Sukses

4 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Mudah dan Lebih Murah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat yoghurt bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Produk susu fermentasi ini bisa kamu buat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalam susu. Dengan Begitu, kamu bisa mendapatkan yoghurt yang lebih sehat dan sesuai selera.

Tidak hanya itu, membuat yoghurt sendiri di rumah tentunya akan menghemat pengeluaran. Walaupun mudah, kamu tetap harus memperhatikan kebersihan yoghurt. Hal ini disebabkan karena kebersihan bahan dan alat yang digunakan untuk yoghurt sangat penting untuk keberhasilannya.

Yoghurt mengandung berbagai nutrisi yang sangat menyehatkan. Mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, hingga probiotik bisa kamu dapatkan dari mengonsumsinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengonsumsinya secara rutin.

Cara membuat yoghurt sendiri di rumah bisa kamu jadikan panduan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/3/2021) tentang cara membuat yoghurt.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt dari Susu Cair Full Cream

Bahan-bahan:

- 500 ml susu full cream

- 2 sdm yoghurt plain dengan bakteri hidup untuk biang

Cara membuat yoghurt dari susu cair full cream:

1. Masak susu dengan api sedang. Rebus hingga muncul buih-buih kecil di pinggiran panci. Matikan api. Biarkan hingga hangat.

2. Masukkan 2 sdm yoghurt ke dalam susu yang masih hangat. Aduk rata. Rasa yoghurt yang akan kamu hasilkan sama dengan yoghurt biang yang kamu pakai.

3. Selangi masih hangat, masukkan campuran susu dan yoghurt ke dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan tidak ada celah yang membuat udara masuk. Bungkus dengan kain bersih. Simpan di dalam tempat kering dan tertutup selama minimal 12 jam.

4. Setelah proses fermentasi selesai, yoghurt bisa disimpan di dalam kulkas untuk dijadikan stok. yoghurt bisa dinikmati dengan aneka buah segar sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt dari Susu Bubuk

Bahan-bahan:

- 1 cangkir plain yoghurt dengan bakteri hidup

- 4 gelas air matang

- 12 sendok makan susu bubuk

Cara membuat yoghurt dari susu bubuk:

1. Tuang 4 gelas isi air matang dan 12 sendok makan susu bubuk ke dalam panci. Lalu aduk sampai benar-benar rata campur (supaya lebih rata, 1 gelas air + 3 sendok susu bubuk diaduk, lalu tuang ke dalam panci, begitu selanjutnya sampai 4 gelas)

2. Panaskan panci berisi susu di atas kompor, tunggu sampai susu mulai keliatan bintik-bintik (atau sekitar 2-3 menit)

3. Matikan kompor lalu tuang ke dalam panci lain yang ada tutupnya

4. Diamkan sampai uap tidak ada lagi.

5. Setelah itu, tuang yoghurt ke dalam susu, aduk sampai rata

6. Kemudian tutup dengan rapat dan tutup kemudian dengan kain

7. Letakkan panci tersebut ke sudut ruangan yang suhunya stabil .

8. Diamkan sampai 10 jam lebih.

9. Setelah itu Yoghurt sudah bisa dinikmati.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt Plain

Bahan-bahan:

- 1 liter susu murni (Bisa menggunakan susu kemasan tapi lebih baik susu murni)

- Bibit yoghurt sebanyak 5% dari banyaknya susu murni. (Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 ml atau 2 sdm bibit yoghurt.)

Cara membuat yoghurt plain:

1. Panaskan susu murni di atas api kecil sambil terus diaduk selama 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.

2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan.

3. Masukan bibit yoghurt lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk steril. Bila kesulitan mencari alat pengaduk dapat menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah disiram menggunakan air panas sebagai proses sterilisasi alat.

4. Apabila sudah selesai masukan ke wadah tertutup lalu tutupin dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap yang adalah syarat hidup bakteri fermentasi selama 20-24 jam.

5. Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.

6. Bila dirasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.

7. Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya

8. Yoghurt siap dinikmati, bisa ditambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt Creamy

Bahan-bahan:

- 2 liter susu murni, semakin segar semakin baik

- ¼ cangkir krim kental (opsional)

- 3 sampai 4 sendok makan yoghurt susu murni dengan kultur hidup dan aktif.

Cara membuat yoghurt creamy:

1. Gosokkan es batu ke bagian dalam panci untuk mencegah hangus (atau bilas bagian dalam panci dengan air dingin). Tambahkan susu dan krim dan didihkan, sampai gelembung terbentuk di sekitar tepinya, 180 sampai 200 derajat. Aduk susu sesekali saat memanas.

2. Angkat panci dari api dan dinginkan sampai terasa hangat. Tes dengan memasukkan jari ke dalam susu. Kamu bisa memindahkan susu ke gelas atau mangkuk keramik, atau dapat membiarkannya di dalam panci.

3. Pindahkan 1/2 cangkir susu hangat ke dalam mangkuk kecil dan kocok dengan yoghurt sampai lembut. Aduk kembali campuran yoghurt-susu ke dalam sisa panci berisi susu hangat.

4. Tutup panci atau wadah tersebut dengan rapat. Jaga agar panci tetap hangat dengan membungkusnya dengan handuk besar, atau meletakkannya di atas bantal pemanas, atau pindah ke tempat yang hangat. Kamu juga bisa menaruhnya di atas lemari es yang cenderung hangat.

5. Biarkan yoghurt selama 6 sampai 12 jam, sampai yoghurt kental dan memiliki rasa yang tajam. Semakin lama ia dibiarkan, semakin tebal dan tajam rasanya. Pindahkan panci ke lemari es dan dinginkan setidaknya selama 4 jam; yoghurt akan terus mengental saat dingin.