Sukses

Cara Burning CD yang Benar di Laptop Windows dan Mac

Cara burning CD yang benar berbeda di laptop Windows ataupun Mac.

Liputan6.com, Jakarta Cara burning CD mungkin sudah tidak terlalu populer sekarang ini. Pasalnya, sudah banyak media penyimpanan eksternal yang lebih mutakhir dan praktis daripada CD. Jadi, penggunaan CD sekarang ini sudah cukup banyak ditinggalkan.

Namun, dalam kondisi tertentu CD masih bisa digunakan dengan baik. Kamu bisa menyimpan sebuah file baik data, musik, foto, hingga film di dalam CD. Masih banyak orang yang belum mengerti tentang bagaimana cara burning CD. 

Cara burning CD yang benar berbeda di laptop Windows ataupun Mac. Walaupun secara umum langkah-langkahnya tidak jauh berbeda, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar tidak salah. Dengan begitu, file yang kamu inginkan bisa disimpan ke dalam CD.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka, Rabu (3/3/2021) tentang cara burning CD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Burning CD Data di Laptop Windows

1. Memahami Cara Kerja CD

Cara burning CD yang pertama adalah memahami cara kerjanya. Ada dua pilihan yang bisa kamu ambil yaitu Like a USB flash drive dan "With a CD/DVD player. Untuk pilihan yang pertama, kamu masih bisa mengedit, menyimpan bahkan menghapus data kapanpun menginginkannya.

Tak hanya itu, Like a USB flash drive hanya bisa berkerja di komputer yang menggunakan Windows XP atau setelahnya. Sementara itu untuk pilihan kedua, kamu sudah tidak bisa mengedit atau menghapus file bila sudah dimasukkan ke dalam CD.

2. Masukkan CD Kosong ke dalam Komputer

Sebelum memasukkannya, pastikan terlebih dahulu CD tersebut tidak terisi hal apapun atau kosong. Jika dirasa CD pernah digunakan, hapus terlebih dahulu isinya sebelum digunakan kembali. Kemudian, kamu bisa memasukkan CD tersebut ke dalam drive DVD yang sudah tersedia di perangkat komputer.

3. Buka Explorer

Setelah memasukkan CD ke dalam komputer, langkah selanjutnya yaitu membuka File Explorer. Klik ikon folder yang ada di bagian bawah layar. Kamu juga bisa menekan tombol Windows + E pada keyboard untuk membuka Explorer.

4. Pilih Lokasi dan Berkas

Klik folder tempat menyimpan berkas yang ingin kamu burn. Folder ini nantinya akan berada di sisi kiri jendela komputer. Langkah berikutnya, pilihlah berkas-berkas yang ingin dimasukkan ke dalam CD. Kamu bisa klik pada salah satu berkas, kemudian tekan Ctrl pada keyboard sembari memilih berkas lainnya. Perlu untuk diketahui, sebagian besar CD cenderung hanya bisa memuat berkas dengan kapasitas maksimal 700 Mb.

5. Klik Share

Cara burning CD juga selanjutnya adalah klik ikon share. Ikon Share terletak di pojok kiri atas jendela komputer. Nantinya, ikon ini akan memunculkan toolbar di bagian atas jendela.

6. Klik "Burn to disc"

Langkah selanjutnya yaitu klik Burn to disc yang ada di bagian dalam kotak Send. Sama seperti sebelumnya, setelah memilihnya nanti akan muncul jendela baru lagi.

7. Klik Burn

Setelah muncul kotak Windows Disc Image Burner, klik Burn yang terletak di bagian bawah jendela tersebut. Berkas yang kamu pilih akan mulai dibakar ke dalam CD pada saat itu. Perlu diketahui, proses membakar CD bisa berlangsung cukup lama, hal ini tergantung ukuran dan jumlah berkas yang akan kamu burn.

8. Klik Finish

Setelah proses selesai, kamu bisa klik Finish atau Close saat diminta. Ikon ini nantinya akan berada di bagian bawah jendela komputer.

Itulah cara burning CD yang bisa kamu lakukan. Setelah semua proses tersebut selesai, kamu bisa mengeluarkan CD dan menggunakannya.

3 dari 3 halaman

Cara Burning CD di Laptop Mac

1. Memahami Cara Kerja CD

Perlu untuk diketahui, CD data tidak bisa dimainkan namun bisa dilihat dan dibuka seperti media penyimpanan lainnya. Beberapa jenis berkas yang bisa diburning ke dalam CD yaitu foto, video dan dokumen. Untuk berkas musik, terdapat cara burning CD lainnya yang memang khusus untuk musik.

2. Masukkan CD Kosong ke Dalam Komputer

Sebelum memasukkannya, pastikan terlebih dahulu CD tersebut kosong. Jika dirasa CD pernah digunakan, hapus terlebih dahulu isinya sebelum digunakan kembali. Mac cenderung tidak memiliki drive CD bawaan, untuk itu kamu perlu pembaca CD eksternal untuk melakukannya.

3. Membuka Spotlight

Cara burning CD selanjutnya setelah memasukkan CD ke dalam pembaca CD eksternal, adalah membuka Spotlight. Ikon ini memiliki logo kaca pembesar yang terletak di pojok kanan atas pada layar Mac kamu.

4. Menjalankan Disk Utility

Ketik disk utility pada kolom pencarian yang ditampilkan. Langkah selanjutnya klik dua kali ikon Disk Utility yang muncul tersebut.

5. Klik Burn

Kamu bisa melihat ikon Burn yang digambarkan seperti bentuk simbol radioaktif. Ikon ini terdapat di bagian atas jendela Mac kamu. Setelah di klik nantinya akan memunculkan jendela Finder.

6. Memilih Lokasi dan Berkas yang akan Dibakar

Klik folder tempat menyimpan berkas yang ingin kamu bakar. Folder ini nantinya akan berada di sisi kiri jendela komputer. Langkah berikutnya, pilihlah berkas-berkas yang ingin dimasukkan ke dalam CD. Kamu bisa menekan tombol Command pada keyboard sembari memilih berkas lainnya. Perlu untuk diketahui, sebagian besar CD cenderung hanya bisa memuat berkas dengan kapasitas maksimal 700 Mb.

7. Klik Burn

Langkah berikutnya, klik Burn yang terletak di pojok kanan bawah. Nantinya, jendela Finder akan ditutup.

8. Klik Burn Kembali

Kamu harus klik Burn kembali ketika diminta. Tombol ini berada di pop-up yang berada di bagian atas jendela Disk Utility. Setelah mengekliknya, proses pembakaran data ke dalam CD akan dimulai. Perlu diketahui, proses pembakaran CD bisa berlangsung lama tergantung dengan ukuran dan jumlah berkas yang dibakar.

9. Klik OK

Setelah proses selesai, kamu bisa klik OK saat diminta. Ikon ini nantinya akan berada di pojok bagian kanan bawah jendela Mac. Cara burning CD telah selesai, kamu bisa mengeluarkan CD yang telah dibakar dari komputer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini