Sukses

18 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Ampuh dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami dan perawatan mulut sederhana bukan isapan jempol belaka. Beberapa penelitian menunjukkan dalam bahan alami seperti teh hijau, yoghurt, buah nanas, sampai daun sirih mengandung antibakteri dan antimikroba.

Paham cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan aman penting karena selain sebagai upaya membersihkan mulut, sekaligus mengembalikan kepercayaan diri yang hilang karena bau mulut menyengat.

Istilah medis menyebut bau mulut sebagai holitosis. Bau mulut 90 persen dipengaruhi oleh mulut dan gigi yang kotor dipenuhi bakteri. Senyawa sulfur akan dilepaskan oleh bakteri yang menghinggapi sisa makanan di mulut dan gigi, hingga memunculkan bau mulut.

Maka dari itu untuk menghindari masalah ini, mulai perhatikan kebersihan gigi dengan praktik cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan aman. Langsung saja berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau mulut dari berbagai sumber, Rabu (3/3/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Sikat Gigi

Rajin menyikat gigi merupakan cara menghilangkan bau mulut yang paling utama. Banyak dari bakteri yang menyebabkan bau mulut hidup di bawah garis gusi dan penumpukan plak gigi.

Kondisi seperti ini bisa memperparah bau mulut. Maka dari itu cobalah lebih rajin menyikat gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan aman. Cara menghilangkan bau mulut ini setidaknya lakukan dua kali setiap hari. Gunakan benang gigi setidaknya satu kali sehari.

Jika khawatir dengan napas yang bau, cara menghilangkan bau mulut bisa lakukan keduanya sedikit lebih sering. Tapi jangan berlebihan, menyikat terlalu keras dapat merusak gigi, membuatnya rentan terhadap kerusakan.

Teh Hijau

Teh hijau tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ dalam. Teh hijau ini pun bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut menyengat. Cara menerapkannya sangat mudah, hanya perlu mengonsumsinya setelah makan atau saat mulut bau.

Dalam satu studi 15 peserta menggunakan obat kumur catechin teh hijau dan menemukan itu sebanding dengan obat kumur antiseptik untuk efektivitas antiplak. Dalam studi tabung reaksi yang berbeda, teh hijau dan pasta gigi lebih efektif daripada minyak peterseli, permen karet, dan permen.

Mint memiliki efek yang serupa, jadi secangkir teh mint hijau bisa menjadi penyegar napas yang ideal, cocok dijadikan cara menghilangkan bau mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan nafas sementara. Phytochemical dalam teh hijau adalah antibakteri alami dan akan membersihkan dan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut menyengat.

Garam Epsom

Garam epsom bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut. Hanya perlu mencampurkan garam epsom dengan air hangat. Cara menghilangkan bau mulut dengan ramuan ini memiliki sifat antibakteria dan penghilang racun.

Cara menghilangkan bau mulut ini dimulai dengan ambil satu sendok teh garam epsom dan campurkan dengan segelas air hangat. Jadikan untuk cairan berkumur. Gunakan setiap hari dan lebih rutin untuk hasil lebih maksimal.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Jahe

Jahe merupakan rempah yang kaya khasiat. Jahe ini pun cocok dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut. Khasiat ini dipengaruhi sifat antimikroba, kandungan minyak atsiri dan gingerol pada jahe.

Kandungan inilah yang mampu membantu menyingkirkan bau mulut menyengat. Cara menghilangkan bau mulut ini cukup kunyah jahe secukupnya untuk bisa merasakan khasiatnya. Bisa juga seduh dengan air hangat dan mengonsumsinya lebih rutin.

Activated Charcoal

Activated charcoal atau bubuk arang kini banyak digunakan sebagai pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih. Meski begitu, sebenarnya activated charcoal bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan actived charcoal, siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang ke sikat dan mulailah menyikat gigi. Kumur-kumur sampai bubuknya hilang. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu sampai bau mulut hilang.

Buah

Buah bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Caranya dengan menjadikan buah-buahan sebagai makanan penutup. Apalagi setelah mengonsumsi daging, buah yang kaya vitamin C dan air sangat direkomendasikan dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Pilihan buahnya apel, semangka, pir, jeruk, strawberry, pepaya, dan jambu. Buah-buahan ini bisa diandalkan karena mampu menghasilkan asam di mulut. Hingga bisa menetralkan bau dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Termasuk buah-buah yang kaya serat. Buah ini baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem metabolisme tubuh. Hal ini membuat masalah bau mulut menyengat karena masalah pencernaan lebih mudah diatasi. Cara menghilangkan bau mulut ini bisa dengan mengunyah buah-buahan tersebut secara perlahan untuk menghilangkan bau mulut menyengat.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cuka Apel

Cuka apel pun bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut. Hanya perlu berkumur menggunakan cuka apel dan air. Cara menghilangkan bau mulut, siapkan 1 - 2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka dalam segelas air.

Gunakan campuran ini untuk berkumur selama 3 - 5 menit pada pagi hari dan malam hari. Kemudian bilas mulutmu dengan berkumur menggunakan air biasa. Cara menghilangkan bau mulut ini bikin napasmu segar seketika. Agar hasilnya permanen, lakukan perawatan ini secara rutin.

Bersihkan Lidah

Mulailah rutin membersihkan lidah sebagai cara menghilangkan bau mulut. Bakteri tumbuh subur dan berkembang biak di bagian belakang lidah yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Lidah putih dapat menunjukkan sel-sel mati, partikel makanan mikroskopis, dan bakteri.

Gunakan sikat lidah untuk mencapai bagian paling belakang lidah sebagai cara menghilangkan bau mulut yang efektif. Mereka juga efektif untuk menghilangkan residu penyebab bau mulut menyengat. Praktiknya cukup mudah dan untuk hasil maksimal lakukan lebih rutin.

Mulailah cara menghilangkan bau mulut dari belakang lidah dan gesek perlahan ke depan. Ini akan membawa residu putih ke depan mulut. Lanjutkan untuk membilas dan ulangi proses ini sampai tidak ada residu yang terlihat pada pembersih.

Akar Manis

Akar manis atau licorice juga dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Pasalnya, cara menghilangkan bau mulut dengan akar manis dikenal memiliki senyawa antibakteri.

Senyawa ini dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, meredakan sariawan, serta mencegah kerusakan gigi dan gusi. Ekstrak akar manis bisa ditemukan pada berbagai produk obat herbal, baik dalam sediaan gel, tablet isap, atau obat kumur.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus, cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh seperti usus.

Tak heran jika yoghur ini cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut menyengat dengan efektif. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt juga dapat membantu mengurangi bau mulut. Probiotik dalam yoghurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Untuk menggunakan yogurt sebagai bahan melawan bau mulut, makanlah setidaknya satu porsi yogurt tawar tanpa lemak usai mengonsumsi petai atau jengkol. Susu juga adalah obat yang terkenal untuk bau mulut.

Minum susu setelah makan petai atau jengkol dapat dijadikan pilihan cara menghilangkan bau mulut. Minum segelas susu rendah atau penuh lemak selama atau setelah mengonsumsi makanan berbau tak sedap.

Air Putih

Air putih memang sumber kesehatan alami yang mudah dikonsumsi. Bagi yang merasa selalu kesulitan mengatasi bau mulut, mengonsumsi banyak air putih bisa diandalkan.

Cara menghilangkan bau mulut dengan air putih ini sangat mudah dipraktikkan. Hanya perlu ketelatenan untuk bisa mengatasi masalah bau mulutnya. Air putih akan membilas rongga mulut dan tenggorokan dari sisa makanan, efekfit untuk cara menghilangkan bau mulut.

Air ini juga sekaligus membantu proses membuang makanan penyebab bau di sistem pencernaan. Cukup konsumsi air putih biasa, air putih hangat, dan infused water. Konsumsi infused water yang sudah dicampur buah-buahan agar lebih segar.

Jus Nanas

Banyak orang percaya bahwa rasa asam khas yang dirasakan setelah mengonsumsi jus nanas dapat membantu mengatasi bau mulut.

Ternyata, hal ini bukanlah isapan jempol belaka, efektif dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Meski belum ada studi yang dapat dijadikan acuan, beberapa pakar kesehatan percaya bahwa minum segelas jus nanas atau mengunyah nanas selama beberapa menit mampu menurunkan risiko terjadinya bau mulut.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Mint

Mint memiliki sifat dasar menyengarkan yang cocok untuk mulut. Tak heran jika mint ini ampuh dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Untuk bisa merasakan manfaat ini, cara menghilangkan bau mulut dicoba dengan mengonsumsi mint secara langsung. Bisa juga dengan mengunyah permen karet rasa mint. Mengonsumsi minuman yang mengandung mint, hingga menyantap kue dengan aroma mint.

Hal ini dapat memberikan efek segar pada mulutmu. Kesegaran aroma daun mint bisa melenyapkan bau mulut tak sedap. Entah itu karena konsumsi makanan tertentu ataupun masalah lainnya yang sebabkan bau mulut.

Biji Adas

Biji adas biasanya memang dipakai sebagai penyedap masakan. Selain sebagai penyedap, biji ini juga kaya khasiat untuk kesehatan. Salah satunya bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Biji adas ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut menyengat secara instan. Caranya kunyah satu sendok teh biji adas. Kemudian telan sewaktu-waktu bau mulut menyengat menyerang. Terapkan ketika bau mulut datang.

Daun Sirih

Daun sirih mungkin bagi sebagian orang sudah dikenal sebagai cara menghilangkan bau mulut. Menurut beberapa penelitian, daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang.

Hal inilah yang membuatnya efektif dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, cukup mengunyah daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Obat Kumur

Obat kumur terkenal mampu diandalkan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Ada beberapa bukti ilmiah bahwa obat kumur yang mengandung klorin dioksida efektif untuk bau mulut. Klorin dioksida dapat membantu menghilangkan plak, bakteri pelapis lidah, dan partikel makanan.

Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan flossing agar hasil dari cara menghilangkan bau mulut lebih maksimal. Tetap perhatikan instruksi pada botol untuk menghindari penggunaan berlebihan atau iritasi mulut. Obat kumur ini sangat andal untuk menyingkirkan bakteri.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa tak hanya cocok dipakai sebagai bahan memasak. Minyak kelapa pun bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Manfaat ini berasal dari kemampuan minyak kelapa menghilangkan bakteri mulut.

Cara menghilangkan bau mulut ini cukup sediakan sesendok makan minyak kelapa. Gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit dan ludahkan. Selanjutnya, gunakan air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Jeruk

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan mengonsumsi jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur.

Hal ini membuat bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut. Selain itu, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan.