannya di situs online tersebut.

 

Komik Strip

Selanin jenis-jenis komik di atas, ada juga jenis komik yang cukup populer, yaitu komik strip. Jenis komik satu ini biasanya hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja, akan tetapi isinya sering mengungkap sebuah gagasan yang utuh. Umumnya, komik strip juga hanya melibatkan satu fokus pembicaraan serta gagasan yang disampaikan umumnya tidak terlalu banyak.

3 dari 3 halaman

Jenis-jenis komik berdasar genre

Kemudian, ada jenis-jenis komik berdasar genrenya. Beberapa di antaranya seperti komik superhero, komik non fiksi, komik misteri, serta masih banyak lagi. Berikut beberapa jenis-jenis komik berdasar genrenya seperti dikutip dari whatNerd:

Komik Non-Fiksi

Jenis komik ini seperti buku non-fiksi lainnya, komik non-fiksi juga di dalamnya bercerita tentang kisah nyata yang membahas pengalaman kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, komik non-fiksi tidak serta merta sama seperti buku biografi yang bertele-tele. Biasanya, saat sebuah cerita non-fiksi disertai dengan seni, ceritanya dapat jauh lebih dalam dan juga berkesan.

Beberapa judul komik non-fiksi tersebut seperti Fun Home, The Complete Persepolis, Maus: A Survivor's Tale, dan lainnya.

 

Komik Fiksi Ilmiah

Biasanya jenis komik fiksi ilmiah melibatkan pembangunan dunia futuristik. Di mana kisah yang ada di dalamnya selalu menekankan pada perjalanan waktu, eksplorasi ruang angkasa, alien, serta teknologi canggih.

Kemudian, umumnya jenis komik fiksi ilmiah juga membahas masa depan umat manusia, apakah masa depan itu adalah distopia yang sedang runtuh, atau dunia yang dipenuhi dengan kemajuan.

Ada beragam jenis komik fiksi ilmiah yang bagus bisa ditemukan di pasaran. Beberapa judul komik fiksi ilmiah yang bisa kamu baca di antaranya Saga, Paper Girls, The Incal, dan komik fiksi ilmiah lainnya.

 

Komik Superhero

Kemudian, salah satu dari sekian banyak jenis-jenis komik yang laris manis di pasaran yaitu genre superhero. Sangat mudah untuk melihat kenapa jenis komik genre ini jadi begitu populer di dunia. Sebab, jenis komik satu ini selalu menghadirkan cerita dengan ilustrasi gambar yang apik.

Pasalnya, siapa yang tidak ingin membayangkan keberadaan manusia super yang bisa terbang, menembak jaring laba-laba, atau berlari dengan kecepatan cahaya? Semua orang ingin menjadi pahlawan super, melawan orang jahat, serta menyelamatkan kota. Hal inilah yang menjadi plot dari sebagian besar komik superhero. Tentunya, judul komik ini sangat mudah ditemukan dan cukup terkenal, sebut saja, Superman, Spiderman, Flash, Batman, dan lain sebagainya

 

Komik Misteri

Mungkin satu dari jenis-jenis komik berdasar genre ini sudah tidak asing dan cukup banyak penggemarnya. Komik misteri ini memang selalu berhasil membuat pembaca penasaran. Pasalnya, tokoh dan dialog di dalamnya secara terus-menerus akan menantangmu untuk memecahkan pertanyaan terbesar dalam cerita. Saat membaca jenis komik ini, kamu juga akan merasa sedang mengartikan dan mencoba memecakan kejahatan atau anomali dalam cerita.

Di pasaran, ada beragam contoh komik dengan genre misteri yang populer di dunia, seperti Blacksad, My Favorite Thing Is Monsters, The Fade Out, dan masih banyak lagi. Beberapa komik misteri tersebut juga menjadi bacaan wajib bagi kamu yang menyukai komik misteri.