Sukses

Selain Ghosting, Ini 8 Istilah dalam Hubungan Asmara yang Bikin Sakit Hati

Ada banyak istilah kekinian dalam hubungan asmara.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak istilah-istilah yang digunakan anak muda dalam percintaan ataupun dalam pertemanan. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan sikap yang dilakukan seseorang ketika tengah menjalin hubungan, salah satunya adalah ghosting. Istilah ghosting tersebut menjadi istilah yang populer di kalangan anak muda selama setahun terakhir.

Isitlah-istilah baru dalam hubungan percintaan ataupun pertemanan ini biasa digunakan anak muda di media sosial. Kisah cinta anak muda pun tak jarang mencuri perhatian karena cerita cintanya ini diunggah di laman media sosial pribadi. Tak heran jika banyak istilah-istilah kekinian yang hadir untuk menjelaskan secara singkat terkait kisah cinta yang dialami.

Selain ghosting, ada beberapa istilah kekinian dalam percintaan yang perlu untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui istilah-istilah kekinian tersebut, kamu bisa menjelaskan tentang hubungan asmara kamu ataupun teman kamu dengan singkat dan jelas.

Sederet istilah lain dalam hubungan asmara ini penting juga untuk kamu ketahui maknanya agar tidak salah menggunakan. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang istilah-istilah kekinian dalam hubungan asmara, selain ghosting, Senin (8/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Orbiting

Selain ghosting, ada banyak istilah-istilah kekinian dalam hubungan asmara yang penting untuk diketahui salah satunya adalah orbiting. Orbiting merupakan salah satu istilah yang erat dengan percintaan. Jika diambil dari bahasa inggris, orbiting merupakan mengorbit atau peredaran. 

Orbiting merupakan istilah dalam percintaan yang artinya ketika seseorang tiba-tiba memutus kontak dengan kita, tapi dia ternyata masih sering berkomunikasi dengan kita lewat media sosial. Makna tersebut tak jauh beda dengan kata orbit yang bermakna peredaran. Walaupun sudah memutus kontak, namun dia masih sering muncul dan tak jauh dari sekeliling kamu.

Dalam hubungan percintaan, memutus kontak tiba-tiba sering terjadi. Entah karena bosan atau ingin menghilang dalam beberapa waktu. Namun sikap tersebut tentunya bikin sakit hati karena menghilang tanpa alasan, tapi tiba-tiba muncul dan menghubungi lewat media sosial.

3 dari 9 halaman

2. Haunting

Istilah kekinian dalam hubungan percintaan selanjutnya adalah haunting. Haunting terjadi ketika seseorang terus menerus berinteraksi dengan kamu lewat media sosial, padahal sudah berhenti berhubungan satu sama lainnya. Haunting biasanya dilakukan secara pasif. Misal hanya sekadar like postingan tanpa memberi komentar.

Jika menilik dari bahasa Inggris, haunting memiliki makna menghantui. Makna menghantui tersebut tentunya sudah dapat mengambarkan istilah haunting seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sudah tidak memiliki hubungan satu sama lain, namun masih hadir dalam bayangan tentunya membuat sakit hati karena membuat seseorang kembali mengenang cerita cinta yang pernah dirajut.

Ada banyak alasan mengapa seseorang masih muncul dan hadir di kehidupan mantan kekasihnya. Namun tak dipungkiri bahwa sikap tersebut bukannya bikin senang namun bikin kesal dan sedih.

4 dari 9 halaman

3. Breadcrumbing

Istilah kekinian lainnya dalam hubungan percintaan adalah breadcrumbing. Breadcrumbing adalah ketika seseorang hanya memberi kode-kode padahal yang bersangkutan tidak sepenuhnya naksir kepada kamu. Sikap tersebut tentu saja sudah membuat kamu menjadi terbawa perasaan bukan? Kode-kode yang diberikan sudah bikin kamu meleleh, namun ia rupanya hanya bermain dan penasaran saja terhadap kamu.

Seorang cowok yang memberi kode-kode kepada cewek namun hanya sebuah kode palsu tentunya saja bikin cewek menjadi kesal. Pasalnya cewek sudah larut dalam perasaannya dan berharap banyak kepada cowok tersebut. Namun perasaannya pada akhirnya hampa lantaran sang cowok bisa dikatakan hanya mempermainkan perasaan sang cewek.

5 dari 9 halaman

4. Benching

Benching merupakan istilah kekinian dalam hubungan percintaan yang perlu untuk kamu ketahui. Benching merupakan istilah ketika kita sedang dekat dengan seseorang, namun tidak benar-benar jatuh cinta. Bisa dikatakan benching tersebut tidak jauh beda dengan pendekatan atau PDKT.

