Sukses

5 Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Taktik untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula dengan mudah dan cepat di era digital yang bertujuan untuk memperluas wawasan dan berguna untuk karier.

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggris bisa disebut sebagai bahasa universal. Bahasa inggris berasal dari Britania pada abad ke-8, perkembangan kosakata bahasa inggris pun sangat cepat. Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang begitu dibutuhkan agar orang dari berbagai belahan dunia dapat berbicara dengan bahasa yang sama. Sehingga cara belajar bahasa Inggris sangat diperlukan banyak orang. 

Di era saat ini, berbicara dalam bahasa inggris itu cenderung penting selain untuk memperluas wawasan juga berguna untuk karir. Mengingat adanya perdagangan bebas dengan perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dan semakin bebasnya pekerja asing masuk di perusahaan tersebut. Tidak heran mengapa saat ini banyak orang Indonesia yang mulai belajar bahasa inggris.

Ketika mulai mengenal cara belajar bahasa Inggris, sebagian besar orang pasti akan menyerah sebelum mencoba. Tentunya belajar bahasa inggris tidak semudah itu, apalagi menghafal kosakata yang terdengar asing diperlukan cara yang mudah dan cepat untuk memperlajarinya.

Di era yang serba instan dan digital dengan teknologi yang memadai, belajar bahasa inggris bukanlah sesuatu yang sulit. Banyak sekali media dan cara untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris Anda.

Cara belajar bahasa Inggris pun kini juga beragam dan mudah khususnya bagi para pemula. Bagi para pemula yang ingin memulai belajar bahasa Inggris, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti di rumah. Apa sajakah itu?

Nah, berikut ini cara mudah dan cepat bagi pemula yang ingin tahu cara belajar bahasa inggris yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Melatih Pendengaran Bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang pertama adalah dengan melatih kemampuan listening Anda terlebih dahulu. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, radio atau podcast bahasa Inggris, dan nonton film bahasa Inggris.

Cara belajar bahasa inggris ini bermanfaat agar telinga Anda peka dengan vocabulary bahasa Inggris dan juga bagaimana penyebutannya. Dengan begitu, nantinya Anda akan mudah saat membiasakan diri dalam melakukan percakapan bahasa Inggris.

3 dari 6 halaman

2. Nonton Youtube

Youtube menjadi media yang mudah untuk diakses oleh siapapun, dengan mencari channel edukasi yang sesuai dengan preferensi yang ingin Anda pelajari. Di Youtube, Anda bisa belajar bahasa inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan sebagainya.

Benefit lain yang Anda dapatkan ketika  mengakses video di youtube yaitu dapat diakses gratis dan bisa dipelajari diamanapun tanpa harus menyesuaikan waktu. Namun, saat belajar bahasa inggris di youtube, Anda harus mengatur strategi agar belajar bahasa inggris bisa menyenangkan dan tidak membosankan. Secara sederhana cara belajar bahasa inggris ini bisa dikatakan sebagai belajar bahasa inggris dengan menyenangkan asalkan dapat terjadwal secara rutin.

Dengan membuat jadwal tersebut, Anda akan lebih semangat dalam belajar bahasa inggris. Jangan lupa juga untuk mengulang materi beberapa hari sekali biar materi yang sudah dipelajari tidak menguap dari ingatan.

4 dari 6 halaman

3. Menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle Indonesia

Cara belajar bahasa inggris berikutnya adalah dengan cara menonton film bahasa inggris tanpa menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Hal ini dapat mempercepat dalam belajar bahasa inggris karena Anda akan lebih mengenal banyak kosakata yang terdengar asing di telinga.

Jika masih kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kosakata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris Anda.

5 dari 6 halaman

4. Mendengarkan lagu bahasa inggris dan tulis liriknya

Era digital ini memudahkan kita untuk mengunduh lagu berbahasa inggris, cara belajar bahasa inggris yang wajib Anda coba kali ini yaitu mendengarkan musik berbahasa inggris dan dengarkan baik-baik liriknya lalu mencatat dalam notes maupun gadget Anda. Setelah lirik lagu Anda tulis, maka cek lirik tersebut ke internet untuk mengecek benar semua atau ada yang salah.

6 dari 6 halaman

5. Ikuti kursus online

Cara belajar bahasa inggris yang terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mengikuti kursus online. Dengan kursus bahasa inggris online Anda akan mendapatkan banyak benefit seperti salah satunya biaya yang lebih murah dibandingakan dengan kursus konvensional.

Selain itu, benefit lainnya yang akan Anda dapatkan ialah waktu dalam kursus online juga lebih fleksibel. Anda dapat mengatur sendiri kapan dan dimana Anda ingin belajar bahasa inggris. Dengan mengikuti kursus, jadwal Anda untuk belajar bahasa inggris akan lebih teratur sehingga Anda bisa lebih disiplin dalam menimba ilmu.

ika cara belajar bahasa inggris di atas sudah Anda lakukan dengan rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa inggris akan meningkat secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.