Sukses

Cara Membuat CV yang Menarik Secara Online, Praktis Banget

Kumpulan cara membuat CV yang menarik, pahami situs website yang bikin CV jadi terlihat profesional.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat CV yang menarik umumnya pakai Microsoft Word. Untuk sekarang, sudah ada situs website yang bisa digunakan untuk praktik cara membuat CV yang menarik secara online.

Bukan cuma praktis dan gampang banget, cara membuat CV yang menarik secara online ini tidak berbayar alias gratis. Situs yang dimaksud adalah resume.com, resume.io, resumonk, connectCV, visualCV, canva, dan resume genius.

Nah, cara membuat CV yang menarik dengan situs-situs online ini hanya perlu memasukkan data diri saja. Curriculum Vitae atau CV biasanya berisikan informasi diri terkait kelahiran, jenjang pendidikan, kemampuan, sampai pengalaman kerja di lapangan.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat CV yang menarik secara online, Senin (1/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Secara Online

Cara membuat CV yang menarik bisa dilakukan dengan situs web tertentu secara online. Tentu saja situs ini akan mempermudah dan bikin praktis cara membuat CV yang menarik.

Resume.com

Situs ini merupakan salah satu situs yang cocok untuk praktik cara membuat CV yang menarik. Selain gratis, cara membuat CV yang menarik dengan resume.com ada banyak pilihan templat profesional.

Cara membuat CV yang menarik dengan situs ini hanya perlu memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini punya fitur "Impor LinkedIn". Maka meng-klik fitur tersebut, kamu akan tersambung ke profil LinkedInmu dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam resume yang dibuat secara otomatis.

Resume.com dapat diakses gratis oleh semua orang. Pengguna juga bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis setelah selesai praktik cara membuat CV yang menarik. Ada berbagai templat yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

Resume.io

Cara membuat CV yang menarik bisa menggunakan situs ini. Serupa dengan Resume.com, Resume.io juga memungkinkan untuk membuat CV kreatif tanpa ribet.

Di sini cara membuat CV yang menarik bisa dilakukan secara gratis dan mengunduhnya dengan cepat.

Ribuan orang dari seluruh dunia sudah menggunakan situs ini untuk pratik cara membuat CV yang menarik. Di situs ini terdapat berbagai macam templat yang telah dikategorikan.

Setiap templat dirancang dengan ahli dan mengikuti “aturan resume” yang dicari oleh tim perekrutan. Di sini terdapat jenis templat seperti templat profesional, simpel, kreatif, dan modern.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Secara Online

Resumonk

Cara membuat CV yang menarik bisa menggunakan Resumonk. Resumonk adalah salah satu pembuat resume atau CV gratis terbaik yang tersedia saat ini.

Situs ini mudah digunakan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkan setelah cara membuat CV yang menarik diselesaikan. Cukup kunjungi situs web Resumonk resume builder, pilih templat dan masukkan detail informasi yang ingin dicantumkan.

Resumonk adalah salah satu cara membuat CV yang menarik dan mudah banget. Ada beragam templat desain dasar yang bisa membuatmu memiliki CV yang terlihat profesional. Kelebihan dari situs ini adalah tidak perlu membuat akun untuk membuat resume atau CV gratis.

ConnectCV

ConnectCV merupakan situs cara membuat CV yang menarik dan gratis. Terdapat berbagai fitur yang dapat memudahkan cara membuat CV yang menarik, terlihat punya desain profeisonal.

Salah satu situs cara membuat CV yang menarik ini punya fitur tambahan seperti pemeriksa ejaan bawaan, tip penulisan in-line, dan sampel CV khusus industri tertentu. Pengguna pun bisa menyusun portofolio melalui situs ini lengkap dengan berbagai pilihan templatnya.

Cara membuat CV yang menarik dengan ConnectCV mudah untuk menyimpan hasil CV yang dibuat dalam berbagai format seperti word atau PDF. CVmu juga bisa tersimpan dalam bentuk weblink di mana kamu bisa menyisipkan portofolio berupa video atau suara di dalamnya.

VisualCV

Visual CV menyediakan templat yang bagus dan profesional untuk praktik cara membuat CV yang menarik. Pembuat hanya perlu mengimpor CV yang sudah ada atau membuat CV baru menggunakan templat yang tersedia.

Templat dari cara membuat CV yang menarik dapat disesuaikan ke tingkat yang sangat baik. Jadi tidak perlu khawatir tentang resume atau CVmu terlihat mirip dengan orang lain.

VisualCV menyediakan versi berbayar dengan beragam fitur menarik sebagai salah satu solusi terbaik cara membuat CV yang menarik. Namun, sebenarnya pengguna masih bisa menggunakan VisualCV dalam versi gratis dengan fitur yang bisa mendukung pembuatan CV secara maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Secara Online

Canva

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini cocok digunakan sebagai cara membuat CV yang menarik. Menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Jika sudah memiliki pengalaman desain, cara membuat CV yang menarik bisa di mulai dengan templat kosong. Jika tak punya bakat desain, cara membuat CV yang menarik bisa menggunakan templat yang ada dan tinggal mengganti informasi dummy yang ada.

