Sukses

3 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari Pemerintah, Perhatikan Batas Pemakaiannya

Cara mendapatkan token listrik gratis tahun 2021 bisa dilakukan melalui situs website resmi PLN, Whatsapp, dan aplikasiPLN Mobile, simak langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Token listrik gratis dari pemerintah bisa didapatkan dengan tiga cara. Melalui situs website resmi PLN, aplikasi chatting Whatsapp, dan aplikasi PLN Mobile.

Cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah harap dipahami betul beserta pembatasan pemakaiannya. Jangan sampai subsidi dan stimulus warga terdampak pandemi tidak didapatkan 100 persen. 

Menteri BUMN sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menegaskan, pemerintah akan tetap melanjutkan subsidi listrik hingga 2021 dan akan terus diperpanjang selaras dengan kondisi masyarakat yang terdampak pandemi.

Selain itu, cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah ini terbilang cukup memudahkan PLN memberikan pembebasan dan diskon tarif listrik bagi pelanggan. Jangan sampai terlewatkan!

Berikut Liputan6.com ulas tiga cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah dan batas pemakaiannya dari berbagai sumber, Senin (1/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui Website

Bagi pelanggan pra-bayar wajib banget tahu cara mendapatkan token listrik PLN gratis dari pemerintah.

Untuk cara mendapatkan token gratis pertama bisa mengandalkan situs website, kunjungi laman resminya dan jangan sampai salah, ya!

Manfaatkan momennya untuk meringankan beban pengeluaran selama terdampak pandemi. Berikut cara mendapatkan token gratis dari pemerintah dari situs website resminya:

1. Buka situs www.pln.co.id.

2. Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter di kolom pencarian.

4. Masukkan kode captcha, lalu klik “cari”.

5. Nantinya, akan muncul nomor token listrik gratis atau diskon 50 persen.

6. Jika sudah mendapatkannya, jangan lupa disimpan dan masukkan nomor itu ke kWh meter yang sesuai dengan ID Pelanggan.

3 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui Whatsapp

Bukan hanya dari situs web resminya pelanggan bisa mendapatkan token listrik PLN gratis. Pelanggan boleh memanfaatkan aplikasi chatting Whatsapp.

Tentu saja caranya lebih mudah dan tidak membingungkan dibanding website. Berikut ini cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah dari Whatsapp:

1. Buka aplikasi WhatsApp dan chat ke nomor 08122 123 123.

2. Kirimkan pesan berupa nomor ID pelanggan.

3. Akan muncul pesan otomatis dari PLN, ikuti instruksi, lalu pilih info listrik gratis/diskon stimulus Covid-19.

4. Masukkan nomor ID pelanggan saat muncul instruksi untuk memasukkan nomor pelanggan/meter kWh.

5. Token gratis/diskon akan langsung muncul.

6. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

4 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Melalui PLN Mobile

Untuk cara mendapatkan token listik PLN gratis yang ketiga bisa pakai aplikasi PLN Mobile. Dibanding dengan website dan Whatsapp, cara mendapatkan token listrik gratis dengan aplikasi resmi PLN lebih praktis.

Pelanggan juga bisa langsung menikmati segala layanan yang disediakan oleh PLN di aplikasinya, bukan cuma klaim token listrik gratis dari pemerintah. Berikut cara mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah dengan PLN Mobile:

1. Unduh aplikasi PLN Mobile dan install.

2. Langsung buka aplikasi PLN Mobile yang sudah diunduh sebelumnya.

3. Perhatikan pada bagian Info & Promo, klik “PLN Peduli Covid-19”.

4. Bila berhasil, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.

5. Pelanggan yang mendapat bantuan akan langsung mendapat token gratis setelah memasukkan ID.

6. Untuk yang sudah mendapatkan bisa langsung memasukkan token listrik PLN gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

5 dari 6 halaman

Batas Pemakaian Pelanggan yang Mendapat Token Listrik Gratis

Penyaluran stimulus diskon listrik saat ini dilakukan pembatasan pada mekanismenya. Maka pemakaian potongan tarif dihitung sesuai maksimum pemakaiannya, pastikan kamu mendapatkan diskon 100 persen, ya!

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan subsidi listrik, wajib memperhatikan batas pemakaian ini. Untuk pelanggan pasca bayar 450 VA, tarif listrik gratis hanya diberikan untuk pemakaian listrik maksimal 720 jam nyala, atau setara 324 kWh.

Pelanggan pra bayar 900 VA, diskon listrik 50 persen juga dikenakan batasan pemakaian 720 jam nyala, atau setara 648 kWh. Lebih dari itu, pemakaiannya dikenakan tarif normal yang sebenarnya sudah disubsidi juga.

6 dari 6 halaman

Subsidi Token Listrik Gratis Tak Hanya Sampai Maret

Perpanjangan subsidi ini berlaku pada tahan pertama tahun 2021 yaitu Januari hingga Maret. Kemudian akan dilihat kembali kemungkinan untuk terus memperpanjang subsidi sesuai dengan kondisi masyarakat yang terdampak.

"Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik PLN berupa diskon 100 persen atau gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA serta diskon 50 persen untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA selama 3 bulan ke depan, sampai bulan Maret 2021," kata Erick dalam keterangannya, ditulis Sabtu (2/1/2021).

Erick mengatakan, keputusan ini selaras dengan komitmen Presiden Jokowi untuk tetap memastikan rakyat yang ekonominyaterdampak pandemi tetap mendapat stimulus dari pemerintah.

Hal ini juga menjadi bukti keberpihakan pemerintah pada masyarakat yang rentan secara ekonomi.

"Sesuai dengan instruksi Bapak Presiden, kami di KPCPEN yang di dalamnya juga ada Pak Menko Airlangga Hartarto dan Ibu Sri Mulyani, sebagai Menkeu baru-baru ini melakukan rapat dengan Menteri ESDM agar PLN terus memberikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan," jelas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini