Sukses

12 Makanan Khas Jambi yang Terkenal Lezat dan Wajib Dicicipi

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Jambi bisa menjadi alternatif wisata saat kamu liburan. Beberapa wisata kuliner khas Jambi seperti tempoyak dan gulai ikan patin mungkin sudah sering kamu dengar karena rasanya yang begitu menggugah selera.  

Jambi merupakan salah satu kota yang memiliki kebudayaan Melayu yang cukup kental dengan ikon Sungai Batanghari yang terkenal. Jambi memiliki potensi wisata yang sudah cukup berkembang. Tidak terkecuali wisata kulinernya.

Makanan khas Jambi terdiri dari makanan berat hingga kue khas yang unik. Kebanyakan makanan berat sebagai kuliner Jambi ini terbuat dari bahan ikan, terutama ikan air tawar. Makanan khas Jambi seperti tempoyak, gulai ikan patin, gulai tepek ikan, hingga kerutup ikan, memiliki bahan utama ikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/3/2021) tentang makanan khas Jambi.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Jambi Berbahan Dasar Ikan

Tempoyak

Makanan khas Jambi yang sudah terkenal dan wajib kamu coba adalah tempoyak. Tempoyak ini terbuat dari fermentasi dari buah durian. Biasanya tempoyak dibuat dengan campuran ikan segar yang berasal dari Sungai Batanghari. Cita rasa dari tempoyak ini sangat nikmat. Bagaimana tidak, kamu bisa merasakan asam dengan aroma durian bergabung dalam satu sajian.

Gulai Ikan Patin

Kelihatannya mirip dengan gulai tepek ikan, namun makanan khas Jambi yang satu ini ternyata berbeda. Gulai ikan patin ini dimasak dengan menggunakan tempoyak sebagai bumbu utamanya. Sehingga membuat cita rasa gulai ikan ini berbeda dari yang lain. Gulai ikan patin ini juga wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Jambi.

Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi ini berbahan dasar ikan Gabus. Sajian ini dimasak dengan digulai. Biasanya gulai tepek ikan ini dihidangkan saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, acara adat, ataupun saat menyambut tamu istimewa. Kalau kamu ke Jambi, carilah momen yang tepat agar dapat menikmati makanan khas Jambi ini.

Kerutup Ikan

Makanan khas Jambi memang dominan menggunakan ikan air tawar sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah kerutup ikan. Kerutup ikan adalah olahan ikan air tawar seperti gurame, nila, dan ikan mas. Makana khas Jambi ini diberi bumbu khusus kemudian digoreng bersama daun kunyit untuk memberikan aroma khas. Selain enak di lidah, hidangan ini juga kaya akan nutrisi yang sehat untuk tubuh.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Jambi Lainnya

Nasi Gemuk

Nasi Gemuk ini mirip dengan nasi lemak yang ada di Malaysia dan Singapura. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi ini sama dengan nasi uduk pada umumnya seperti beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk.

Namun yang membedakan makanan khas Jambi ini dengan nasi uduk lainnya adalah pelengkapnya. Pada nasi gemuk, pelengkapnya ditambah dengan telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng, dan sambal.

Daging Masak Itam

Daging masak itam merupakan salah satu makanan khas Jambi yang merupakan olahan daging sebagai lauk. Daging masak itam memiliki rasa manis dan gurih serta berkuah hitam pekat.

Sekilas hindangan ini mirip dengan semur, tetapi daging masak itam kuahnya lebih kental dibandingkan semur. Daging diolah sampai bumbu meresap dan bertekstur empuk. Daging masak itam bisa jadi opsi wisata kuliner bagi penyuka daging.

Gulai Terjun

Gulai terjun merupakan makanan khas Jambi berbahan dasar daging yang menjadi makanan sehari-hari. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, kerbau, atau kambing. Daging yang diolah menjadi nantinya akan dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari santan.

Kuah gulai terjun tidak dibuat kental alias encer. Gulai ini juga biasanya disajikan dengan umbut kelapa.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Jambi dengan Aneka Kue

Kue Kubang Boyo

Jambi juga mmeiliki makanan ringan dengan ciri khasnya tersendiri. Kamu bisa mencoba kue yang memiliki nama lain beraneka ragam, yaitu Pak Ipuk, Kubang Buaya, anak buaya atau buaya berenang. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi pasta dengan isian menggunakan gula merah dan kelapa parut. Menjadi makin nikmat, kue ini dilumuri santan. Penyajian kue ini biasanya diletakkan di wadah kecil.

Kue Gandus

Makanan khas Jambi lainnya masih datang dari makanan ringan. Kue Gandus ini terbuat dari tepung beras, santan, dan sagu. Uniknya, kue ini disajikan dengan ditaburi ebi, daging ayam, ataupun abon.

Kue Burgo

Ini merupakan makanan khas Jambi yang cukup unik. Ya, kue basah khas Jambi ini disajikan dengan kuah. Kuah dari kue burgo ini terbuat dari kaldu ikan dan udang yang membuat rasanya menjadi gurih. Kue burgo ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu tani. Saat kamu menyantap kue ini, maka akan mendapatkan cita rasa gurih ditambah dengan kenyalnya kue.

Kue Padamaran

Kue Padamaran merupakan jajanan khas Jambi yang sangat banyak peminatnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, ekstrak air daun suji, dan gula aren. Penyajian pada kue ini juga unik, yaitu diletakkan dalam wadah yang terbuat dari daun pandan.

Jus Pinang

Setelah beraneka ragam sajian makanan khas Jambi, kamu juga perlu mencoba minuman khas yang ada di daerah ini. Jus pinang yang merupakan minuman khas Jambi yang benar-benar murni terbuat dari buah pinang.

Namun dalam pembuatan ada beberapa bahan lain yang dicampurkan seperti jahe, gula merah, pandan, cengkeh, serai, dan kulit manis. Jud pinang ini dipercaya dapat mengobato masik angina dan memlihara daya tahan tubuh.