Sukses

Selain Young Lex, 5 Musisi Indonesia Ini Pernah Dituding Lakukan Plagiat Lagu K-Pop

Pihak Lay Zhang Studio pun telah memberikan komentar terkait dugaan adanya tudingan plagiat terhadap video klip Young Lex.

Liputan6.com, Jakarta Young Lex beberapa hari terakhir tengah menjadi sorotan netizen. Pasalnya, dalam video klip terbarunya berjudul Raja Terakhir yang dirilis pada 8 Maret 2021 lalu dituding memiliki kesamaan dengan video klip milik Lay EXO berjudul Liy yang diunggah 1 Juni 2020.

Bahkan, tudingan mengenai adanya plagiat yang dilakukan oleh pihak Young Lex sempat menjadi pemberitaan di media Korea Selatan bahkan China. Adanya dugaan mengenai plagiat dalam video klip Raja Terakhir bahkan menjadi trending topic di media sosial Twitter Indonesia.

Merebaknya soal tudingan plagiat dalam video Klip lagu terbarunya membuat Young Lex mengunggah klarifikasi dalam akun Instagram pribadinya. Young Lex menyebutkan bahwa dirinya hanya bertindak sebagai talent serta pencipta lagu dalam lagu Raja Terakhir.

Pihak Three Kingdoms Hero Legendaris juga memberikan klarifikasi atas adanya dugaan plagiat dalam video klip yang menjadi iklan mereka. Mereka memutuskan menghapus semua video klip dari media sosial dan akan membentuk kelompok untuk mengawasi permasalahan tersebut. Tak hanya itu saja, mereka juga turut meminta maaf terhadap Lay atay Lay Zhang serta agensi dari anggota EXO atas adanya dugaan plagiat yang dilakukan.

Menanggapi hal tersebut, Studio Lay EXO, Lay Zhang Studio turut memberikan balasan melalui kolom komentar akun Instagram milik pembuat game Three Kingdoms: Hero Legendaris. Balasan dari studio Lay ini pun langsung menarik perhatian.

Pasalnya pihak mereka memilih tidak terlalu mempermasalahkan soal kasus plagiat yang dilakukan namun meminta orang-orang untuk menyadari soal menjiplak karya orang lain. Tak hanya itu saja, Lay Zhang Studio justru menawarkan bantuan untuk lebih mempelajari budaya Tiongkok serta membuat konten dengan Chromosome Entertainment, agensi yang didirikan oleh Lay EXo di China.

Bukan hanya Young Lex saja yang pernah mendapat tudingan plagiarisme. Berikut ini beberapa musisi Indonesia yang juga pernah mendapat tudingan lakukan plagiat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (11/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Via Vallen

Penyanyi dangdut Via Vallen juga pernah mendapat tudingan soal plagiarisme dalam video klip Kasih Dengarkanlah Aku. Pasalnya, video tersebut diduga melakukan penjiplakan dengan video musik milik solois Korea Selatan, IU yang berjudul Abouve The Time.

Menanggapi maraknya tudingan tersebut, Via Vallen pun memberikan klarifikasi serta meminta maaf kepada para netizen terutama penggemar dari IU. ia pun memilih untuk menghapus video klipnya dan membuat ulang video musik baru dengan konsep yang berbeda.

3 dari 6 halaman

2. Ayu Ting Ting

Sejak awal kemunculannya, pedangdut Ayu Ting Ting langsung mencuri perhatian publik. Bahkan, dirinya pernah dituding melakukan plagiat dalam video klip Sik Asik karena meniru video klip milik grup Korea Selatan, 2NE1 yang berjudul I'm The Best.

Ayu Ting Ting sendiri yang memang saat itu diketahui menggemari musik Korea Selatan menjelaskan, jika video klip miliknya memang terinspirasi dari 2NE1.

4 dari 6 halaman

3. SMASH

Boy grup Indonesia, SMASH juga pernah mendapatkan tuduhan soal plagiat yang dilakukan dalam video klip lagu Jadi Milikku. Pasalnya, dalam video klip tersebut, pihak SMASH dituduh melakukan plagiat terhadap karya video klip milik NCT yang berjudul Yearbook 2.

Menanggapi hal tersebut pihak manajeman SMASH mengaku jika mereka terinspirasi dari boygrup Korea Selatan tersebut. Namun akhirnya mereka milih untuk mengunggah ulang video klip SMASH dengan konsep baru.

Tak hanya itu saja, tudingan plagiat terhadap SMASH sebelumnya juga pernah mencuri perhatian netizen. Dimana lagu berjudul I Heart You yang dirilis pada 2011 disebut-sebut memiliki kemiripan dengan lagu milik 1TYM berjudul Without You yang dirilis YG Entertainment apda 2003 lalu.

5 dari 6 halaman

4. Cherrybelle

Cherrybelle menjadi salah satu girlgrup Indonesia yang beberapa kali kerap mendapat tudingan soal plagiat lagu. Salah satunya ialah lagu berjudul Best Friend Forever yang sempat mendapat tudingan menjiplak lagu milik SNSD berjudul Kissing You.

Tak hanya itu saja, lagu berjudul Love is You juga sempat disebut memplagiat lagu milik SNSD berjudul Mabinogi (It's Fantastic). Meski begitu, Cherrybelle sendiri selalu menanggapi dengan santai akan tuduhan yang diberikan.

6 dari 6 halaman

5. Reza Arap

Youtuber sekaligus musisi Reza Arap atau Reza Oktovian juga pernah dituding melakukan plagiat dalam lagu King (Of Tale). Pasalnya, lagu tersebut disebut-sebut memiliki kemiripan dengan lagu milik G-Dragon berjudul Bullshit yang dirilis pada 2017 lalu. Hal ini pun membuat nama Reza Arap menjadi perbincangan publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini