Sukses

8 Wisata Malang Wajib Kamu Singgahi, Jangan Lewatkan Negeri di Atas Awan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Malang memang tak pernah bosan memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke sana. Mulai dari wisata alamnya yang menyegarkan mata dan pikiran sampai wisata keluarga dan kenikmatan kulinernya yang bikin ketagihan. Kota yang terletak di Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Sekaligus kota terbesar ke-12 di Indonesia.

Kalau Bandung punya julukan Parijs Van Java, Malang juga punya julukan Paris of East Java. Sama halnya dengan Bandung, julukan Paris of East Java juga diberikan oleh kompeni Belanda pada zaman dahulu. Hal ini karena Malang memiliki hawa yang sejuk, serta keindahan alam yang mampu memikat wisatawan.

Potensi wisata malang yang menawan memang luar biasa. Banyaknya destinasi wisata dan kenikmatan kulinernya membuat kota ini menjadi penuh kenangan. Tak hanya sekali, wisatawan bahkan sampai ketagihan untuk berwisata di Malang dan sekitarnya.

Berikut wisata Malang yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/3/2021).

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Malang Wajib Kamu Singgahi

Desa Wisata Ngadas Malang “Negeri di Atas Awan”

Wisata Malang yang pertama yaitu Desa Wisata Ngadas yang berada di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Berada dalam area teritorial Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) Desa Ngadas memiliki ketinggian 2.150 meter di atas permukaan laut. Karena itulah, desa ini dijuluki negeri di atas awan.

Desa Ngadas satu-satunya desa di Malang yang dihuni oleh suku Tengger. Desa ini memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Ranupane, Coban Trisula, hingga petik apel. Wisatawan yang datang dijamin tak akan menyesal. Pemandangan alam yang sungguh indah, udara yang sejuk, suasana pedesaan yang tenang, spot foto yang melimpah, warga yang ramah, budaya yang masih lekat adalah sebagian hal yang akan dirasakan.

 

Pantai Balekambang “Tanah Lot-nya Jawa Timur”

Wisata malang yang satu ini akan mengingatkan kita pada bentuk salah satu pantai yang ada di Pulau Dewata. Pantai Balekambang disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. Keberadaan pura yang terletak di tengah laut membuatnya memiliki kemiripan dengan Pantai Tanah Lot. Pura yang megah itu terletak di Pulau Ismoyo.

Tidak perlu khawatir, wisatawan dapat menuju ke pura ini dengan mudah karena adanya sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai dengan pura. Tapi perlu diingat bahwa wanita yang sedang datang bulan dilarang memasuki kawasan pura, karena pura ini dianggap sebagai tempat suci yang digunakan ibadah umat Hindu. Selain Pulau Ismoyo, Pantai Balekambang juga memiliki 2 pulau lainnya, yaitu Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Malang Wajib Kamu Singgahi

Omah Kayu

Daya tarik utama pengunjung di Omah Kayu adalah dapat menyaksikan Kota Batu dari ketinggian. Omah Kayu merupakan wisata alam berupa penginapan rumah kayu yang berada di atas pohon. Terletak 1.340 meter di atas permukaan laut, pesona malam hari di Omah Kayu pun tak kalah cantik dengan pendar-pendar cahaya kota yang indah.

Kombinasi wisata alam dan sentuhan modern dapat ditemukan di sini. Berbagai rumah pohon yang dibangun di tempat tinggi menjadikan wisatawan bisa melihat pemandangan gunung yang indah. Omah Kayu menjadi lokasi wisata yang diincar oleh muda mudi karena menghadirkan banyak titik foto yang bagus.

 

Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu Gunung Bromo? Gunung Bromo menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi terutama bagi pecinta alam dan kaum backpacker. Gunung yang terletak di Kabupaten Malang ini ramai dikunjungi wisatawan untuk berjalan menuju puncak. Saat pagi ada lebih banyak wisatawan menuju puncak untuk melihat matahari terbit.

Di lereng Gunung Bromo terdapat hamparan pasir. Di tempat ini wisatawan bisa berjalan-jalan atau menyewa kuda untuk ditunggangi. Tidak jarang ada wisatawan yang melakukan kegiatan olahraga di sini.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Malang Wajib Kamu Singgahi

Gua Pinus

Kapan lagi bisa melihat dan berpose di gua yang berada di antara rimbunnya hutan pinus. Lokasi Gua Pinus berada di Jalan Brigjend Abd. Manan Wijaya, Bumiaji, Batu. Mulai dari gardu pandang, hingga aneka spot foto menarik bisa kamu temukan di sini. Tak hanya itu, pemandangan Gunung Arjuno juga bisa kamu lihat jelas di sini.

Gua Pinus tidak terlalu tinggi yakni hanya sekitar 1 meter. Sama seperti gua lainnya, Gua Pinus diisi dengan stalaknit dan stalaktit, sehingga perlu membungkuk saat memasukinya.

 

Jatim Park

Jatim Park merupakan salah satu tempat wisata Malang yang cocok untuk keluarga. Saat musim liburan, banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk berkunjung ke sini. Terdapat lebih dari 30 wahana yang dapat dicoba. Harga tiket masuk yang dipatok bervariasi, tergantung paket yang dipilih.

Jatim Park dibagi menjadi tiga. Jatim Park 1 merupakan tempat hiburan yang hampir sama dengan DUFAN. Di sini banyak sekali spot foto yang yang bisa diabadikan dengan indah. Jatim Park 2 memiliki konsep kebun binatang. Terdapat Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan juga Pohon Inn Hotel yang bisa kamu kunjungi. Sedangkan Jatim Park 3 mengusung konsep dinosaurus yang mengagumkan. Terdapat banyak wahana seperti, Dino Park, Fun Tech, Galeri Musik, 6D Cinema, Infinite World, XD, Jurassic Action, House of Zombie, Virtual Arena, Dino Bazaar, dan Sniper Zone.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Malang Wajib Kamu Singgahi

Museum Kesehatan Jiwa

Wisata Malang yang berbasis sejarah salah satunya adalah Museum Kesehatan Jiwa. Di museum ini, mau bisa menyaksikan berbagai alat terapi sakit jiwa yang penggunaannya dibenarkan oleh pemerintah maupun tidak. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan koleksi foto para Menteri Kesehatan sejak era Bung Karno hingga saat ini, koleksi straight jacket, dan berbagai lukisan abstrak karya pasien RSJ.

Alat-alat yang dipajang kurang lebih 700 jumlahnya. Hal ini dikarenakan tempatnya yang masih belum memungkinkan untuk memajang semua koleksi. Namun sangat disayangkan, wisata edukasi ini cukup sepi dibanding wisata edukasi lainnya.

 

Rumah Hobbit

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Selandia Baru buat foto di Rumah Hobbit. Karena di kawasan Batu Flower Garden juga ada spot Rumah Hobbit. Penggemar film Lord of the Rings atau The Hobbit tentu tak boleh melewatkan wisata yang satu ini. Dibangun berundak di kawasan bebukitan hijau, Rumah Hobbit dibangun dengan beragam warna, seperti merah muda, biru, dan kuning.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain dengan kelinci di Taman Kelinci yang lokasinya berdekatan dengan Rumah Hobbit. Dan jika sudah puas bermain dan berfoto, kamu bisa mengisi perut dengan mengunjungi Kampong Cafe. Aneka kuliner yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari masakan lokal hingga mancanegara.