Sukses

9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari, Perhatikan Kebersihan

Liputan6.com, Jakarta Penyebab jerawat di pipi tidak jauh berbeda dengan penyebab jerawat di daerah lainnya. Hal ini sering kali dipengaruhi oleh kebiasaan kurang higienis di kehidupan sehari-hari. Kebiasaan yang kurang menjaga kebersihan akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat di pipi.

Hal ini juga terjadi karena kontak langsung kulit wajah dengan kotoran yang ada di tangan atau di barang-barang yang kamu gunakan. Hal ini sering kali dianggap sepele dan jarang sekali disadari oleh banyak orang.

Penyebab jerawat di pipi sering kali terjadi karena acne mechanica, yang berkembang karena gesekan kulit. Contohnya terjadi menyebar saat menggunakan ponsel untuk menelepon atau pipi tergesek bantal saat tidur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/3/2021) tentang penyebab jerawat di pipi.

2 dari 5 halaman

Ponsel dan Sarung Bantal Kotor

Ponsel Kotor

Penyebab jerawat di pipi yang pertama adala ponsel kotor. Ini bukan hanya masalah kotoran. Ponsel berpotensi memiliki jejak E. coli dan bakteri lainnya. Kapan pun kamu memegang ponsel di wajah, kamu menyebarkan bakteri itu ke kulit dan berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat terutama saat hormon sedang berkembang.

Membersihkan ponsel secara teratur dengan pembersih desinfektan dapat membantu meminimalkan jerawat. Jika sering menggunakan telepon untuk bekerja, pertimbangkan untuk membeli headset Bluetooth. Ganti sarung bantal setidaknya sekali seminggu.

Sarung Bantal Kotor

Selain itu, sarung bantal yang kotor juga bisa menjadi penyebab jerawat di pipi yang mungkin jarang disadari. Memang, terkadang mengganti sarung bantal dan sprei hanya dilakukan jika sarung bantal tersebut sudah benar-benar berbau tidak sedap.

Namun akan lebih baik jika kamu rajin mengganti sprei dan sarung bantal 1-2 minggu sekali. Tujuannya agar mengurangi kemungkinan adanya kotoran dari debu langit-langit rumah yang membawa kuman dan bakteri penyebab timbulnya jerawat di pipi.

3 dari 5 halaman

Kebiasaan Tidak Membersihkan Muka dan Menyentuh Pipi

Kebiasaan Tidak Membersihkan Muka

Penyebab jerawat di pipi ini sudah pasti bisa terjadi dan mungkin menjadi salah satu faktor utama. Kebiasaan tidak mencuci muka ketika dari luar ruangan akan meningkatkan risiko timbulnya jerawat di pipi. Hal ini wajar saja, mengingat kondisi luar ruangan yang sarat akan debu dan kotoran baik dari asap kendaraan dan lain sebagainya. Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan muka sehabis dari luar ruangan, baik itu ketika sampai kantor atau rumah.

Kebiasaan Menyentuh Pipi

Kuman yang menempel di ponsel saja sudah berisiko menyebabkan jerawat di pipi, jadi tidak heran jika tangan yang bersentuhan langsung dengan kulit pipi bisa lebih besar risikonya menyebabkan jerawat. Memang yang namanya kebiasaan cukup menantang dan lumayan sulit dirubah, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu, pastinya diiringi dengan niat kuat.

4 dari 5 halaman

Produk Kecantikan yang Tidak Cocok dan Alat Make Up Kotor

Produk Kecantikan yang Tidak Cocok

Penyebab jerawat di pipi ini sering dialami oleh kaum hawa. Kebiasaan kaum hawa dalam melakukan perwatan wajah terkadang tidak dilandasi dengan pengetahuan mengenai kondisi kulit mereka. Bahkan beberapa kasus kesalahan penggunaan produk kecantikan dikarenakan melihat hasil dari produk tersebut terhadap orang lain. Padahal, itu menjadi penyebab yang bisa saja cukup fatal bagi kesehatan wajah.

Selain itu, menggunakan produk make up yang tidak cocok juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat tersebut, maka ada baiknya Anda memilih jenis make up yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit dan pilih produk make up yang mengandung minyak. Biasanya pada beberapa produk yang aman dan mampu mencegah timbulnya jerawat memiliki label 'non-comedogenic' di kemasannya.

Alat Make Up Kotor

Penyebab jerawat di pipi tidak hanya disebabkan oleh salahnya dalam pemilihan produk kecantikan, namun juga bisa karena alat untuk make up yang sudah terlalu kotor. Alat make up yang kotor tentu saja berpotensi menimbulkan jerawat di pipi karena adanya bakteri yang berkembang.

Selain itu, alat make up yang kotor sudah pasti dihinggapi berbagai jenis kuman. Maka dari itu, selalu usahakan rajin dalam membersihkan alat make up, tentunya agar tidak meningkatkan risiko jerawat yang muncul pada pipi.

 

5 dari 5 halaman

Stres, Mengonsumsi Makanan Sembarangan, dan Konsumsi Gula Berlebih

Stres

Sudah menjadi rahasia umum, jika kondisi stres mampu menyebabkan perubahan hormon. Perubahan hormon tersebut akan berpotensi untuk menjadi penyebab timbulnya jerawat di pipi. Maka dari itu, agar jerawat di pipi semakin menurun risiko untuk munculnya, ada baiknya berusaha mengatur stres yang sedang melanda dengan sedikit meditasi.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sembarangan

Penyebab jerawat di pipi berikutnya adalah memilih makanan dan minumandengan sembarangan. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat, seperti nasi putih, roti, minuman bersoda, dan minuman manis, bisa meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Hal ini akan memicu hormon androgen menjadi lebih aktif. Hal ini mengakibatkan sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan produksi sebum meningkat. Ketika hal ini terjadi, maka jerawat di pipi akan lebih rentan muncul.

Konsumsi Gula Berlebih

Apabila kamu memang gemar mengonsumsi makanan manis dan sadar jika mengalami penyebab jerawat di pipi, maka ada baiknya kamu mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi tersebut. Beberapa makanan mengandung gula tinggi tersebut antara lain nasi putih, roti, pasta, minuman bersoda, dan minuman kemasan yang memiliki rasa manis.

Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan memicu hormon androgen menjadi lebih aktif. Hal tersebut akan berakibat pada sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan produksi sebum meningkat. Dan ketika hal ini terjadi, maka jerawat di pipi akan lebih rentan untuk muncul. Selain itu, mengonsumsi makanan dan minuman manis akan turut memberi dampak negatif terhadap tubuh, salah satunya meningkatnya risiko terkena diabetes.