Sukses

Alasan Mengapa Kucing Buang Air Kecil di Tempat Tidurmu

Kucing bisa stres dan cemas karena banyak hal dan kondisi ini nggak segera diketahui manusia.

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pencinta kucing, menemukan adanya cairan di atas tempat tidur dan bau pesing menjadi salah satu hal yang menyebalkan. Kamu pasti bertanya-tanya, mengapa kucingmu nggak buang air kecil alias pipis di tempat yang disediakan, malah justru kencing di atas kasur. 

Dikutip laman Softpaws, ada beberapa alasan kucing melakukan hal ini. Jika intensitasnya sering, bisa jadi ada masalah medis dengan kucing kesayanganmu. 

Bisa jadi ada infeksi saluran kemih, diabetes, atau kucingmu menderita penyakit ginjal yang menyebabkannya nggak bisa buang air kecil bahkan buang air besar (BAB) di kotak pembuangannya. 

Selain kondisi medis, ada beberapa alasan lainnya yaitu sebagai berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cemas dan Stres

Ini menjadi salah satu penyebab paling umum. Ya, kucing bisa stres dan cemas karena banyak hal dan kondisi ini nggak segera diketahui manusia. 

Bisa jadi kucingmu cemas dan berujung stres karena adanya penambahan 'anggota keluarga' baru seperti orang baru atau hewan peliharaan baru lainnya. 

3 dari 5 halaman

Kebersihan Kotak Pembuangan

Kotak yang nggak dijaga kebersihannya, membuat kucing jadi nggak nyaman untuk buang kotorannya di tempat tersebut. Hal ini ternyata juga dapat membuat kucingmu jadi rewel dan stres. 

Oleh karena itu, pastikan kamu menyendok kotoran kucing dari tempat pembuangannya setiap hari dan cuci kotak tersebut dengan air hangat dan sabun setiap seminggu sekali. 

4 dari 5 halaman

Melepas Rindu

Jika kamu punya jadwal yang berubah-ubah sehingga intensitas bertemu dengan kucingmu jadi nggak sering bahkan nggak pasti, bisa jadi ini salah satu alasannya. Ya, kucingmu merindukanmu! Buang air kecil di tempat tidur jadi alasannya untuk menggabungkan aromanya denganmu, sehingga dia bisa merasa lebih dekat lagi. 

 

5 dari 5 halaman

Solusi Agar Kucingmu Nggak Buang Air Kecil di Kasur

Kamu bisa meningkatkan waktu bermain dengan kucingmu, tujuannya untuk melepaskan hormon stresnya. Jangan lupa, kucing merupakan salah satu hewan yang senang dipeluk. 

Jadi pastikan, dia mendapatkan pelukan hangatmu setiap hari ya! Oh ya, jika berkaitan dengan medis, kamu bisa menanyakan ke dokter hewan lebih dulu mengapa buang air kecil di kasur jadi kebiasaannya. 

Nah untuk menghindari kondisi buruk alias nggak sehat terhadap kucing kesayanganmu, mulailah untuk menjaga asupan makanannya setiap hari. Pilihlah makanan yang bernutrisi gizi dan seimbang, yaitu Muezza. 

Ini merupakan brand makanan kucing yang terserifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Muezza mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, taurin, dan ekstrak Yucca Schidigera yang dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatannya. 

Menariknya, selain halal, kandungan ekstrak Yucca Schidigera dalam Muezza aampuh mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. 

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan. Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. 

Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

 

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.