Sukses

22 Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi, Memanjakan Mata

Liputan6.com, Jakarta Kota Semarang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah yang tempat wisatanya tak pernah lekang oleh waktu. Monumen dan tempat-tempat bersejarah wisata Semarang wajib banget dikunjungi.

Wisata Semarang populer dengan kultur China, India, Eropa, dan Arab Saudi. Selain itu, kota Semarang pun punya daerah pesisir pantai sampai pegungan. Menarik dijelajahi dari pagi hingga malam hari, selalu asyik. 

Memang benar bila Semarang termasuk kota metropolitan. Akan tetapi, keberadaan wisata Semaranglah yang membuatnya nampak demikian. Banyak wisatawan hilir mudik berdatangan, saking nagihnya.

Berikut Liputan6.com ulas wisata semarang yang wajib dikunjungi dari berbagai sumber, Selasa (9/3/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Kota Lama

Ada beberapa spot sejarah menarik di sekitar Kota Lama yang dulu menjadi pusat ekonomi Semarang itu. Wisata Semarang ini menjadi destinasi yang menarik. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial.

Tak hanya siang hari, wisata Semarang ini juga menarik untuk dikunjungi pada malam hari. Di sini Anda bisa menikmati kemegahan arsitektur ala Eropa di malam hari. Bahkan wisata Kota Lama Semarang kerap disebut sebagai "Little Netherland".

Meski sudah berusia 200 hingga 300 tahun, bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang tetap berdiri kokoh dan megah. Di kawasan wisata Kota Lama Semarang Anda dapat menemukan destinasi menarik seperti taman, gedung bersejarah, dan kafe.

Banjir Kanal Barat

Kawasan Banjir Kanal Barat kini menjadi daya tarik baru wisata Semarang. Banjir Kanal Barat merupakan sungai yang direvitalisasi menjadi ramah pengunjung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya Bridge Fountain.

Kawasan Banjir Kanal Barat (BKB) terus dipercantik hingga menarik pengunjung. Pada malam hari Bridge Fountain menampilkan warna-warni lampu yang seperti air mancur. Jembatan ini jadi tak kalah menarik dari Jembatan Banpo di Korea Selatan.

Di sini warga bisa menyusuri sepanjang sungai ditemani lampu-lampu temaram menenangkan. Di kawasan ini juga sering diadakan agenda rutin seperti festival lampion dan peraghu hias. Wisata Semarang malam hari ini sangat cocok untuk menghabiskan malam di Kota Semarang.

Kampung Batik

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki ragam budaya dan sejarah panjang. Namun nyatanya sebagian generasi zaman now kurang paham dengan history dari Semarang ini.

Tapi tenang, sekarang kamu bisa mulai mempelajari beberapa sejarah Semarang di wisata Semarang yang berada di Kelurahan Rejomulyo. Di kawasan tersebut, terdapat lukisan mural sepanjang 46 meter yang menceritakan sejarah berdirinya Kota Semarang.

Selain bisa belajar sejarah, kamu juga bisa berbelanja barang-barang bertemakan batik. Mulai dari kain, baju, tas, sepatu, hingga aksesori motif batik Semarang. Namanya juga Kampung Batik, pasti jadi surganya batik!

Goa Kreo

Wisata yang satu ini terletak di  Jl Raya Goa Kreo, Kandri, Gn Pati, Semarang. Wisata Semarang ini terbentuk dari alam yang terletak di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Kamu bisa melihat patung kera dekat dengan jembatan, karena tempat ini dipercaya kera sebagi penunggunya.

Jadi kamu juga jangan kaget ketika di perjalanan menemui kera-kera asli. Selain terdapat jembatan yang tentunya kamu bisa jadikan menjadi salah satu spot foto yang keren, di sini kamu juga bisa sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo.

3 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Lawang Sewu

Destinasi wisata Kota Semarang yang sudah sangat populer dan merupakan salah satu landmark adalah Lawang Sewu. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda yang unik karena memiliki pintu sangat banyak.

Selain fungsi vital Lawang Sewu sebagai sebuah kantor administrasi, terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi khusus. Penjara bawah tanah dan ruang penyiksaan pernah menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Belanda sebelum Indonesia mengikrarkan kemerdekaan.

Wisata Semarang ini bangunannya kuno nan megah, ditambah adanya ruangan-ruangan tambahan, tak jarang masyarakat menganggap Lawang Sewu penuh dengan kesan mistis. Namun demikian, pengunjung lokal maupun luar Semarang seperti tak pernah ada habisnya datang mengunjungi tempat bersejarah ini di berbagai kesempatan.

Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat berkumpulnya anak muda maupun keluarga bagi masyarakat Semarang. Kawasan ini menjadi salah satu ikon Kota Semarang yang bisa kamu jadikan destinasi wisata mu.

Tugu Muda tepat berada di depan Lawang Sewu, sehingga kamu bisa berfoto sepuasnya di spot ini. Namun, kamu perlu berhati-hati karena letaknya dekat dengan jalan raya. Jangan sampai kamu mengganggu lalu lintas.

Kampung Pelangi

Bukan hanya Malang yang memiliki kampung pelangi, Jodipannya. Wisata Semarang juga memiliki Kampung Pelangi yang terletak di Dusun Wonosari dan tidak jauh dari Lawang Sewu.

Ketika kamu berkunjung ke Kampung Pelangi, dari jauh sudah terlihat warna-warni rumah yang memiliki cat berwarna-warni dengan berbagai gambar dan tulisan yang menarik.

Kampung Pelangi di Semarang ini terbilang baru, karena dulunya kampung ini adalah deretan perkampungan kumuh. Bagi kamu yang suka fotografi, wisata Semarang yang satu ini wajib banget dikunjungi.

Pantai Marina

Salah satu panorama alam yang ada di wisata Semarang, menyuguhkan pantai di Jalan Yos Sudarso. Pantai ini dibuka untuk umum dan kamu bisa berlibur di tempat ini hanya dengan Rp 5 ribu saja.

Selain bisa bermain air, kamu juga memancing dan bisa berkeliling dengan perahu kalau ingin melihat sekitar. Pada hari libur, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

4 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Masjid Agung

Selain destinasi wisata alam, di Semarang kamu juga bisa menikmati wisata religi dengan mengunjungi Masjid Agung. Masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari ini memiliki keindahan luar biasa.

Keindahan yang ditawarkan berupa gedungnya yang mirip dengan Masjidil Haram di Mekkah. Menggunakan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma, Arab dan memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri.

Biasanya payung di wisata Semarang ini akan dibuka ketika sholat Jumat berlangsung. Selain itu, di menaranya terdapat tulisan yang berlafazkan Asmaul Husna.

Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada juga bangunan tua yang terkenal di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Wisata Semarang yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur serta interior yang juga bisa dimanfaatkan untuk berfoto. 

Kelenteng Sam Poo Kong

Destinasi berikutnya merupakan bukti peninggalan dan perkembangan budaya Tiongkok di Indonesia. Wisata Semarang ini punya kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan sejumlah lampion bergantungan di beberapa sisi kelenteng. 

Meski memiliki fungsi sebagai tempat peribadatan, Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan. Kamu pun dapat berburu gambar di seputar kelenteng atau mencoba pakaian khas Tiongkok yang disewakan di sana.

5 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Kompleks Pecinan

Kompleks Pecinan atau warga lokal biasa menyebutnya kawasan Gang Baru. Wisata Semarang ini menyajikan pemandangan dan suasana khas Tionghoa di tengah Kota Semarang.

Selain suasana khas seperti di China, di Kompleks Pecinan ini juga dapat melihat beberapa klenteng tua.

Masing-masing kelenteng memiliki nilai sejarahnya masing-masing. Jadi, selain berwisata kamu juga bisa belajar sejarah dan beribadah jika kamu umat Konghucu.

Vihara Buddhagaya

Wisata Semarang yang religi lainnya ada Vihara Buddhagaya Watugong. Di sini terdapat dua bangunan utama yang paling terkenal, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Pasar Semawis

Tak hanya keindahan kota dan alam yang dapat dinikmati di malam hari, di wisata Semarang penggunjung juga bisa menikmati ragam kuliner di Pasar Semawis. Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah.

Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yang menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Di wisata Semarang malam hari ini Anda dapat menemukan makanan khas Tioghoa dan makanan lainnya.

Contemporary Art Gallery

Sebelumnya, wisata Semarang ini merupakan bangunan tua yang tak terawat di kawasan Kota Lama Semarang. Hingga kemudian pada tahun 2007, seorang kolektor seni bernama Chris Dharmawan melakukan pemugaran dan resmi memperkenalkannya dengan nama Contemporary Art Gallery atau Semarang Gallery.

Di wisata Semarang ini, kamu bisa berwisata sekaligus melihat galeri-galeri yang syarat akan nilai seni. Menurut sang pemilik, tujuan didirikannya Contemporary Art Gallery ini adalah untuk menjadi media yang memperkenalkan karya-karya perupa kontemporer Asia, khususnya perupa-perupa Indonesia.

6 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Hutan Wisata Penggaron

Hutan Wisata Penggaron salah satu destinasi wisata Semarang yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Desa Susuka, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Semarang.

Di sini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti outbond, olahraga, dan latihan SAR hingga pramuka. Terlebih saat akhir pekan, kamu akan menemukan banyak tenda yang terpasang di sepanjang jalan hutan.

Hutan Mangrove Pantai Maron

Destinasi wisata Semarang selanjutnya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Tempat wisata ini cocok dikunjung bersama keluarga di akhir pekan.

Hutan mangrove ini juga cocok buat kamu yang suka berswafoto. Pasalnya wisata Semarang ini memiliki spot foto yang keren dan tentunya Instagramable.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata alam satu ini.

Umbul Sidomukti

Destinasi wisata Semarang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Umbul Sidomukti. Wisata alam ini menawarkan wisata alam pegunungan dengan adanya kolam yang jernih.

Selain berenang dan menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu bisa mencoba wahana yang menantang adrenalinmu dengan mencoba bermain outbond.

Matahari terbit maupun terbenam, sangat indah disaksikan dari bukit yang sudah dirusak atas nama pembangunan ini

7 dari 7 halaman

Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Brown Canyon

Kamu pasti sudah enggak asing dengan wisata Semarang indah di Grand Canyon Amerika? Nah, destinasi mirip seperti itu kini bisa kamu lihat dari dekat tanpa perlu ke Amerika.

Pasalnya Indonesia kini juga memiliki wisata alam yang tidak kalah dengan Grand Canyon. Brown Canyon merupakan bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang.

Dikarenakan sudah tidak digunakan lagi, kini bekas penambangan banyak terdapat bukit-bukit yang menjulang tinggi dengan tumbuhan hijau di atasnya. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke sini untuk berwisata dan berswafoto.

Kebun Durian dan Watu Simbar

Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar merupakan salah satu wisata Semarang yang wajib dikunjungi apabila kamu suka durian. Kebun ini terletak di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati.

Selain bisa berlibur dan berwisata, di sini juga menyuguhkan edukasi mengenai berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam. Tidak perlu cemas, kamu bisa menikmati lebih dari 50 jenis durian langsung dari pohonnya. 

Museum Kereta Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu wisata Semarang edukasi dan sejarah yang wajib dikunjungi. Dulunya, stasiun ini merupakan tempat singgah dari kereta uap yang mengangkut para tentara Belanda ke Semarang.

Sejak 8 April 1976, tempat ini beralih fungsi menjadi sebuah museum dengan koleksi awal 21 lokomotif. Kini pengunjung dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta uap kuno berusia ratusan tahun atau kereta diesel yang sedikit lebih modern.

Terdapat dua rute perjalanan yang dapat kamu pilih, pertama rute Ambarawa menuju Tuntang yang menyajikan pemandangan gunung dan juga Rawa Pening. Sementara rute kedua yang melintasi Ambarawa dan Bedono bakal menyajikan lintasan berbukit dengan latar gunung Ungaran dan Merbabu.