Sukses

12 Macam-Macam Ideologi dan Pengertiannya, Pahami Lebih Jauh

Dua belas macam-macam ideologi ini pernah diberlakukan di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian ideologi adalah seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan sebuah cita-cita. Macam-macam ideologi di dunia ada sekitar dua belas.

Dari dua belas macam-macam ideologi ini pernah diterapkan di seluruh dunia sampai sekarang. Banyak dari macam-macam ideologi ini yang masih bertahan, tetapi banyak pula yang mendapat kecaman.

Orang pertama yang menggunakan istilah ideologi dalam konteks modern adalah filsuf Prancis Destutt de Tracy yang pada 1796 menulis tentang Revolusi Prancis. Untuk bisa lebih memahami macam-macam ideologi, simak penjelasannya.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam ideologi dari berbagai sumber, Senin (1/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Ideologi

Ideologi Marxisme

Ideologi Marxisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang dibuat berdasarkan bentuk perlawanan Karl Marx terhadap ketidakadilan sistem ideologi kapitalisme.

Ideologi marxisme lahir berkat anggapan ideologi kapitalisme yang dianggap sebagai kesalahan yang besar karena akan semakin memperkaya pemilik modal dengan mengorbankan nasib kaum buruh yang menyedihkan.

Pada sistem kapitalisme, buruh dipaksa bekerja berjam-jam dengan upah yang minim. Hal itu karena prinsip kapitalisme yaitu profit sebanyak banyaknya dan modal seminimal mungkin.

Ideologi Sosialisme

Ideologi sosialisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang dapat diidentikkan dengan ideologi komunisme.

Hal ini karena prinsip yang mendasar yaitu sama-sama akan mengutamakan segala kepemilikannya secara bersama-sama dan tidak mengakui adanya kepemilikan individu.

Seluruh aset dan modal akan dikuasai secara bersama-sama demi kepentingan suatu bangsa dan negara.

Ideologi Fasisme

Ideologi fasisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang mirip dengan sistem kerajaan zaman. Ideologi ini lebih menekankan pada kepemimpinan tunggal. Kekuasaan ini khusus dipegang oleh seseorang yang dianggap kuat dan mampu mengatur sistem bernegara.

Salah satu macam-macam ideologi ini dikenal kuat dan keras, sudah pasti membuat ruang gerak setiap orang terbatas untuk bisa memenuhi hak-haknya.

Ideologi fasisme membuat kekuasaan dan wewenang mengatur tidak ada yang mengganggu dan mengawasi. Orang yang menganut paham ini akan percaya dengan pemimpin tunggal kuat.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Ideologi

Ideologi Nasionalisme

Ideologi nasionalisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang menitikberatkan kepada kedaulatan negara. Hal yang mutlak dan tidak boleh diganggu oleh pihak manapun.

Setiap warga negara haruslah memiliki rasa mencintai negara lebih dari apapun dengan berjuang dan berkorban secara bersama-sama demi menjaga kedaulatan negara. Pada saat ini nasionalisme dibagi menjadi tiga bentuk yaitu nasionalis kewarganegaraan, nasionalis etnis, dan nasionalis romantic.

Nasionalis kewarganegaraan menunjukkan bahwa warga negara merupakan komponen yang berperan sangat penting di dalam tatanan sistem bernegara. Jadi kekuatan utama dari suatu negara bertumpu kepada warga negara.

Nasionalis etnis menitikberatkan kepada budaya dan etnis sebagai komponen yang berperan dalam suatu negara.

Sedangkan nasionalis romantic adalah suatu kondisi di mana budaya, ras, dan etnik sebagai sumber kebenaran politik.

Ideologi Kapitalisme

Ideologi kapitalisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang cukup dikenal di dunia. Ideologi kapitalisme ini dipopulerkan oleh bapak ilmu ekonomi dunia yaitu Adam Smith.

Salah satu dari macam-macam ideologi ini digagas oleh Adam Smith karena tidak setuju dengan ideologi merkantilisme yang berkembang pada saat itu. Teori Adam Smith mengenai ideologi kapitalisme yang cukup dikenal luas yaitu teori invisible hand (tangan yang tidak terlihat).

Ideologi kapitalisme menekankan kepada penguasaan modal oleh pihak swasta yang di mana negara tidak berhak mengatur dan membuat undang-undang yang dapat mempersulit jalanya usaha mereka.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Ideologi

Ideologi Liberalisme

Ideologi liberalisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang menekankan pada kebebasan. Terutama kepada setiap golongan untuk dapat mengekspresikan keinginannya sendiri tanpa ada larangan dari pihak lainnya.

Asal katanya yaitu liberal yang berarti kebebasan. Ideologi ini menganggap bahwa setiap orang harus memperoleh kesempatan yang sama dalam mencapai sesuatu.

Setiap individu berhak untuk menentukan sendiri berbagai hak umum seperti hak politik, hak beragama, dan berbagai hak lainnya.

Ideologi Demokrasi

Ideologi demokrasi adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang dianut pemerintah Indonesia sebagai sistem pemerintahannya. Demokrasi terdiri dari dua kata yaitu demos dan kratos. Demos berarti rakyat dan kratos berarti kekuasaan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa demokrasi adalah kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Suara rakyat akan diwakili oleh dewan yang diberi nama dewan perwakilan rakyat.

Selain itu, dalam proses berjalannya suatu negara maka akan diadakan pemilihan umum yang berfungsi untuk memilih legislatif (Perwakilan rakyat) dan eksekutif (pemerintah) yang akan saling bersinergi dalam membangun negara.