Oleh sebab itu banyak kata-kata motivasi yang menyebutkan bahwa jangan terlalu terbawa perasaan ketika didekati cowok, karena ketika sudah larut dalam perasaan baper (terbawa perasaan), cewek lebih mudah sakit hati dan kecewa.

Jika sudah pendekatan, namun perasaan cinta cowok kepada sang cewek tak kunjung tumbuh, sebaiknya cowok mundur perlahan dan jangan memberikan harapan-harapan atau kode-kode kepada cewek. Pasalnya cewek biasanya sudah sangat berharap bahwa hubungannya dengan sang cowok lebih dari sekadar teman. 

 

6 dari 9 halaman

5. Stashing

Stashing merupakan istilah selanjutnya dalam kisah asmara. Stashing adalah istilah ketika kita pacaran dengan seseorang, tetapi kita tidak memperkenalkannya kepada teman, keluarga ataupun orang-orang terdekat. Hal tersebut sering terjadi dalam hubungan seseorang. Tak sedikit orang yang masih merasa berat untuk mempublikasikan hubungannya dengan kekasih.

Tak sedikit orang yang menyebutkan bahwa jika seseorang sudah berani memperkenalkan kekasihnya kepada teman, keluarga ataupun kerabat dekat itu artinya ia sudah serius menjalin hubungan dengan kekasihnya. Sebaliknya, jika seseorang merasa berat untuk memperkenalkan kekasihnya kepada kerabat, mungkin saja ia hanya menjadikan kamu permainan atau bahkan ada orang lain yang sudah mengisi hatinya. 

Setiap pasangan memiliki gaya pacaran yang berbeda-beda. Mungkin ada pasangan yang tidak ingin teman ataupun keluarga mengetahui tentang hubungannya dengan kekasih. Tapi lebih baiknya, sesekali unggah potret kebersamaan bareng kekasih di media sosial atau memperkenalkan kepada teman dan keluarga.

7 dari 9 halaman

6. Submarining

Submarining merupakan istilah selanjutnya dalam hubungan asmara, selain ghosting. Submarining adalah istilah yang hampir sama dengan ghosting, namun bedanya setelah menghilang tanpa jejak pada akhirnya menghubungi kembali.

Menghilang tanpa kabar dan tiba-tiba muncul dengan wajah tak merasa bersalah memang kerap terjadi dalam hubungan asmara, sikap tersebut tentunya bikin kesal. Bagaimana tidak, setelah seseorang berusaha untuk move on dan mengubur dalam-dalam perasaannya, mantan kekasih kembali muncul dengan ragam alasan yang bikin sakit hati. Bahkan sikap mantan seperti ini kerap bikin keluarga, teman dekat, atau bahkan orang tua yang bersangkutan juga menjadi kesal.

8 dari 9 halaman

7. Zombieing

Zombieing merupakan istilah untuk orang yang sebelumnya memutus hubungan, namun secara tiba-tiba hadir melalui chat atau DM. Istilah tersebut tak jauh beda dengan ghosting, bedanya ghosting adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa bisa dihubungi. Ghosting terjadi saat ada salah satu orang yang tiba-tiba menghentikan komunikasi tanpa penjelasan ketika mereka sedang melakukan pendekatan atau kencan. Sering kali hal ini terjadi pada pasangan yang belum jadian, tapi sudah sering jalan bareng.

Baik ghosting ataupun zombieing tentunya menyebalkan bukan? memutus hubungan tiba-tiba dan tiba-tiba menghilang tanpa alasan tentunya menimbulkan tanda tanya bagi si yang di-ghosting dan di-zombieing. 

9 dari 9 halaman

8. Gatsbying

Istilah dalam hubungan asmara selanjutnya adalah gatsbying. Gatsbying adalah istilah untuk seseorang yang ketika mengunggah konten seperti video dan foto ke media sosial dengan harapan bakal di notice gebetan. Hal tersebut tak jarang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perhatian dari gebetan. Istilah tersebut tak jauh beda dengan mencari perhatian, namun istilah tersebut difokuskan pada mencari perhatian gebetan melalui unggahan foto dan video di media sosial. 

Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menarik perhatian gebetan. Cara tersebut tentunya ada positif dan negatifnya, positifnya cara tersebut tentunya dapat memberikan kode kepada gebetan daripada terus menerus menahan perasaan. Negatifnya, cara tersebut bisa saja mengganggu gebetan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.