Sukses

9 Cara Bikin Anak Cepat Tidur, Orang Tua Harus Tahu

Liputan6.com, Jakarta Anda pastinya kerap menghadapi saat-saat anak susah tidur. Khususnya saat sudah memasuki waktu tidurnya. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara bikin anak cepat tidur yang bisa dicoba. Tidak sulit, namun cara bikin anak cepat tidur memang butuh kesabaran.

Namun, apa sebenarnya manfaat dari mempraktikkan cara bikin anak cepat tidur? Manfaat yang bisa didapatkan salah satunya menjamin kesehatan anak tetap terjaga. Bayangkan saja, dengan kondisi daya tahan tubuhnya yang masih rentan, namun kurang istirahat. Pasti risiko penyakit sangat besar menghampiri.

Nah, lantas bagaimana cara bikin anak cepat tidur yang bisa dilakukan? Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara bikin anak cepat tidur yang tepat, Rabu (3/3/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Bikin Anak Cepat Tidur

1. Lakukan kegiatan yang membuat bosan

Cara bikin anak cepat tidur yang pertama, yaitu dengan melakukan kegiatan yang sekiranya membosankan terutama bagi anak Anda. Akan lebih baik, jika memang kegiatan tersebut sangat tidak tertarik bagi si kecil.

Beberapa contoh cara bikin anak cepat tidur ini seperti melipat baju atau mencuci piring. Dengan menerapkan cara bikin anak cepat tidur ini, maka perlahan-lahan akan membuat anak Anda tidak ada pilihan lain selain terlelap.

 

2. Membaca cerita

Kemudian, cara bikin anak cepat tidur ini sudah cukup akrab pastinya. Memang, anak bisa cepat tidur ketika dibacakan dongeng atau cerita. Pasalnya, cara bikin anak cepat tidur ini akan membuat perasaannya cepat relaks dan nyaman ketika mendengar cerita. Si kecil akan merasa ngantuk dan akan tidur dengan sendirinya.

 

3. Jangan kontak mata

Biasanya anak akan melontarkan beragam alasan karena tidak mau tidur. Tidak jarang anak akan berusaha mencari alasan dengan berbohong atau mengarang cerita agar tidak disuruh tidur.

Itulah mengapa, sebagai orang tua hendaknya tidak memberikan perhatian. Cobalah untuk sebisa mungkin jangan melakukan kontak mata dengan anak. Meski terlihat sedikit “kejam”, namun cara bikin anak cepat tidur ini cukup ampuh dilakukan.

3 dari 4 halaman

Cara Bikin Anak Cepat Tidur

4. Akting tidur

Kemudian, cara bikin anak cepat tidur bisa dengan acting. Coba Anda berupra-pura tidur. Biasanya, karena tidak ada yang menemani aktivitas, si kecil akan memilih tidur.

 

5. Lakukan rutinitas tertentu

Cara bikin anak cepat tidur ini mungkin perlu dibiasakan. Anda bisa mencoba dengan buat semacam rutinitas harian atau “ritual” yang diikuti tiap malam. Contohnya, untuk tidur perlu gosok gigi terlebih dahulu.

Nah, saat anak sudah diarahkan untuk menggosok giginya, maka dia akan paham bahwa urutan selanjutnya adalah bersiap untuk tidur.

Sebenarnya, semakin cara bikin anak cepat tidur dilakukan terus menerus, maka bisa lebih mudah untuk diarahkan nantinya. Paling penting, coba untuk membuat semacam serangkaian rutinitas yang perlu dilakukan sebelum tidur, seperti gosok gigi atau mematikan televisi dan usahakan untuk berhenti bermain.

 

6. Ajak naik mobil

Biasanya, cara bikin anak cepat tidur ini cukup ampuh dilakukan. Apabila memungkinkan, ajak anak keliling kompleks atau jalan-jalan ke sekitar rumah sebentar dengan mobil. Ingat, tidak perlu terlalu ngebut dan usahakan untuk memilih jalan yang tenang.

Dengan sensasi naik mobil yang sedikit bergoyang-goyang, biasanya anak akan nyaman dan cepat tidur. Selain itu, udara dingin yang berasal dari AC mobil cukup mempercepat anak agar tidur.

4 dari 4 halaman

Cara Bikin Anak Cepat Tidur

7. Pastikan keadaan rumah tenang

Sebenarnya, cara bikin anak cepat tidur ini juga tidak kalah ampuh dengan cara bikin anak cepat tidur sebelumnya. Sebab, dengan keadaan rumah yang tenang, cukup membuat sang anak cepat terlelap tidur.

Pertama-tama, coba untuk mematikan lampu, televisi, serta gadget. Usahakan untuk membuat rumah setenang mungkin. Jangan sampai timbul suara-suara berisik atau lampu-lampu yang terlalu terang. Maka, dengan begini anak akan lebih mudah untuk diajak tidur.

 

8. Konsumsi susu

Di dalam susu terkandung asam amino yang disebut triptofan, dan akan membantu anak tidur. Selain itu, kalsium yang ada dalam susu juga menghasilkan lebih banyak triptofan.

 

9 Coba beri imbalan

Kemudian, cara bikin anak cepat tidur ini mungkin menjadi langkah terakhir. Coba untuk menjanjikan sebuah imbalan, seperti akan dibuatkan makanan kesuakaannya, atau bisa juga diberi imbalan berjenis lainnya.

Biasanya, anak akan tertarik untuk melakukannya. Tapi, jangan terlalu sering melakukan cara bikin anak cepat tidur ini. Tentu agar tidak menjadi kebiasaan yang akhirnya berdampak buruk. Usahakan cara bikin anak cepat tidur ini menjadi opsi terakhir.

Nah, jadi, bagi Anda yang sudah berstatus sebagai orang tua, hendaknya memahami bagaimana cara bikin anak cepat tidur. Selain membantu anak terjaga kesehatannya, cara bikin anak cepat tidur ini juga membuat Anda memiliki waktu dengan pasangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.