Sukses

Viral Pria Ikhlaskan Utang Rp 60 Juta yang Dipijam Teman dan Kerabatnya

Pria ini memaafkan dan mengikhlaskan utang Rp 60 juta yang dipijam teman dan kerabatnya.

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan dalam hal ekonomi memang sangat menyusahkan. Tak sedikit orang yang terjebak dalam kondisi kepepet dalam perekonomiannya. Tak ada cara lain selain meminjam uang dari teman atau orang lain alias ngutang. Jika sedang butuh-butuhnya, seseorang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan pinjaman.

Meski begitu, bukan berarti ini layak dijadikan suatu kebiasaan. Apalagi sampai tidak membayar utang tersebut. Bahkan beberapa orang yang memberikan pinjaman seringkali dibuat kesal dan lelah saat menagih utang. Namun berbeda dengan pria asal Vietnam ini. 

Jika orang lain sampai marah atau kesal saat menagih utang, pria bernama Nguyen Van Minh ini malah mengikhlaskan. Baru-baru ini, ia menghebohkan banyak orang lantaran telah membuat wasiat yang menyatakan bahwa dirinya akan memaafkan dan mengikhlaskan utang teman dan keluarga padanya.

Pengumuman yang telah dibuatnya pun membuat banyak orang kebingungan. Salah satu kerabatnya juga mengira bahwa pria yang akrab disapa Nguyen itu bersikap marah secara tersirat. Sehingga kerabatnya berjanji akan segera melunasi utangnya pada Nguyen.

Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Worl of Buzz, Kamis (11/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Utang yang Diiklaskan Mencapai Rp 60 Juta

Pria bak berhati malaikat itu mengiklhaskan utang teman dan keluarganya yang jika ditotal mencapai Rp 60 Juta. Bukan tanpa alasan, ia memaafkan dan mengikhlaskan utang tersebut karena tak ingin membuat orang lain merasa stress di masa pandemi ini.

“Jumlah total hutangnya Rp 60 Juta. Mereka telah meminjamnya cukup lama tetapi tidak dapat mengembalikannya," ungkap Nguyen seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz.

"Tahun lalu saya mengumumkan pembatalan utang kepada semua orang yang terlibat sehingga mereka tidak menambah stres selama pandemi," tambahnya.

Teman dan kerabatnya pun dibuat bingung dengan pernyataan Nguyen. Namun ia dengan sabar menjelaskan semuanya pada mereka agar tak terjadi kesalahpahaman. Pria 32 tahun itu juga menulis surat wasiat bahwa ia juga tak ingin mengambil bagian dalam warisan orang tuanya.

3 dari 3 halaman

Suka Membantu Orang Lain

Diketahui orang tua Nguyen memiliki sebuah rumah tua dan lahan pertanian seluas 2000 meter persegi untuk diwariskan. Pria pemaaf itu menuturkan jika ia berada dalam kondisi keuangan yang lebih baik dari saudara-saudaranya. Nguyen juga berkata jika telah melihat ayah dan pamannya memperebutkan warisan, jadi ia tidak ingin kejadian seperti itu terulang lagi.

Nguyen sebenarnya tidak memiliki properti apa pun karena tabungannya digunakan untuk membantu orang-orang di sekitarnya dan untuk melunasi utang judi ibunya. Sementara ia hanya bekerja sebagai penerjemah lepas sedangkan istrinya adalah pekerja kantoran. Nguyen sangat bersyukur bisa bekerja dari rumah selama pandemi sambil bisa merawat putranya yang berusia dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini