Sukses

5 Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet dengan Format MLA, Lengkap dengan Contoh

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat daftar pustaka dari internet penting diketahui. Kini internet menjadi salah satu sumber referensi dalam penulisan karya ilmiah. Mudahnya cara mengakses dan banyaknya pilihan sumber, membuat internet menjadi pilihan favorit referensi.

Cara membuat daftar pustaka dari internet mungkin bisa berbeda dari sumber buku atau jurnal fisik. Ada elemen tambahan yang perlu dibubuhkan dalam cara membuat daftar pustaka dari internet. 

Cara membuat daftar pustaka dari internet ini harus sesuai aturan yang berlaku. Salah satu gaya penulisan daftar pustaka yang sering digunakan adalah gaya MLA. cara membuat daftar pustaka dari internet dengan gaya MLA pastinya punya format tersendiri.

Cara membuat daftar pustaka dari internet dengan gaya MLA bisa membantumu menuliskan daftar pustaka yang benar. Berikut cara membuat daftar pustaka dari internet dengan gaya MLA, dirangkum Liputan6.com dari Scribbr, Kamis(11/3/2021).

2 dari 6 halaman

Mengenal gaya MLA

Modern Language Association MLA merupakan organisasi studi bahasa dan sastra asal Amerika. Gaya penulisan MLA kerap digunakan untuk menulis paper atau tulisan ilmiah di seluruh dunia. Kutipan gaya MLA biasanya digunakan oleh mahasiswa dan akademisi di bidang humaniora seperti sastra, bahasa, dan filsafat.

Format standar gaya penulisan daftar pustaka versi MLA adalah:

Nama belakang penulis, Nama depan. Judul Buku (cetak miring). Penerbit, Tahun terbit.

Cara membuat daftar pustaka dari internet menurut gaya MLA mencakup:

nama penulis, judul halaman (dalam tanda kutip), nama situs (cetak miring), tanggal publikasi, dan URL (tanpa "https: //").

Jika penulis tidak diketahui, mulailah dengan judul halaman. Jika tanggal publikasi tidak diketahui, atau jika konten cenderung berubah seiring waktu, tambahkan tanggal akses di bagian akhir. Formatnya berbeda untuk jenis konten online lainnya, seperti video YouTube dan podcast.

3 dari 6 halaman

Cara membuat daftar pustaka dari internet untuk artikel

Cara membuat daftar pustaka dari internet artikel dari koran, majalah, atau blog online sama dengan sitasi halaman web pada umumnya. Tulis judul artikel dengan format judul (semua kata utama ditulis dengan huruf kapital). Gunakan tanggal publikasi terbaru di halaman, termasuk hari, bulan, dan tahun jika tersedia.

Berikut format daftar pustaka dari internet untuk artikel:

Nama belakang penulis, Nama depan. “Judul Artikel.” Nama Situs Web, Hari Bulan Tahun, URL.

Contoh:

Sendari, Anugerah Ayu. “Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Dengan Format APA, Lengkap Dengan Contohnya.” Liputan6.Com, 22 Jan. 2021, hot.liputan6.com/read/4464136/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-dengan-format-apa-lengkap-dengan-contohnya.

4 dari 6 halaman

Cara membuat daftar pustaka dari internet tanpa penulis dan tanggal

Jika tidak ada penulis yang dikreditkan, tinggalkan elemen ini, dan mulailah dengan judul halaman atau artikel sebagai gantinya. Gunakan versi singkat dari judul dalam kutipan dalam teks. Judul yang dipersingkat harus cocok dengan kata-kata pertama dari entri karya yang Dikutip.

Berikut format daftar pustaka dari internet tanpa penulis:

“Judul Artikel.” Nama Situs Web, Hari Bulan Tahun, URL.

Contoh:

“Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Dengan Format APA, Lengkap Dengan Contohnya.” Liputan6.Com, 22 Jan. 2021, hot.liputan6.com/read/4464136/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-dengan-format-apa-lengkap-dengan-contohnya.

Berikut format daftar pustaka dari internet tanpa tanggal dan nama:

“Judul Artikel.” Nama Situs Web, URL. Diakses Hari Bulan Tahun.

Contoh:

“Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Dengan Format APA, Lengkap Dengan Contohnya.” Liputan6.Com. 2021, hot.liputan6.com/read/4464136/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet-dengan-format-apa-lengkap-dengan-contohnya. Diakses 11 Maret 2021.

5 dari 6 halaman

Cara membuat daftar pustaka dari internet untuk seluruh website

Jika kamu mengutip seluruh situs web, biasanya tidak ada nama penulisnya, jadi entri karya yang dikutip diawali dengan nama situs web yang dicetak miring. Jika situs web memiliki tanggal publikasi atau hak cipta (biasanya ditemukan di footer), sertakan ini; jika tidak, tambahkan tanggal kamu mengakses situs web di akhir kutipan.

Berikut format daftar pustaka dari internet untuk seluruh website:

Nama Situs Web, Hari Bulan Tahun, URL.

Contoh:

Liputan6.com, 11 Maret 2021, liputan6.com.

Kapan harus mengutip seluruh situs web?

Sering kali, kamu harus mengutip halaman atau artikel tertentu tempat kamu menemukan informasi tersebut. Namun, kamu mungkin harus mengutip seluruh situs web jika kamu memberikan gambaran umum tentang kontennya, kamu cukup merujuk ke beranda, atau mengutip teks yang muncul di banyak laman berbeda di seluruh situs (seperti slogan perusahaan).

6 dari 6 halaman

Cara membuat daftar pustaka dari internet untuk video YouTube

Cara membuat daftar pustaka dari internet untuk video YouTube berisi pembuat video, judul, situs web atau platform yang dicetak miring (mis. YouTube), saluran atau pengguna yang mengupload video, tanggal upload, dan URL.

Berikut format daftar pustaka dari internet untuk video YouTube:

Nama belakang penulis, Nama depan. “Judul Video.” Situs web, diunggah oleh Pengunggah, Hari Bulan Tahun publikasi, URL.

Contoh:

Liu, Jessica. “Develop a Theoretical Framework in 3 Steps.” YouTube, diunggah oleh Scribbr, 20 Agustus. 2020, www.youtube.com/watch?v=4y1BAqOnhMM.