Sukses

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Macam-macam sistem operasi pada komputer perlu dikenali oleh penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam sistem operasi pada komputer perlu dikenali oleh penggunanya. Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat kamu pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut. Namun, kamu bisa mengubahnya dengan sistem operasi yang lain.

Sistem operasi atau operating system (OS) adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya yang terdapat pada komputer. Sistem operasi ini menjadi penghubung anatara software, hardware, dan brainware (pengguna).

Sistem operasi berfungsi untuk menjalankan operasi dasar, mengatur hardware, mengatur berbagai macam aplikasi, untuk menyajikan sebuah tampilan, untuk koordinasi perangkat komputer dan untuk fungsi komputer yang optimal.

Di dalam komputer terdapat macam-macam sistem operasi komputer untuk membantu kamu menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat dan mudah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/3/2021) tentang macam-macam sistem operasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Microsoft DOS (Disk Operating System)

Macam-macam sistem operasi yang pertama adalah Microsoft DOS (Disk Operating System). Sistem operasi ini merupakan awal dari sistem operasi pada Microsoft. Kelebihan dari sistem operasi DOS ini adalah memiliki ukuran yang kecil, penggunaan memori cukup ringan, serta sangat kompatibel dengan berbagai perangkat. Sementara itu, kekurangan sistem DOS adalah hanya berupa tulisan serta tidak ada grafiknya, karena sistem operasi ini merupakan generasi pertama.

3 dari 7 halaman

Microsoft Windows

Microsof Windows merupakan macam-macam sistem operasi yang mungkin sudah dikenal semua orang. Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna.

Sistem operasi ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah system operasi yang berbasis text dengan penggunaan baris perintah. Windows versi 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan di November tahun 1985. Sampai saat ini windows telah mengeluarkan berbagai macam sistem operasi dan yang terakhir adalah windows 10 yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015.

Berikut ini adalah perkembangan windows dari tahun ke tahun:

- Windows 1.0 pada tahun 1983.

- Windows 2.0 pada tahun 1987.

- Windows 3.0 pada tahun 1990.

- Windows 3.1 pada tahun 1992.

- Windows 95 pada tahun 1995.

- Windows 98 pada tahun 1998.

- Windows milenium edition pada tahun 2000.

- Windows NT 3.1 yang ada di tahun 1993.

- Windows NT 3.5 yang ada di tahun 1994.

- Windows 2000 atau Windows NT 5.0 pada tahun 2000.

- Windows XP yang ada pada tahun 2001.

- Windows Vista pada tahun 2006.

- Windows 7 pada tahun 2009.

- Windows 8 yang ada di tahun 2012.

- Windows 8.1 ada pada tahun 2013.

- Windows 10 pada tahun 2015.

Kelebihan dari macam-macam sistem operasi ini adalah Windows sudah user friendly sebab telah memiliki tampilan antar muka, proses instalasinya jauh lebih mudah, Windows sangat support driver, banyak sekali perusahaan yang membuat software maupun aplikasi yang mana kompatibel dengan windows, karena memang hampir semua orang memakai sistem operasi windows ini, dan windows memiliki perkembangan yang sangat cepat. Kamu bisa melihat hampir pada setiap tahunnya akan selalu ada sebuah perubahan dari windows tersebut.

Sementara itu, kekurangan dari sistem operasi Windows adalah tidak memiliki open source, perlu untuk membeli sebab memang close source, sangat mudah untuk diretas karena sistem keamanannya masih cukup lemah, perlu membeli aplikasi rentan terkena virus terlebih dahulu, apabila tidak mempunyai software bawaan.

4 dari 7 halaman

Linux

Linux merupakan macam-macam sistem operasi berikutnya yang cukup terkenal. Sistem operasi linux ini adalah sistem operasi open source yang sangat populer di tengah masyarakat yang ada di dunia dengan tingkat kepopulerannya juga ada di bawah windows dan juga mac OS.

Hal ini dikarenakan sifatnya yang open source maka pengguna dapat bebas mengembangkan sistem operasinya. Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Kelebihan sistem operasi Linux:

- Open source, sehingga tidak akan ada biaya lisensi untuk pembelian dan menggunakannya.

- Jika dahulu penggunaan linux sangat susah, tapi setelah dilakukan pengembangan menjadi jauh lebih mudah.

- Sebagian aplikasi yang ada di windows juga ada di linux.

- Perkembangannya jauh lebih cepat sebab dikembangkan oleh orang banyak.

Kekurangan sistem operasi Linux:

- Perlunya diadakan sebuah pelatihan untuk pengguna awal sehingga dapat terbiasa dengan linux.

- Tidak semua support hardware yang cocok dengan linux.

- Proses instalasinya cukup susah apalagi untuk softwarenya.

5 dari 7 halaman

Mac OS X

Mac OS adalah macam-macam sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows walaupun harga komputer Apple cenderung lebih mahal.

Kelebihan sistem operasi Mac OS adalah lebih stabil, tampilan antarmuka cocok untuk kebutuhan multimedia, memiliki keamanan tinggi dan tidak mudah diretas, serta aman dari virus. Sementara itu, kekurangannya adalah harga yang relatif mahal, kurang optimal untuk gaming, dan tidak open source.

6 dari 7 halaman

Unix

Unix merupakan macam-macam sistem operasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan AT&T, general electric dan juga MIT pada tahun 1965 untuk DARPRA. Unix ini juga adalah sebuah sistem operasi baku yang dapat dipakai dari segala komputer dan termasuk juga untuk komputer mini.

Kelebihan sistem operasi unix:

- Terdapat portabilitas.

- Multiuser, sebab ialah sistem dari operasi jaringan.

- Multitasking, kita dapat mengerjakan serta menjalankan tugas bersamaan.

- Sulit terkena virus.

- Termasuk kedalam sistem operasi gratis.

Kekurangan sistem operasi unix:

- Tampilannya kurang menarik.

- Penyimpanan memori yang cukup besar.

- Driver tidak banyak di unix.

- Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk unix sendiri.

- Cukup sulit serta membingungkan.

7 dari 7 halaman

Amiga

Amiga merupakan macam-macam sistem operasi terdahulu dan sampai sekarang masih ada yang khusus digunakan untuk laptop Amiga. Sistem operasi ini juga sudah menggunakan tampilan antar muka bagi penggunanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.