Sukses

Paket Wisata Jogja, Jenis, Harga, dan Destinasi Menariknya

Paket wisata Jogja bisa jadi pilihan tepat untuk berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Jogja bisa jadi pilihan tepat untuk berlibur. Jogja memiliki daya tarik pariwisata yang sangat kuat. Keistimewaannya memikat setiap mata dan langkah yang singgah.

Paket wisata Jogja punya destinasi lengkap dengan beragam tema. Mulai dari alam, kuliner, budaya, keramahan kota, hingga belanja, menjadikan Jogja sebagai paket lengkap berlibur. Tak ayal banyak yang menawarkan paket wisata Jogja bagi para wisatawan.

Paket wisata Jogja ini punya beragam jenis dengan pilihan harga menarik. Harga paket wisata Jogja juga bisa dibilang cukup terjangkau. Paket wisata Jogja ini cocok untuk Anda yang sedang merencanakan liburan praktis dan murah meriah.

Berikut ulasan tentang paket wisata Jogja, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(11/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Durasi paket wisata Jogja

Ada banyak jenis paket wisata Jogja dengan pilihan waktu dan fasilitas yang ditawarkan. Biasanya agen perjalanan wisata menyediakan paket wisata Jogjah dengan berbagai pilihan durasi waktu. Pilihan ini pastinya disesuaikan dengan kebutuhan berlibur pengunjung.

Durasi waktu paket bisa meliputi 1 hari, 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan masih banyak lagi. Paket ini biasanya sudah termasuk penjemputan, supir, pemandu wisata, tiket masuk destinasi, dan makanan.

3 dari 7 halaman

Jenis paket wisata Jogja dan harga

Ada beragam jenis paket wisata Jogja yang biasa ditawarkan. Jenis paket ini bisa berupa private trip, group trip, open trip, hingga bulan madu.

Private trip

Dengan paket wisata Jogja private trip Anda bisa mendapatkan liburan eksklusif bersama keluarga atau teman. Pilihan paket wisata Jogja privat ini juga cukup beragam tergantung durasi dan fasilitas yang dipilih. Harga private trip Jogja berkisar mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 800 ribu per orang tergantung pada durasi dan fasilitas yang dipilih.

Group trip

Paket wisata Jogja satu ini cocok bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata rombongan seperti acara kantor atau organisasi. Harga group trip Jogja berkisar mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 1,3 juta per orang tergantung pada durasi dan fasilitas yang dipilih.

Open trip

Tak jarang agen perjalanan wisata membuka paket open trip di mana Anda bisa bergabung dengan wisatawan lainnya dalam satu perjalanan. Paket open trip ini jauh lebih terjangkau bagi Anda yang ingin travelling sendiri, berdua, atau kurang dari 6 orang. Harga paket open trip di Jogja berkisar antara Rp Rp 200 ribu per orang tergantung dengan durasi dan fasilitas yang dipilih.

Bulan madu

Di Jogja banyak juga agen perjalanan wisata membuka paket bulan madu. Paket ini memberikan layanan eksklusif bagi pasangan yang ingin menikmati bulan madu di Jogja. Harga paket bulan madu di Jogja bisa berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta untuk pasangan.

4 dari 7 halaman

Destinasi dalam paket wisata Jogja

Paket wisata Jogja menawarkan destinasi populer di Jogja. Terkadang, destinasi ini tak cuma berada di Jogja, melainkan di daerah sekitarnya seperti Klaten dan Magelang. Berikut destinasi yang sering ditawarkan di paket wisata Jogja:

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Candi bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Situs Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Borbudur

Candi Borbudur sebenarnya berada di Kabupaten Magelang. Namun, wisata satu ini kerap dimasukkan ke dalam destinasi paket wisata Jogja. Candi Borobudur merupakan candi Buddha di Magelang, peninggalan Dinasti Syailendra. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

5 dari 7 halaman

Destinasi dalam paket wisata Jogja

Malioboro

Malioboro menjadi wisata legendaris di Jogja yang sangat hits. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu memiliki daya tarik tersendiri. Di Malioboro terdapat banyak tempat belanja yang murah meriah. Mulai dari batik, tas, kaos, kuliner, hingga cenderamata, semua bisa ditemukan di Malioboro.

Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

6 dari 7 halaman

Destinasi dalam paket wisata Jogja

Tebing breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata Jogja hits. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik.

Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri Anda dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

7 dari 7 halaman

Destinasi dalam paket wisata Jogja

Gumuk pasir

Wisata Jogja paling hits selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata Jogja bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini Anda bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk wisata Jogja hits karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Paket wisata Goa Pindul selalu ramai khususnya saat liburan tiba. Paket wisata Goa Pindul yang utama adalah menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini