Sukses

30 Tempat Wisata di Bandung Populer, dari Kota, Pegunungan, Sampai Belanja

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bandung punya banyak pilihan. Bandung sebagai ibu kota Jawa Barat menawarkan destinasi wisata menarik. Mulai dari kemegahan kota, sejuknya alam, hingga meriahnya belanja, membuat tempat wisata di Bandung tak permah sepi pengunjung.

Tempat wisata di Bandung tersebar di kawasan kota dan kabupaten. Tempat wisata di Bandung ini juga menjadi destinasi favorit untuk liburan. Beragam tempat wisata di Bandung ini juga dapat dengan mudah dijangkau.

Jika kamu sedang merencanakan mengunjungi kota Kembang ini, tak ada salahnya menilik tempat wisata di Bandung. Berikut 30 tempat wisata di Bandung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(9/3/2021).

2 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: kemegahan kota

Alun-alun Bandung

Pergi ke Bandung tak lengkap jika tak singgah di alun-alunnya. Alun-alun Bandung telah menjadi tempat wisata di Bandung yang populer. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuatnya lebih ramah akan pengunjung.

Gedung Sate

Siapa yang tak kenal gedung ikonik ini. Gedung Sate menjadi tempat wisata Bandung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. aman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto dan menikmati kota Bandung.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung tempo dulu. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Jalan Asia Afrika

Tak jauh dari Jalan Braga, kamu bisa menuju ke Jalan Asia Afrika yang juga masih memiliki suasana tempo dulu. Jalan Asia Afrika termasuk jalan bersejarah di mana terdapat Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat Konferensi Asia–Afrika pada 18 April-24 April 1955. Di sepanjang jalan ini terdapat bangunan-bangunan lama yang masih dipertahankan arsitekturnya.

3 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Taman

Taman Film

Taman ini berada di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Taman Film memiliki konsep bioskop terbuka yang modern agar warga dapat beraktivitas di taman dan mendapat sarana menonton film secara gratis. Taman Film dikelola Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung.

Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung berlokasi di belakang Balai Kota Bandung, kompleks Pemerintahan Kota Bandung. Taman ini baru diresmikan pada tahun 2017 oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Taman Sejarah Bandung berisi informasi tentang sejarah kota Bandung. Terdapat juga gambar profip para pemimpin kota Bandung dari masa ke masa.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani termasuk tempat wisata Bandung dengan konsep edukasi yang tepat untuk liburan anak. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai konsep lalu lintas berupa simulasi dan berbagai rambunya. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini berada di Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.

4 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Belanja

Jalan Dago

Jalan Dago menjadi tujuan wisatawan untuk belanja dan nongkrong. Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas termasuk salah satu ikon wisata di Bandung. Jalan Cihampelas menjadi destinasi menarik untuk berbelanja. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan kaos, baju, sepatu, dan pernak pernik khas bandung. Terdapat juga pusat oleh-oleh khas Bandung untuk para wisatawan.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai tempat wisata belanja berisi pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri.

5 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Edukasi

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk tempat wisata di Bandung pilihan keluarga. Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi. Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia.

6 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Wisata keluarga

Kebun Begonia

Kebun Begonia memiliki ragam bunga yang begitu memanjakan mata. Kebun Begonia berlokasi di Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Terdapa bunga Balinea, sejenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu ada pula jenis bunga lain seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia.

Orchid Forest

Orchid Forest Cikole berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan hutan sejuk dengan bunga anggrek berbagai jenis. Orchid Forest mengusung konsep eco tourism, sport tourism, dan edu tourism. Selain melihat keindahan anggrek, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus, Rabbit House, Wood Bridge, Garden of Light, dan masih banyak lagi.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai wisata kekinian di kawasan Maribaya, Bandung. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable. Wahana ini menjadi tempat foto yang paling banyak diminati dengan beragam bentuk seperti balon udara, zip bike, sky swing dan masih banyak lagi.

Maribaya Nature Hot Spring Resort

Tempat ini cukup populer bagi warga Bandung yang ingin merasakan sensasi pemandian air panas. Lokasi pemandian ini sudah lama ada dan direnovasi kembali pada 2015 silam dengan konsep yang lebih modern namun tetap natural. Di sini pengunjung bisa merasakan berendam di air panas dengan kandungan belerang alami. Dipercaya air di pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

The Farmhouse

Tempat wisata di Bandung ini menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Suasana pegunungan yang segar menjadi daya tarik di kawasan ini. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang merupakan tempat wisata di Bandung Barat populer untuk keluarga. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko.

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan. Selain pasar apung, pengunjung juga bisa mencoba wahana seperti memberi makan angsa atau ikan, panen sayur organik, memetik stroberi, ATV, menyewa perahu kano, perahu dayung dan sepeda air.

7 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Pegunungan

Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan legenda Sangkuriang. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan kawah vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu. Terdapat tiga kawah di kawasan ini yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di sini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

Puncak Bintang

Puncak Bintang terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut. Di sini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang menjulang tinggi dan panorama pegunungan yang sejuk dan asri. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari dengan panorama pegunungan dan gemerlap lampu kota Bandung yang indah.

Kawasan Punclut

Puncak Ciumbuleuit atau yang juga dikenal dengan Punclut merupakan salah satu tempat wisata Bandung Utara yang patut dikunjungi. Tak jauh dari pusat kota, kamu dapat menyaksikan indahnya Kota Bandung dari ketinggian. Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi dan selalu indah baik siang atau malam hari.

Dago Pakar

Dago Pakar merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang terletak di Desa Cibural, Kecamatan Cicadas, Bandung. Dago pakar merupakan kawasan hutan hutan lindung yang menjadi paru-paru kota Bandung. Di sini tumbuh menjulang pohon pinus, pohon bambu, dan tanaman lainnya. Selain panorama alamnya yang menyejukkan, di kawasan ini juga terdapat gua Belanda dan gua Jepang yang bersejarah.

 

8 dari 8 halaman

Tempat wisata di Bandung: Air terjun

Curug Dago

Curug Dago berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Curug ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik dari tempat wisata bandung utara ini adalah adanya prasasti peninggalan kerajaan Thailand. Di kawasan curug ini terdapat dua prasasti yang menandai kedatangan dua raja dari Thailand pada 1902 silam.

Curug Maribaya

Curug Maribaya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

Curug Omas

Curug Omas merupakan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Curug ini juga merupakan titik pertemuan antara dua sungai Cikawari dan sungai Cigulun yang menjadi satu aliran yang disebut sungai Cikapundung Hulu. Curug Omas Maribaya berada satu lokasi dengan Taman Hutan Raya Juanda.

Curug Malela

Curug Malela berada di di Kampung Manglid, Kecamatan Rongga, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan lebar kurang lebih 50 meter. Rangkaian air terjun ini membentang hingga 1 kilometer menjadikannya Niagara Mini di Bandung Barat.