Sukses

5 Penyebab Kucing Kesayangan Tidak Bisa Tidur di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia kalau kalau kucing adalah binatang yang suka tidur. Faktanya, rata-rata kucing bisa menghabiskan waktunya untuk tidur selama 12 hingga 16 jam per hari. Kucing yang sudah tua akan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur daripada kucing muda atau remaja.

Sebagai binatang peliharaan yang suka tidur, ternyata kucing juga dapat mengalami situasi tidak bisa tidur di malam hari. Hal ini bisa menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin punya teman di malam hari, tapi jangan anggap sepele kucing yang terus menerus tidak bisa tidur malam. Bisa jadi dia sedang mengalami masalah. Berikut ini beberapa alasan dan penyebab yang membuat kucing terjaga di malam hari.

1. Penglihatan yang spesial

Dokter hewan Marty Becker, DVM, menjelaskan dalam sebuah artikel di VetStreet bahwa alasan utama kucing tidak tidur di malam hari atau begadang adalah karena berhubungannya dengan penglihatan mereka yang luar biasa. 

Becker menulis, “Kucing memiliki penglihatan malam yang membuat malu setiap penemuan buatan. Jika dipikir-pikir, tidak mengherankan jika banyak kucing, terutama yang masih kecil, suka berkeliaran dalam kegelapan. Jika Anda punya rencana lain (seperti tidur), mereka benar-benar tidak peduli. Ini waktunya pertunjukan bagi kucing"

2. Perasaan bosan dan gelisah

Bukan hanya penglihatan malam yang membuat kucing tetap terjaga di malam hari. Seperti halnya manusia, ketika diliputi perasaan bosan, gelisah dan kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan masalah sulit tidur. Salah satu penyebab munculnya rasa bosan itu bisa jadi kurangnya perhatian dari pemilik.

2 dari 2 halaman

3. Berburu

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, kucing adalah salah satu predator terhebat, jadi masuk akal jika penyebab tidak tidur adalah karena mereka berburu mangsanya pada larut malam, meskipun mangsanya ternyata hanya mainan berbentuk tikus. 

4. Kucing merasa lapar

Rasa lapar kucing bisa muncul kapan saja, termasuk malam hari sekalipun. Ketika merasa lapar inilah kucing bisa mengalami susah tidur dan berusaha membangunkan Anda. Kalau Anda sudah memberikan makan, ia bisa dengan mudah tidur pulas.

Bicara seputar makanan, penting sekali untuk memberikan makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga tubuhnya, tulang dan bulu yang lebih sehat. Kamu bisa memberikan Muezza, makanan kucing yang sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi. Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang lainnya.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera juga sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin. Selain keunggulan itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

5. Tanda masalah kesehatan

Dalam kasus tertentu, kucing yang tidak mau dan tidur bisa jadi karena dia sakit atau mengalami masalah kesehatan. Kamu perlu memperhatikan dia untuk melihat gejala-gejala penyakit lain yang dialami kucing. Jika menemukan sesuatu yang tidak benar, bawalah kucing ke dokter hewan sesegera mungkin.

Menurut National Sleep Foundation, ada beberapa trik yang dapat kamu coba untuk membantu kucing tidur di malam hari.

Pertama, penting untuk memastikan kucing cukup beraktivitas di siang hari. Binatang peliharaan cenderung tidur lebih nyenyak setelah mereka banyak bergerak dan meregangkan kaki-kakinya, seperti halnya manusia. 

Kedua, ada baiknya untuk menjaga reaksimu jika  menangkap kucing yang tidak tidur dan berkeliaran di malam hari. Jika kamu marah atau kesal, reaksi seperti itu kemungkinan besar akan membuat kucing semakin bersemangat dan kecil kemungkinannya untuk tidur. Sebaiknya kamu langsung mencoba untuk menggiring dia tidur di tempat atau ruangan yang lain, sambil memberikan cemilan dan makanan favoritnya.

Bila kucing kamu terus-menerus sulit tidur di malam hari atau bahkan tidak cukup tidur, konsultasikan kepada dokter hewan agar dapat menemukan opsi terbaik untuk menanganinya. 

Mari kita pastikan hewan peliharaan kesayangan yang  berharga mendapatkan tidur terbaik yang mereka butuhkan.

 

(*)