Semua tools desain grafis Canva tersedia terutama sebagai cara membuat CV yang menarik. Pengguna hanya perlu menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, dan lainnya ke CV yang dibuat.

Paket gratis Canva mungkin adalah semua yang dibutuhkan untuk membuat CV atau resume. Kamu akan mendapatkan penyimpanan 1 GB untuk foto dan aset lainnya, serta akses ke ribuan templat menarik.

Resume Genius

Resume Genius menyediakan templat yang tampak klasik dan anggun yang berhasil membuat ribuan orang mendapatkan pekerjaan baru. Maka tidak heran bila situs ini sangat direkomendasikan sebagai cara membuat CV yang menarik.

Keakuratan, kesederhanaan dalam fungsi dan penggunaan, dan profesionalisme terlihat dalam pilihan resume di situs ini. Resume Genius cukup unik.

Salah satu situs cara membuat CV yang menarik ini akan menanyakan kepada pencari kerja serangkaian pertanyaan pilihan ganda tentang pendidikan dan pengalaman, dan hanya meminta untuk mengisi bagian yang kosong dengan tanggal, peran, dan jawaban sederhana lainnya.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Bagian Data

Data Identitas

Cara membuat CV yang menarik untuk langkah yang pertama adalah memastikan sudah masukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur.

Deskripsikan diri dengan baik dan menarik. Cara membuat CV yang menarik ini memuat usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, dan tentang pendidikan terakhir. Misalnya lulusan universitas dan dengan kelebihan seperti apa.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan pada cara membuat CV yang menarik ada kuncinya. Bagian ini termasuk informasi yang harus disampaikan dalam CV. Tak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak.

Pengalaman

Cara membuat CV yang menarik selanjutnya pada penulisan pengalaman pelamar. Seorang HRD akan sangat tertarik dengan Curriculum Vitae jika pengalaman kerjanya cukup mumpuni.

Paling tidak, benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Jadi ketika mempraktikkan cara membuat CV yang menarik, pastikan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Bagian Data

Kualifikasi Diri

Selain pendidikan dan pengalaman yang berkualitas, cara membuat CV yang menarik harus fokus pada kualifikasi diri. Perusahaan akan melirik kualifikasi pelamarnya.

Kualifikasi khusus yang dimiliki akan membuat HRD yakin untuk memilih pelamar dengan Curriculum Vitae ini. Apalagi jika berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tertentu, jangan ragu.

Keahlian

Cara membuat CV yang menarik untuk bagian keahlian cukup krusial. Keahlian murni yang dimiliki tentu akan menjadi pertimbangan perusahaan memilih. Keahlian inilah yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan di perusahaan.

Pencapaian

Cara membuat CV yang menarik selanjutnya menyampaikan perihal pencapaian pelamar. Pencapaian yang dimaksud dalam Curriculum Vitae ini berkaitan dengan pekerjaan yang hendak dilamar.

Tulis dengan Benar

Pada cara membuat CV yang menarik terakhir, perhatikan bagian penulisan. Menyampaikan informasi dengan lengkap memang penting dilakukan. Hanya saja terlalu panjang juga akan membuat HRD enggan membacanya.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat CV yang Menarik Bagian Contoh

Curriculum Vitae Bahasa Indonesia

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Catur Nugroho

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1994

Status: Belum Kawin

Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran, Kec. Medan Barat, Jakarta Barat 5000

Kewarganegaraan: IndonesiaAgama: Islam

Nomor Handphone: 0811 **** ****

Email: catur@gmail.com

Pendidikan:

SD Alwashliyah 19 Jakarta 2000 – 2006

SMP Negeri 1 Jakarta 2006 – 2010

SMA Pelita Harapan 2010 – 2013

Universitas Indonesia (Ekonomi) 2013 – 2018

Pengalaman Organisiasi:

Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2014-2015.

Minat dan keahlian:

1. Mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik

2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing

3. Suka menulis

4. Mampu bekerja sama dalam tim

Hormat saya

Catur Nugroho

Curriculum Vitae Bahasa Inggris

PERSONAL DETAILS

Name: Antika Devi

Adress: Ahmad Dahlan street, Badung, Denpasar 35371Phone: (0281) 999 999

Cellphone: 087899999999

E-mail: Antikadevi25@gmail.com

Date of birth: January 6th, 1992

Nationality: Indonesian

Gender: Female

Marital status: Single

Religion: Moslem

EDUCATION DETAILS

1998 – 2004 State Elementary School 1 Badung

2004 – 2006 State Junior High School 1 Badung

2006 – 2010 State Senior High School 2 Denpasar

2010 – 2014 English Education Department, The Udayana University

GPA = 3.75 (scale 4)

PREDICATE: Very Satisfactory

JOB EXPERIENCES

July – September 2013: On the job training at SMAN 3 Denpasar

January 2014 – Present: English Course Lecturer at FIRST EDUCATION CENTRE

COMPUTER SKILLS

Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point

Antika Devi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini