Sukses

18 Cara Memutihkan Ketiak Gelap Secara Alami, Lakukan dengan Rutin

Cara memutihkan ketiak ini tidak memerlukan obat-obatan atau bahan kimia berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan ketiak bisa membantunya tampak cerah dan sehat. Ketiak yang gelap termasuk masalah yang sering ditemui. Kulit ketiak cenderung lebih tipis dan sering mendapatkan gesekan. Ini membuatnya mudah berubah menjadi gelap.

Kulit ketiak yang gelap bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Ini sebabanya, banyak yang mencari cara memutihkan ketiak yang gelap. Cara memutihkan ketiak gelap bisa dilakukan dengan bahan alami dan perubahan gaya hidup. 

Cara memutihkan ketiak gelap ini cukup ampuh dan bisa diterapkan secara rutin. Cara memutihkan ketiak ini tidak memerlukan obat-obatan atau bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit.

Cara memutihkan ketiak gelap akan membuat kulit ketiak tampak sehat. Berikut cara memutihkan ketiak gelap, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(5/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Ganti deodoran atau antiperspirant

Produk deodoran atau antiperspirant tertentu bisa menyebabkan ketiak gelap karena iritan kimiawinya. Ini bisa menyebabkan peradangan dan penebalan serta penggelapan kulit seiring waktu. Temukan produk deodoran yang cocok untuk kulit. Jika iritasi masih berlanjut, kamu bisa berhenti menggunakan deodoran untuk sementara.

Stop mencukur

Mencukur ketiak secara teratur dapat menyebabkan produksi sel pigmen yang berlebihan. Area kulit yang gelap dapat terjadi ketika sel pigmen di kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya. Alih-alih mencukur, kamu bisa mencoba metode sugar waxing untuk menghilangkan bulu ketiak. Sugar waxing membuat kulit lebih halus dan membuat bulu ketiak tumbuh lebih lambat.

Eksfoliasi

Cara memutihkan ketiak gelap selanjutnya adalah dengan eksfoliasi. Ketiak gelap bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati. Melakukan eksfoliasi atau scrubbing bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit. Eksfoliasi dapat merangsang pergantian sel. Ini membuat kulit ketiak tampak lebih cerah dan halus. Kamu bisa menggunakan scub eksfoliasi yang dijual atau menggunakan bahan alami seperti bubuk kopi atau baking soda.

3 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Gunakan pakaian longgar

Pilihlah untuk mengenakan pakaian longgar, terutama jika baru saja melakukan waxing pada ketiak. Cara memutihkan ketiak satu ini membantu kulit untuk bernapas dan menghindari gesekan. Hindari mengenakan pakaian ketat atau yang berbahan sintetis, karena akan menimbulkan gesekan yang berlebihan. Gesekan bisa menumpuk keringat dan berakhir menjadi penggelapan kulit.

Penurunan berat badan

Berat badan ekstra membuat tubuh lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula darah. Kadar insulin yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan produksi sel pigmen kulit. Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mengalami penggelapan di ketiak dan lipatan kulit lainnya. Menurunkan berat badan seringkali dapat menjadi cara memutihkan ketiak yang gelap.

Lidah buaya

Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya dapat menghambat proses penggelapan kulit. Ini dapat membantu mencerahkan ketiak yang berubah warna. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan menenangkan untuk kulit yang meradang atau iritasi. Oleskan gel lidah buaya pada ketiak dan biarkan selama sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air.

4 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Kunyit

Kunyit sangat terkenal sebagai agen pencerah kulit. Aplikasi rutin pada ketiak dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap. Cara mencerahkan ketiak dengan kunyit adalah dengan mencampur dua sendok makan air lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan pasta dengan air dingin.

Kentang

Cara memutihkan ketiak gelap dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan kentang. Kentang merupakan pemutih alami dan anti iritasi. Parut kentang, peras jus dari parutan kentang, dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Lemon

Air lemon merupakan agen pengelupas dan pemutih alami kulit. Potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan gunakan pelembap. Hindari menggunakan lemon saat kulit sedang iritasi, ya.

5 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Kulit jeruk

Selain lemon, kulit jeruk juga bermanfaat dalam cara memutihkan ketiak. Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan pasta dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu.

Timun

Timun kaya akan air dan membantu hidrasi ketiak yang kering. Menempelkan irisan timun pada ketiak bisa membantu mencerahkan ketiak yang gelap. Iris tipis timun dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa membantu melembapkan kulit dan mencegah kulit gelap. Pijatkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah-langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

6 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun dalam cara memutihkan ketiak. Campurkan dua sendok makan minyak zaitun murni dengan 2-3 sendok makan brown sugar atau gula pasir. Basahi kulit ketiak dan oleskan campuran tersebut. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

Minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tinggi yang membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Pijat ketiak dengan minyak bunga matahari selama satu atau dua menit. Biarkan minyak selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Tea tree oil

Tea tree oil tidak hanya mencerahkan kulit ketiak tetapi juga mencegah bau pada ketiak. Sifat antimikrobanya akan membunuh mikroba yang ada dan menghilangkan bau di area tersebut. Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 250 ml air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mandi atau berendam.

7 dari 7 halaman

Cara memutihkan ketiak gelap secara alami

Baking soda

Baking soda membantu eksfoliasi kulit dan membuatnya tampak cerah. Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Sesuaikan jumlah air hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

Baking soda dan susu

Susu memiliki efek mencerahkan pada kulit. Menggunakannya bersama baking soda bisa mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan lakukan scrubbing lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air suam kuku. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Cuka sari apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan juga mencerahkan area ketiak yang gelap. Larutkan satu sendok cuka sari apel dengan segelas air. Celupkan kapas dan tepuk-tepuk ke area ketiak dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum dibilas dengan air. Ulangi setiap hari untuk hasil yang cepat dan efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini