Sukses

Hemat Listrik Dimulai dari Penggunaan AC, Coba Deh!

Tips hemat penggunaan AC di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Dengan situasi saat ini hemat merupakan solusi agar tetap menjalankan kehidupan. Hidup hemat bisa dimulai dari aktivitas di rumah, penggunaan listrik misalnya. Selain mematikan lampu ketika siang hari, hemat listrik bisa juga dari penggunaan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC). Jika tidak dikelola, biaya listrik bisa saja melonjak. Berikut tips hemat penggunaan AC di rumah.

Jangan gunakan AC saat siang hari

Sering kali seseorang menggunakan AC saat siang hari. Hal itu akan membuat kinerja AC akan bertambah dan membuat lonjakan biaya pada listrik. Alangkah baiknya, menggunakan AC ketika malam hari saja, atau saat tidur.

Jadi, ketika pagi hari kita bisa non aktifkan AC dan beralih menggunakan kipas angin atau memanfaatkan sirkulasi udara yang baik di rumah.

Pengaturan suhu AC

Cara hemat lainnya adalah cermat menggunakan pengaturan AC. Biasanya setiap AC memiliki minimal suhu 16 derajat celcius. Penggunaan suhu tersebut tidak dianjurkan karena akan membuat kinerja AC meningkat dan membuat listrik melonjak. Lebih baiknya menggunakan temperatur suhu dengan kisaran 24 – 27 derajat celcius.

Jangan sering ON/OFF AC

Ketika kamu menyalakan, AC akan bekerja sampai mendapatkan suhu ruangan yang diinginkan. Saat itu pula, watt pada listrik akan naik. Jadi, saat kamu menghidupkan AC lalu mematikannya dengan waktu yang berdekatan, akan membuat watt listrik melonjak. Maka dari itu, piliihlah AC yang low watt dan hemat dalam penggunaannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini