Sukses

20 Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris, Wajib Dicoba saat ke Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Jakarta sangat kaya akan pilihan dan cita rasa. Jakarta sebagai ibu kota merupakan surga kuliner Nusantara. Di Jakarta, kuliner apapun bisa ditemukan.

Kuliner Jakarta tak hanya seputar makanan khas Jakarta. Di Jakarta, kuliner dari berbagai daerah bisa jadi kuliner populer. Kuliner Jakarta ini sangat terkenal bagi para pencinta kuliner di Jakarta.

Kuliner Jakarta yang populer ini bahkan menjadi buruan para pelancong kuliner. Bagi kamu yang sedang berada di Jakarta, kuliner Jakarta adalah santapan wajib di kota ini.

Kuliner Jakarta tersebar di penjuru wilayah Jakarta. Berikut 20 kuliner Jakarta populer dan hits, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(8/3/2021).

2 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Soto Betawi H.Ma’ruf

Di Jakarta, siapa yang tak kenal Soto Betawi. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu yang memberinya cita rasa unik. Salah satu tempat paling terkenal untuk menyantap soto ini adalah di Soto Betawi H.Ma’ruf. Selain soto, di tempat ini kamu juga bisa mencicipi laksa dan sate Betawi yang terkenal lezat. Soto Betawi H.Ma’ruf berada di Kompleks Taman Ismail Marzuki tepatnya Jalan Cikini Raya No 73.

Warteg Warmo

Warteg Warmo merupakan warteg legendaris di Ibu Kota Jakarta. Warteg ini sudah ada sejak 1970 dan masih eksis hingga saat ini sebagai salah satu Kuliner Jakarta yang populer. Warteg Warmo menyediakan berbagai macam makanan berat mulai dari tempe, tahu, hingga cumi. Warteg Warmo menjadi sangat terkenal karena kerap disambangi pejabat mulai dari menteri hingga presiden.

3 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Barito termasuk kuliner Jakarta yang sudah dikenal banyak orang. Kuliner satu ini berada di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di Gandaria Tengah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bubur ayam ini berbeda dari bubur ayam pada umumnya. Selain ditaburi ayam dan cakwe, bubur ini juga mengganti kerupuk dengan cheese stick. Rasanya juga menjadi semakin gurih karena bubur ini dilengkapi dengan tongchay.

Bubur Ayam Cikini H. Sulaiman

Selain bubur ayam Barito, di Jakarta kamu juga bisa menikmati Bubur Ayam Cikini H. Sulaiman. Lokasi bubur ayam ini tak jauh dari stasiun MRT Cikini, tepatnya di Jalan Cikini Raya. Ciri khas dari bubur ini adalah tidak berkuah dan dilengkapi dengan kuning telur, cakue, dan suwiran ayam.

Bubur Kwang Tung

Bubur lain yang tak kalah legendaris adalah Bubur Kwang Tung. Kuliner Jakarta ini berada di Pecenongan, Senopati, dan Kelapa Gading. Bubur Kwang Tung menyajikan menu dengan isi yang melimpah. Tak hanya bubur, Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam untuk cabang Pecenongan ini juga menyediakan menu lainnya seperti nasi goreng atau cah kailan.

4 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Gado-gado Cemara

Gado-gado termasuk makanan khas Jakarta yang sangat legendaris. Di alan Tanah Abang 5 No.36 terdapat warung gado-gado yang sudah ada sejak 1947 silam. Kini Gado-gado Cemara sudah dijalankan oleh generasi ketiga pemiliknya. Gado-gado Cemara terkenal dengan bumbu kacangnya yang gurih dan ringan.

Gado-gado Bonbin

Selain Gado-gado Cemara, tempat makan gado-gado yang tak kalah lezat lainnya adalah Gado-gado Bonbin. Kuliner Jakarta satu ini berlokasi di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Cikini 4 No 5. Selain gado-gado, menu asinan di tempat ini juga terkenal kelezatannya. Menu lain yang juga ditawarkan di Gado-gado Bonbin adalah mi ayam dan lontong.

5 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Joni Steak

Joni Steak merupakan tempat makan steak yang terkenal di Jakarta. Kuliner yang terletak di Jalan H Samanhudi No 65 ini dikenal dengan daging steak yang empuk dan lezat. Tenderloin Steak menjadi salah satu menu favorit di tempat ini.

Sate & Sop Kambing H. Mansyur

Bagi kamu pencinta olahan kambing, ate & Sop Kambing H. Mansyur ini bisa jadi tujuan kulineranmu di Jakarta. Warung sate dan sop kambing ini berada di Jalan KH Abdullah Syafei RT 12/RW 9, Bukit Duri. Selain olahan kambing, kamu juga bisa ememsan sate ayam yang tak kalah lezat.

Bebek Kaleyo

Jika ingin menikmati olahan bebek di Jakarta, kamu bisa menuju Bebek Kaleyo yang ada di Jalan Lapangan roos No.49, Tebet Timur. Olahan bebek di Bebek Kaleyo terkenal dengan tekstur dagingnya yang empuk dan gurih. Bebek Kaleyo terkenal selalu ramai saat jam makan siang atau makan malam.

6 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Mie Ayam Gondangdia

Pencinta mi ayam wajib mencicipi kuliner Jakarta satu ini. Terletak di Jalan Cikini IV No 12A, Mie Ayam Gondangdia sudah terkenal juara dengan rasa yang ditawarkannya. Selain mi ayam, di sini kamu juga bisa menikmati lebih dari dua puluh jenis masakan yang rata-rata merupakan chinese food.

Bakmi Gang Kelinci

Selain mi ayam, bakmi juga tak boleh ketinggalan dicicipi. Salah satu bakmi yang terkenal di Jakarta adalah Bakmi Gang Kelinci. Bakmi satu ini bisa dinikmati di empat area, yaitu Pasar Baru, Blok M, Wijaya dan Semanggi. Bakmi Gang Kelinci yang pertama ada di Jakarta ada di Jalan Kelinci Raya No 1 – 3. Di sini terdapat bermacam bakmi dengaan cita rasa yang khas.

7 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Di Jakarta, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih punya cabang di beberapa titik. Tempat yang paling terkenal adalah yang ada di Kebon Sirih, tepatnya di Jalan Kebon Sirih Barat, Menteng. Porsi nasi goreng di sini cukup besar dengan beragam variasi rasa.

Nasi Uduk Gondangdia

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi yang dikenal dengan rasanya yang gurih. Nasi uduk biasanya disajikan bersama berbagai lauk seperti potongan telur dadar, ayam, atau serundeng. Di Gondangdia, kamu bisa menemukan nasi uduk yang lezat. Kuliner Jakarta ini terletak di di Jalan Cikini IV No 12.

Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan termasuk bakso yang terkenal di Jakarta. Cabang bakso ini juga sudah ada di beberapa daerah. Ada beragam varian bakso yang tersedia mulai dari bakso urat, bakso keju, bakso pedas, bakso mozarella, atau bakso wagyu. Tak cuma bakso, kamu juga bisa menemukan menu lain seperti mie yamin, mie ayam, dan nadi goreng.

8 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Pondok Djaja

Pondok Djaja merupakan salah satu rumah makan Padang pertama di Jakarta. Menu favorit di rumah makan ini adalah ayam gulai dengan bumbu yang sangat nikmat. Pondok Djaja berlokasi di Jalan Hasim Ashari No 13, Gambir.

Warung Mbah Jingkrak

Warung Mbah Jingkrak Setiabudi atau juga dikenal dengan MJS menyajikan masakan khas Jawa. Warung ini berkonsep Jawa mulai dari menu, interior, properti, hingga seragam para pelayanannya. Di warung ini juga ada sejumlah menu masakan Jawa yang telah dimodifikasi seperti ayam rambut setan, teri buto ijo, udang gaul, ayam setan, sampai sambal demit.

Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy merupakan kuliner malam di Jakarta yang sangat populer. Di sini kamu tak hanya bisa makan menu favorit roti bakar aneka rasa yang hangat dengan harga murah. Tempat Roti Bakar Eddy juga cocok untuk nongkrong. Roti Bakar Eddy yang terletak di Jalan Raden Patah No 11.

9 dari 9 halaman

Kuliner Jakarta Populer dan Legendaris

Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie termasuk destinasi kuliner Jakarta yang murah meriah. Kuliner Jakarta legendaris ini terletak di kawasan Glodok dengan interior klasik yang tetap dipertahankan. Kedai kopi dan teh ini bahkan sudah berumur nyaris seabad, lho.

Restoran Trio

Restoran Trio teletak di Jalan R.P. Soeroso No 29A. Restoran satu ini memiliki lebih dari 20 menu makanan Chinnese food yang tak diragukan lagi kelezatannya. Menu favorit di Restoran Trio ini adalah Babi Hong.