Beberapa negara yang menganut sistem demokrasi yaitu, Norwegia, Denmark, Amerika, Swedia, Venezuela, Australia, Belgium, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Ideologi

Ideologi Feminisme

Ideologi feminisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang menitikberatkan kepada kesetaraan hak serta kewajiban bagi perempuan. Kesetaraan tersebut meliputi hak ekonomi, politik, sosial, budaya, ruang pribadi, dan ruang publik.

Tujuan utama dari ideologi ini adalah memperjuangkan hak perempuan yang dahulu kala tidak boleh bersekolah, berpolitik, dan lain sebagainya.

Ideologi Anarkisme

Ideologi anarkisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang menganggap bahwa negara merupakan sebuah gangguan dan tidak perlu ada. Sebagian wilayah di Spanyol menganut menganut ideologi.

Ideologi ini menitikberatkan kepada kebebasan setiap individu, di mana sebuah tatanan negara dan politik dianjurkan untuk dibubarkan dan digantikan dengan tindakan sukarela dari setiap warga negara.

Di dalam sistem ini tidak ada hierarki di mana setiap orang dapat memainkan perannya sesuai kehendak masing-masing. Ideologi ini mulanya dianggap relevan namun pada praktiknya banyak terjadi kebingungan dan akhirnya bubar.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Ideologi

Ideologi Konservatisme

Ideologi konservatisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang menitikberatkan pada sistem tata kelola dan nilai-nilai ajaran tradisional serta kuno.

Salah satu dari macam-macam ideologi ini anti sekali dengan segala bentuk globalisasi dan modernisasi yang berkembang di seluruh dunia. Popularitas ideologi konservatisme ada sejak revolusi perancis.

Menurut pandangan penganut ideologi ini, globalisasi dan modernisasi merupakan hal yang sia-sia dan memberikan dampak buruk bagi kehidupan mereka.

Globalisasi menurut mereka dianggap dapat menumbuhkan perpecahan, persaingan tidak sehat, dan adanya kesenjangan.

Ideologi Libertarianisme

Ideologi libertarianisme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang kombinasi antara ideologi liberalisme dan sosialisme. Setiap orang memiliki kebebasan baik politik dan ekonomi.

Akan tetapi kepemilikkan pada berbagai sektor strategis salah satu dari macam-macam ideologi ini lebih dibebankan kepada negara. Pemerintah adalah alat mengatur dan mengawasi sistem tatanan negara.

Ideologi Nazizme

Ideologi Nazizme adalah salah satu dari macam-macam ideologi yang identik dengan seorang tokoh asal Jerman, Adolf Hitler. Singkatan Nazizme adalah nasional sosialisme.

Salah satu dari macam-macam ideologi ini bukan hasil gagasan dan ide original. Akan tetapi dari penggabungan ideologi dan yang paling terlihat adalah anti yahudi.

Pada masa kejayaa Adolft Hitler banyak orang yahudi yang dipenjarakan dan dibunuh di seluruh dunia. Paham ideologi yang satu ini sangat kejam, keras, dan kuat.

7 dari 7 halaman

Mengenal Pengertian Ideologi

Ideologi Secara Istilah

Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ”idein” dan ”logos”. Idein berarti memandang, melihat, ide, dan cita-cita, sementara Logos adalah logia atau ilmu. Dari istilah ini, ideologi adalah seperangkat ide yang membentuk keyakinan dan paham untuk mewujudkan cita-cita manusia.

KBBI mendefinisikan ideologi sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Ideologi adalah cara berpikir seseorang atau suatu golongan.

Dilansir dari ThoughtCo, dalam ilmu sosiologi, ideologi adalah penjumlahan dari nilai, kepercayaan, asumsi, dan ekspektasi seseorang. Ideologi ada di dalam masyarakat, dalam kelompok, dan di antara orang-orang. Ideologi membentuk pikiran, tindakan, dan interaksi, bersama dengan apa yang terjadi di masyarakat luas.

Ideologi Menurut Ahli

Terry Eagleton

Ideologi adalah sistem konsep dan pandangan yang berfungsi untuk memahami dunia sekaligus mengaburkan kepentingan sosial yang diekspresikan di dalamnya. Ideologi diliputi dengan kelengkapan dan konsistensi internal yang relatif cenderung membentuk sistem tertutup dan mempertahankan dirinya sendiri dalam menghadapi kontradiksi atau inkonsistensi.

Malcolm Hamilton

ideologi adalah sebuah sistem ide-ide normatif dan konon faktual yang secara kolektif dan keyakinan serta sikap yang mendukung dan / atau membenarkan pola tertentu dari hubungan, pengaturan, dan perilaku politik dan / atau ekonomi.

Karl Marx

Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat. Menurut Marx, ideologi muncul dari corak produksi masyarakat. Pendekatan Marx terhadap ideologi dituangkan dalam teorinya tentang basis dan suprastruktur.

Menurut Marx, suprastruktur masyarakat, ranah ideologi, tumbuh dari basis, ranah produksi, untuk mencerminkan kepentingan kelas penguasa dan membenarkan status quo yang membuat mereka tetap berkuasa.

Michael Hunt

Ideologi adalah serangkaian keyakinan atau asumsi yang saling terkait yang mengurangi kompleksitas potongan realitas tertentu menjadi istilah yang mudah dipahami dan menyarankan cara yang tepat untuk menangani kenyataan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.