Sukses

Pastikan Rumah Aman Ketika Ditinggal Liburan

Sebelum liburan, pastikan bahwa rumah tetap aman selama kamu staycation ya.

Liputan6.com, Jakarta Minggu ini terdapat ‘hari kejepit’ yang bisa dimanfaatkan untuk liburan. Tak perlu liburan jauh-jauh, mengingat saat ini masih pandemi. Kamu bisa liburan staycation bersama keluarga di hotel atau penginapan favorit.

Namun sebelum itu, perlu dipastikan bahwa rumah tetap aman selama kamu staycation ya. Berikut tips untuk menjaga keamanan rumah selama staycation.

Informasikan ke pihak keamanan

Sebelum berangkat staycation bersama keluarga, kamu perlu memberitahukan kepada pihak keamanan setempat, seperti sekuriti komplek rumah. Beri tahu bahwa kamu dan keluarga pergi untuk liburan sementara. Sampaikan pula untuk selalu menjaga rumah selama kamu tidak ada.

Informasikan ke tetangga

Tetangga merupakan ‘saudara’ paling dekat dengan kita. Jika ada butuh bantuan, tentangga adalah orang pertama yang bisa diminta pertolongan. Maka dari itu, sampaikanlah bahwa kamu dan keluarga ingin staycation beberapa hari dan mohon bantu menjaga rumah selama kamu tidak ada.

Kalau memang sangat dekat, kamu juga bisa menitipkan kunci rumah dengan mereka. Jadi, sewaktu-waktu ada masalah atau kejadian pada rumah, mereka bisa akses rumah dengan mudah.

Cabut listrik

Keamanan tak melulu tentang maling atau orang tak dikenal masuk kerumah tetapi juga menyangkut keamanan di dalam rumah itu sendiri, seperti listrik. Saat kamu tinggalkan rumah untuk staycation, alangkah baiknya mencabut semua listrik yang tak terpakai. Hal itu mencegah terjadinya korsleting listrik ketika kamu dan keluarga staycation.

Pastikan semua terkunci

Kita mungkin tenang jika ada pihak keamanan yang menjaga rumah kita, namun hal itu belum cukup. Untuk memberikan rasa aman, alangkah baiknya kamu mengunci semua pintu dan jendela rumah.

Pasang CCTV

CCTV merupakan cara untuk memberikan keamanan di rumah. Dengan CCTV kamu mengetahui situasi rumah selama kamu tinggalkan liburan. Dengan teknologi saat ini, CCTV bisa diakses melalui smartphone. Jadi selama kamu pergi, kamu masih bisa melihat situasi rumah melalui gadget.

Pasang alarm

Di zaman yang serba canggih ini, alarm memiliki banyak manfaat. Ada alarm rumah yang bisa berbunyi ketika rumah dijebol oleh orang tak dikenal. Atau alarm bisa menyala ketika mendeteksi sensor gerak di rumah. lebih aman kan!

Nah, untuk mencari alarm rumah, kamu bisa cek langsung di paltform jual beli atau e-commerce terpercaya. Pilih pula situs jual beli yang memiliki opsi pembayaran yang lengkap. Jadi, kamu tak perlu repot-repot untuk masalah pembayaran.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini