Sukses

2 Cara Upload Video di YouTube, Bikin Channel yang Menghasilkan Uang

Liputan6.com, Jakarta Cara upload video di YouTube semakin banyak dicari dan digandrungi karena konten yang ada di sana, bisa menghasilkan cuan. Bagi pemula, sebelum praktik cara upload video di YouTube, pahami dulu cara bikin channelnya.

Pengguna YouTube di seluruh dunia melansir data dari YouTube untuk Pers, mencapai angka lebih dari 2 miliar pengguna. Jumlah ini setara dengan sepertiga seluruh pengguna internet di dunia.

Nah, beruntungnya lagi YouTube tidak begitu menyulitkan penggunanya untuk membuat channel sebelum upload video, bisa pakai ponsel dan PC. Hal ini juga berlaku untuk cara upload video di YouTube, kedua perangkat tersebut bisa diandalkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara upload video di YouTube dan cara bikin channelnya dari berbagai sumber, Selasa (2/3/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Bikin Channel YouTube dengan PC

1. Buka situs https://www.youtube.com/ di browsermu.

2. Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Googlemu.

3. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.

4. Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.

5. Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom.

6. Pilih nama kustom agar bisa menentukan nama Channel YouTubemu sendiri.

7. Setelah itu masukkan nama channel yang ingin dibuat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.

8. Channel YouTube sudah berhasil dibuat dan cara upload video di YouTube bisa di mulai.

9. Pengguna bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

10. Setelah semuanya selesai, bisa mulai upload video di YouTube.

3 dari 7 halaman

Cara Bikin Channel YouTube dengan Ponsel

1. Buka aplikasi YouTube pada ponselmu.

2. Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube.

3. Pilih ikon akun di pojok kanan atas.

4. Pilih opsi Your Channel.

5. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama channel.

6. Isi nama channel sesuai keinginanmu.

7. Klik Create Channel.

8. Channel YouTube sudah berhasil dibuat.

9. Ubah foto profil, deskripsi channel, dan kamu juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

10. Terakhir tinggal praktik cara upload video di YouTube dengan ponsel.

4 dari 7 halaman

Cara Upload Video di YouTube dengan PC

1. Cara upload video di YouTube yang pertama, di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video.

2. Sebelum mulai mengupload video, pengguna dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.

3. Pengguna juga dapat mengimpor video dari Google Foto.

4. Saat video diupload, pengguna dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut.

5. Pada tahap cara upload video di YouTube yang kelima, pengguna bisa menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak.

6. Jika pengguna menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.

7. Kemudian cara upload video di YouTube adalah membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Pengguna dapat menyesuaikannya setelan Monetisasi.

8. Klik Publikasikan untuk menyelesaikan tahap terakhir cara upload video di YouTube.

9. Jika pengguna mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.

10. Jika pengguna belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Pengguna dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

5 dari 7 halaman

Cara Upload Video di YouTube dengan Ponsel

1. Cara upload video di YouTube dengan ponsel yang pertama, tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.

2. Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload ke YouTube.

3. Cara upload video di YouTube dengan merekam video baru, bisa tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Upload video yang sudah ada, gunakan galeri untuk memilih video.

4. Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya.

5. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Cara upload video di YouTube tahap ini, pengguna dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter, kemudian tap Upload.

6. Pengguna dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Cara upload video di YouTube tahap ini adalah buka ikon akun. Tap Setelan> Umum> Upload.

7. Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.

8. Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat pengguna sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan pengguna.

6 dari 7 halaman

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Bila sudah paham cara upload video di YouTube, ketahui cara menghasilkan uang setelah bikin channelnya. YouTuber bisa menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan.

Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di channelnya. Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan yang dimaksudkan, simak penjelasannya.

Cara menghasilkan uang dari YouTube yang pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar Anda berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Cara menghasilkan uang dari YouTube yang kedua, biaya pertampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan di video Anda. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Guna memperoleh kerja sama tersebut, pengguna YouTube harus melalui beberapa tahapan dahulu. Iklan akan datang ke YouTube Anda, jika pemilik channel mengaktifkan opsi monetisasi.

Iklan diatur untuk muncul di awal video, tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, pastikan kanal YouTube telah memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Keuntungan dari YouTube, diperkirakan dari iklan sekitar US$1,5 atau setara Rp20.464 per 1.000 view. Prinsipnya semakin banyak view, semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

7 dari 7 halaman

Cara Mengelola Channel YouTube

Mengelola channel Youtube ada tips dan trik khususnya, bukan asal-asalan. Setelah cara upload video di YouTube dipahami dan diselesaikan, pengelolaan harus dipraktikkan kemudian.

Sama seperti cara upload video di YouTube, mengelola channel YouTube agar tetap bertahan dan menghasilkan banyak keuntungan mudah bila telaten dan sabar.

Merawat YouTube

Bagi seorang Youtubers pemula sebaiknya merawat akun dengan baik dan benar. Meski baru upload satu video, pastikan terus untuk merawat channel Anda. Berbanding terbalik dengan artis yang telah punya nama, meskipun satu kemungkinan jumlah view bisa lebih banyak.

Rajin Menonton YouTube dan Tinggalkan Komentar

Langkah selanjutnya, sering-seringlah menonton video di YouTube. Supaya akun Anda terkenal aktif. Apalagi ditambah dengan meninggalkan komentar di semua video orang lain. Seiring berjalannya waktu, channel Anda akan lebih mudah dikenal.

Buat Konten Sesuai Passion

Sebagian besar orang akan lebih menghargai hasil karya video yang mengalir natural sesuai passion pemilik akun. Ini hal terpenting, Anda tentukan dulu ingin membuat konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling.

Karya Original

Jadilah diri Anda sendiri dalam berkarya, dimana terbilang unik dan menarik. Belajarlah hal unik dari YouTuber lain dan berani tampil beda, dengan tetap menginspirasi.

Update Segala yang Kekinian

Cara menjadikan Channel YouTube Anda terus menghasilkan uang berikutnya dengan selalu update hal kekinian. Ikuti perkembangan tren, mulai dari pembahasan yang hangat dibicarakan. Lalu cara edit video atau foto terbaru, OOTD terkini, hingga destinasi wisata yang banyak peminat.

Perbanyak Upload Video di YouTube

Sebaiknya Anda banyak membuat dan upload video di YouTube. Layaknya orang berjualan, saat video pertama kurang view, ada video lain yang ikut membantu menambah jumlah view untuk mendongkrak target dari YouTube-nya. Selamat mencoba.