Sukses

Potret 6 Jalan Ikonik di Dunia, Banyak Bangunan Bersejarah

Sederet jalan ikonik di berbagai negara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang bikin kagum.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara tentunya memiliki jalanan unik yang menjadi ikon dari negara tersebut. Tak hanya terkenal di dalam negeri, namun jalan ikonik di berbagai negara juga dikenal masyarakat dunia. Bahkan jalan ikonik tersebut menjadi salah satu destinasi wisata ketika berkunjung ke sebuah negara.

Tak hanya sebuah jalan, namun wisatawan juga bisa mendapatkan banyak hal ketika mengunjungi jalan ikonik tersebut. Ada banyak bangunan bersejarah yang tentunya bisa menambah pengetahuan wisatawan akan negara yang dikunjungi.

Jalan ikonik di berbagai negara di dunia tentunya tentunya membuat kagum wisatawan yang datang berkunjung. Entah dari segi bangunan, suasana, atauapun pelayanan-pelayanan yang memudahkan para pengunjung.

Sederet jalan ikonik di berbagai negara ini bisa masuk list tempat yang dikunjungi ketika berkunjung ke sebuah negara. Berikut Liputan6.com merangkum dari Brainberries tentang potret jalan ikonik di dunia yang sukses membuat kagum, Senin (8/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jalan Istiklal, Istanbul

Turki merupakan salah satu negara yang menyimpan ragam keindahan dan keunikan. Turki menjadi salah satu negara yang diimpikan oleh seseorang untuk dikunjungi. Bahkan setiap sudut kota di Turki sudah dikenal oleh masyarakat dunia, salah satunya adalah jalan ikoniknya yakni Jalan Istiklal, Istanbul, Turki.

Terletak di distrik Beyoğlu yang bersejarah di Istanbul, jalanan terkenal ini dikunjungi oleh sebanyak 3 juta orang dalam satu hari. Tempat ini dipenuhi dengan teater, bioskop, pub, restoran, galeri seni, toko cokelat, dan klub malam. Saat mengunjungi jalan ikonik di Turki ini, wisatawan akan menemukan gereja Ortodoks, sinagog, dan masjid di sepanjang jalan.

Saat berkunjung ke jalan ikonik Turki ini, wisatawan akan dilayani dengan sederet tempat-tempat umum yang bisa dijangkau tanpa harus risau. Bagi seseorang yang pernah mengunjungi Turki, tentunya sudah tak asing dengan Jalan Istiklal tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Wall Street, Kota New York

Setiap negara tentunya punya keunikannya masing-masing di berbagai sisinya, salah satunya adalah jalan ikoniknya. Mengujungi jalan ikonik yang identik dengan negara atau kota yang dikunjungi, tentunya tak pernah dilewatkan para wisatawan untuk berfoto. Walaupun merupakan bangunan lama, namun bangunan-bangunan yang sudah berdiri sejak lama akan mendapatkan perawatan dari pemerintah setempat sehingga tetap estetik.

Jalan ikonik selanjutnya yang sukses membuat wisatawan takjub adalah Wall Street yang terletak di Kota New York. Kota New York sendiri merupakan sebuah negara bagian di Amerika Serikat yang menyimpan ragam keunikan. 

Mengunjungi Wall Street, Kota New York wisatawan bisa menaiki kereta bawa tanah New York ke Wall Street. Distrik delapan blok ini adalah rumah bagi dua bursa saham terbesar (NYSE dan NASDAQ) dan penuh dengan jalan-jalan sempit dan gedung pencakar langit yang menjadi ciri Manhattan secara keseluruhan.

4 dari 7 halaman

3. Rodeo Drive, Beverly Hills, Calfornia

Amerika Serikat memang menyimpan banyak keindahan dan keunikan yang tentu saja bikin wisatawan takjub ketika mengunjunginya, salah satunya adalah California yang merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat. Dengan luas wilayah 410.000 km², Califronia merupakan negara bagian terbesar ke-3 di AS. 

California menyimpan ragam keindahan dan keunikan yang dapat memanjakan mata wisatawan, salah satunya adalah jalan ikoniknya yakni Rodeo Drive, Beverly Hills, Calfornia. Jalanannya penuh dengan arsitektur bergaya Eropa yang akan memanjakan mata wisatawan. Tak hanya itu, wisatawan bisa saja kerap bertemu dengan selebriti dunia ketika mengunjungi jalan ikonik tersebut.

Rodeo Drive adalah jalan sepanjang dua mil (3,2 km), di Beverly Hills, California, dengan segmen selatannya di Kota Los Angeles. Terminal selatannya berada di Beverwil Drive, dan ujung utaranya berada di persimpangan dengan Sunset Boulevard di Beverly Hills.

5 dari 7 halaman

4. Nyhavn, Copenhagen

Jalan ikonik selanjutnya yakni terletak di Copenhagen. Copenhagen merupakan ibukota Denmark dan merupakan salah satu kota terbesar di Denmark dengan jumlah penduduk kawasan urban (per Januari 2015) 1.263.698 jiwa dan kawasan metropolitan sebesar 2.013.009 jiwa. Copenhagen terletak di pesisir timur pulau (Sjælland) di tepi sungai Sont. Kota ini terbagi menjadi beberapa munisipalitas.

Copenhagen merupakan salah satu kota yang sarat akan sejarah, salah satunya adalah jalan ikoniknya yakni Nyhavn, Copenhagen. Tepi laut dan kanal abad ke-17 ini terkenal karena bangunannya yang berwarna cerah dan kapal kayu bersejarah yang berlabuh di sana. Setelah Perang Dunia II, relevansinya sebagai pelabuhan pengiriman utama mulai berkurang dan pada tahun 1970-an banyak jalan digunakan sebagai tempat parkir yang membosankan. 

Namun upaya revitalisasi pada 1980-an - termasuk membuat jalur pejalan kaki dan menjadikan tempat ini populer bagi wisatawan yang ingin mengunjungi banyak kafe dan toko.

6 dari 7 halaman

5. Piccadilly Circus, London

Inggris merupakan salah satu negara yang menyimpan ragam keunikan dan keindahan. Seiring dengan perkembangan zaman, kota-kota di Inggris juga mengalami perubahan, salah satunya adalah London. London merupakan ibukota Inggris dan merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama dua milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium.

Salah satu hal unik dari Inggris adalah jalan ikoniknya yakni Piccadilly Circus, London. Wisatawan akan menemukan banyak hal ketika mengunjungi jalan ikonik tersebut. Selain itu, wisatawan juga akan menemukan toko, restoran, teater bahkan ketika mengunjungi jalanan tersebut wisatawan akan berasa kunjungi Time Square New York

7 dari 7 halaman

6. Jalan Nanjing, Shanghai

Shanghai adalah kota terbesar Republik Rakyat Tiongkok dan terletak di tepi delta Changjiang. Perkembangan kota ini dalam beberapa dekade terakhir telah membuatnya menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting Tiongkok. Shanghai merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia, bersama dengan Singapura dan Rotterdam. Secara administratif, Shanghai adalah salah satu dari empat munisipalitas Tiongkok, yang mempunyai status provinsi.

Shanghai menyimpan ragam keindahan dan keunikan, salah satunya adalah jalan ikoniknya. Nanjing Road sebagai salah satu jalan perbelanjaan tersibuk di dunia. Saat mengunjungi jalan tersebut, wisatawan akan menemukan barang mewah dan fashion yang menjadikan menjadi pusat perbelanjaan tersibuk di dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini