Sukses

30 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai, Tak Kalah Eksotis

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bali cukup identik dengan keeksotisan pantainya. Bagaimana tidak, pulau satu ini punya lebih dari seratus pantai dengan pesonanya yang tak tertandingi. Tapi, selain pantai ada banyak tempat wisata di Bali yang juga tak kalah cantik.

Tempat wisata di Bali selain pantai ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang bosan atau ingin suasana baru saat berlibur ke Bali. Ada beragam pilihan tempat wisata di Bali selain pantai, mulai dari belanja, sejarah, air terjun, danau, dan masih banyak lagi. 

Tempat wisata di Bali selain pantai ini tentunya bakal bikin liburanmu lebih berwarna dan seru. Beragamnya tempat wisata di Bali membuat pulai Dewata makin menarik untuk dikunjungi. Berikut 30 tempat wisata di Bali selain pantai, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(10/3/2021).

2 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Air terjun

Air Terjun Kembar Banyumala

Air terjun Banyumala merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali Utara. Di sini kamu bisa menemukan air terjun kembar yang berdekatan. Air Terjun Kembar Banyumala berlokasi di desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng.

Air Terjun Leke-Leke

Air Terjun Leke-Leke berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Lokasi tempat wisata di Bali ini sangat tenang dan rindang dengan kesejukan udara yang dikeluarkan dari pepohonan dengan gemercik suara air yang menghantam batu.

Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo terkenal memiliki jatuhan air yang tenang. Ini karena air yang jatuh, melalui tebing berundak sehingga tidak menciptakan suara gemuruh. Di sekitar air terjun, terdapat sebuah gua yang konon dulunya digunakan pada masa penjajahan.

3 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Desa wisata

Desa Ubud

Desa Ubud merupakan desa wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa yang berada di kabupaten Gianyar ini terkenal akan panorama terasering persawahan dan hutannya yang masih sangat asri. Selain itu, Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang pesat.

Desa Batubulan

Desa Batubulan adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini merupakan kawasan pariwisata dengan pertunjukkan budaya Tari Barongan, Tari Kecak dan Tari Legong.

Kintamani

Kintamani merupakan desa wisata yang terkenal akan suasana pegunungan yang unik dan menakjubkan. Kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Pura

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha berada di sebelah museum Bali, tepat di sebelah timur Lapangan Puputan. Pura Agung Jagatnatha merupakan pura terbesar yang ada di Denpasar. Pura ini dibangun menghadap ke barat ke arah Gunung Agung yang dianggap istana para dewa. Tempat wisata di Bali ini sangat strategis untuk dikunjung para wisatawan.

Pura Sakenan

Pura Sakenan merupakan salah satu pura penting yang ada di Bali. Pura ini berlokasi di JL. Banjar Pemalukan, Peguyangan, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar. Pura Dalem Sakenan termasuk Samudra Kertih, tempat memuja (stana) Sang Hyang Sandhijaya (Tatmajuja) atau Ida Hyang Dewa Biswarna (Baruna) yang berdiri di tepi laut selatan Desa Serangan.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu Pura yang sangat disucikan di Bali. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun berlokasi di Kecamatan Mengwi, Badung, Bali. Taman beserta Pura Taman Ayun merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan Mengwi. Pada tahun 2012 Unesco menetapkan Pura Taman Ayun sebagai bagian dari situs warisan budaya dunia.

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu berlokasi di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura ini terletak di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang terkenal sebagai pantai untuk berselancar.

5 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Danau

Danau Batur

Danau Batur merupakan sebuah danau kawah di Kintamani, Kabupaten Bangli di Bali. Danau ini berada di dalam kaldera gunung berapi aktif, Gunung Batur, terletak di sepanjang, aktivitas vulkanis Cincin Api Pasifik. Danau ini merupakan danau eksotis dengan pemandangan ketinggian yang damai dan sejuk.

Danau Beratan

Danau Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Tempat wisata di Bali ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba. Di pinggir danau Beratan terdapat Pura Ulun danu yang merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali.

Danau Buyan

Tak jauh dari Danau Beratan, ada juga Danau Buyan. Danau ini berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari ketiga danau kembar, Danau Buyan merupakan danau yang paling luas.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Kawasan danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar tempat wisata di Bali ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Taman nasional, ruang publik dan kebun raya

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian paling barat pulau Bali. Di sini terdapat berbagai habitat hutan dan sabana. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

Kebun Raya Bedugul

Tempat wisata di Bali satu ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia. Kini Kebun Raya ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi.

Lapangan Puputan

Lapangan Puputan menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang tak pernah sepi pengunjung. Di sini terdapat fasilitas rekreasi lengkap seperti taman, bangku untuk bersantai, hingga atraksi pertunjukan. Di sekitar Lapangan Puputan juga terdapat destinasi menarik seperti Pura Jagatnatha, Patung Catur Muka, dan Museum Bali.

Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre merupakan pusat budaya dan hiburan terkenal di Bali. Di taman budaya ini terdapat museum karya seni dan kerap diadakan atraksi seni yang siap menghibur wisatawan. Tempat wisata di Bali ini berada di tengah kota Denpasar dan menjadi tempat diselenggarakannya beragam pementasan di Bali.

7 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Lokasi Ikonik dan unik

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana merupakan tempat wisata di Bali yang sangat ikonik. Di sini terdapat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda. Patung GWK mulai digagas pada tahun 1989 dan selesai pembangunannya pada September 2018 lalu. Kini Pengunjung baik lokal maupun mancanegara bisa menikmati kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana secara utuh dan sebagai wisata Bali terbaru.

Sangeh

Sangeh merupakan sebuah desa yang terkenal akan hutan pala yang dihuni ratusan ekor kera. Tempat wisata di Bali ini sangat dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Munduk Asri Ubud

Munduk Asri Ubud berada di Desa Kerta, Payangan, Ubud, Gianyar, Bali. Munduk Asri Ubud memiliki tempat ikonik berupa akar-akar pohon Taep besar yang menjalar ke permukaan. Akar-akar inilah yang menjadi spot foto para pengunjung yang datang. Tak cuma akar pohon, pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang hijau khas Ubud, Bali. Ada pula spot foto seperti sangkar burung buatan, terowongan akar, dan banyak area hijau lainnya.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Sejarah

Bajra Sandhi Renon

Tempat wisata di Bali bertema sejarah yang paling terkenal adalah Bajra Sandhi Renon. Monumen Bajra Sandhi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Monumen ini dibangun untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali ke generasi mendatang.

Museum Bali

Berwisata sejarah di Bali tak lengkap jika tak mengunjungi Museum Bali. Museum Bali menjadi museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Di dalamnya terdapat koleksi peralatan, perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan budaya Bali lainnya. Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar bersebelahan dengan Pura Jagatnatha.

The Soekarno Center

The Soekarno Center berada di Jl. Pejeng Kaja - Tampak Siring No.751, Sanding, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata di Bali menyimpan beragam koleksi presiden pertama Indonesia, Soekarno. Musem ini dibangun oleh perorangan yaitu Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Suyana III.

Kerta Gosa

Taman Kerta Gosa berlokasi di Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasi Kerta Gosa berada di jantung kota Semarapura, Kabupaten Klungkung. Kerta Gosa merupakan kompleks bangunan atau balai pengadilan warisan Keraton Semarapura. Di Kompleks ini setidaknya masih tersisa tiga objek penoinggalan Keraton Semarapura yaitu Bale Kerta Gosa, Bale Kambang dengan kolam Taman Gili, serta Gapura Keraton.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata di Bali: Belanja

Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari berlokasi di Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar. Pasar Kumbasari adalah salah satu pasar terbesar di Denpasar yang menjual beraneka ragam alat seni dan bahan pokok makanan. Pasar ini buka 24 jam. Di malam hari, pasar ini menjual beragam pernak pernik khas Bali. Produk yang dijual di antaranya kerajinan perak, batik Bali, aksesoris dan pernak pernik khas Bali, patung, makanan, hingga lukisan.

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain - lain.

Krisna

Menyoal belanja di Bali, siapa yang tak kenal Krisna. Krisna merupakan pusat oleh-oleh terbesar yang ada di Bali. Krisna Oleh Oleh Bali tersebar di banyak titik di Pulau Bali dan menjadi tujuan para wisatawan untuk mencari oleh-oleh khas Bali.

Joger

Selain Krisna, wisata belanja yang tak kalah populer adalah Joger. Joger menawarkan beragam bentuk oleh-oleh seperti kaos, sandal, mug, dan lainnya dengan kata-kata unik khas Joger. Joger bahkan dijuluki sebagai pabrik kata-kata di Bali.