Sukses

15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Tumbuh Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi rambut rontok bisa membantu mencegah kebotakan dan kerusakan. Rambut rontok menjadi masalah umum banyak orang. Rambut rontok bisa terjadi karena beragam alasan seperti faktor genetik, perubahan kadar hormon, atau sebagai bagian dari proses alami.

Rambut yang rontok berlebih akan menyebabkan rambut terlihat tipis bahkan kebotakan. Ini sebabnya cara mengatasi rambut rontok perlu dilakukan. Cara mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara mengatasi rambut rontok ini meliputi perawatan rambut agar tetap kuat, merangsang kembali pertumbuhan, hingga mencegah kerontokan lebih lanjut. Cara mengatasi rambut rontok ini dapat membantu merangsang pertumbuhan dan mempercantik rambut.

Cara mengatasi rambut rontok ini berfokus pada pertumbuhan rambut yang sehat. Berikut cara mengatasi rambut rontok, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(2/03/2021).

2 dari 6 halaman

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Konsumsi cukup protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Orang dengan rambur rontok cenderung memiliki kondisi kekuranga protein. Pengonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Pilihan protein sehat termasuk telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu rendah lemak, dan ayam.

Minum cukup air

Selain protein, rambut juga terbentuk dari air. Jadi memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang kering akan mudah patah dan rontok. Tetap terhidrasi akan mencegah rambut dari kekeringan.

Penuhi kebutuhan vitamin A

Vitamin A terdiri dari retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu produksi sebum, menjaga kesehatan kulit kepala dan mampu memperkuat lebih banyak rambut. Makanan yang kaya vitamin A seperti ubi jalar, paprika, wortel dan bayam.

3 dari 6 halaman

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Konsumsi minyak ikan

Mengkonsumsi asam lemak omega seperti minyak ikan, dapat membantu memperbaiki rambut dari dalam. Minyak ikan menyediakan protein dan nutrisi penting untuk folikel rambut dan kulit. Minyak ikan mencegah peradangan folikel rambut, faktor yang secara langsung berkontribusi pada kerontokan rambut. Minyak ikan juga meningkatkan sirkulasi di kulit kepala yang dapat memicu pertumbuhan rambut.

Pijatan

Memijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Memijat kepala merangsang kulit kepala dan dapat meningkatkan ketebalan rambut. Memijat juga dapat membantu meredakan stres dan ketegangan.

Ginseng

Ginseng mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Ginseng tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut baru tetapi juga mencegah penipisan dan kerusakan rambut. Ginseng bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau digunakan dalam bentuk produk perawatan rambut.

4 dari 6 halaman

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Gel serbaguna ini dapat membantu menenangkan kulit kepala dan merawat rambut. Lidah baya dapat mengurangi ketombe dan membuka blokir folikel rambut yang mungkin tersumbat oleh minyak berlebih. Lidah buaya bisa diaplikasikan langsung gelnya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali seminggu. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa adalah produk pelembap yang sangat baik untuk rambut. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu meredakan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal.

Urang aring

Urang aring sudah lama dikenal sebagai herbal alami untuk rambut. Urang aring juga mengandung vitamin E yang dikenal dapat melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Urang aring juga membantu memperkuat rambut, mencegah uban dan ketombe. Urang aring dapat ditemukan dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner, atau minyak rambut. Ekstrak daun urang aring juga bisa menjadi pilihan.

5 dari 6 halaman

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Teh hijau

Senyawa polifenol yang ada dalam teh hijau mulai diteliti mampu mengatasi rambut rontok. Teh hijau dapat mendukung pertumbuhan dan pertumbuhan kembali rambut yang sehat. Teh hijau bisa diminum setiap hari dan digunakan dalam perawatan rambut.

Lemon

Minyak dalam lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. Air lemon atau minyak lemon bisa meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. Kamu bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dalam minyak pembawa sebagai masker rambut.

Jus bawang bombay

Jus bawang bombay telah terbukti berhasil mengobati alopecia areata yang tidak merata dengan meningkatkan pertumbuhan rambut. Jus bawang juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Kamu bisa memblender beberapa bawang bombai dan memeras sarinya. Oleskan jus ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama setidaknya 15 menit. Lalu keramas seperti biasa.

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Keramas secara rutin

Keramas secara rutin dapat melindungi rambut rontok dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Gunakan sampo yang lembut dan ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya patah, menyebabkan rambut rontok.

Hindari menyisir rambut saat basah

Saat rambut basah, ia berada dalam kondisi terlemahnya. Jadi hindari menyisir rambut basah karena kemungkinan rambut rontok meningkat. JJika rambut kusut, gunakan jari untuk menguraikannya. Hindari juga menyisir rambut terlalu sering karena dapat meningkatkan kerontokan.

Hindari pemanasan rambut

Kurangi pemakaian catokan atau pengeriting rambut. Proses pemanasan rambut hanya akan membuat rambut kering dan mudah patah. Panas melemahkan protein rambut, dan pemanasan serta pengeringan yang konstan dapat menyebabkan kelemahan dan kerapuhan yang menyebabkan rambut rontok.