Sukses

Cara Mengedit Video dengan Laptop dan HP, Ini Aplikasi yang Direkomendasikan

Liputan6.com, Jakarta Berkeinginan bisa membuat konten video di media sosial dengan banyak penonton, harus paham cara mengedit video. Tenang, medianya tidak harus pakai laptop karena HP-mu bisa dimanfaatkan.

Cara mengedit video dengan laptop biasanya dipakai oleh editor video profesional, hasilnya bokeh dan bagus tetapi harus paham betul tentang dunia editing. Aplikasi yang umum digunakan dengan laptop adalah Adobe Premiere Pro.

Berbeda dari cara mengedit video dengan HP, prosesnya mudah dan masih cocok dipraktikkan pemula karena lebih praktis. Tidak harus pakai aplikasi yang berbayar untuk membuat konten bagus. Di Play Store dan App Store banyak tersedia aplikasi edit video yang gratis.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengedit video dengan laptop dan HP dari berbagai sumber, Jumat (12/3/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan Laptop untuk Mengatur Project

Praktik cara mengedit video dengan laptop direkomendasikan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro. Sebelum mengedit, instal dulu software aplikasinya di laptop minimal Core i3 dengan ram 4 GB.

Berikut cara mengedit video dengan laptop:

1. Buka Adobe Premiere Pro lalu klik ‘Create New Project’.

2. Pop up jendela baru muncul dan digunakan untuk memberikan nama file dan memilih lokasi penyimpanan. Lalu pop up jendela baru akan muncul yang berisikan jenis video yang akan kamu hasilkan.

3. Kamu dapat memilih beragam jenis, misalnya khusus untuk mengunggah di YouTube akan tersedia beragam format khusus YouTube.

4. Paling standar disarankan memilih ‘DSLR 1080p’ bila kamu merekam menggunakan DSLR. Resolusi ini kamu dapat menghasilkan video yang bagus.

5. Beri nama sequence. Terakhir klik ‘OK’.

6. Pindahkan file video dan audio pada panel “Project” dengan cara menggeser file dari komputer ke kolom tersebut.

7. Setelah semua file ada di panel tersebut kini kamu bisa melakukan proses penyuntingan.

3 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan Laptop untuk Inti Penyuntingan

1. Untuk melakukan cara mengedit video di proses penyuntingan, geser file dari panel ‘Project’ ke panel ‘Sequence’.

2. File video yang diletakkan di panel tersebut akan mengandung dua format, yaitu video dan audio.

3. Bila kamu menggunakan audio eksternal maka cara mengedit video bisa pindahkan audio di kolom audio 1 dengan menghapus audio bawaan.

4. Cara mengedit video bagian audio, klik kanan pada file di ‘Sequence’ lalu pilih ‘Unlink’. Otomatis file video dan audio akan terpisah dan dapat kamu delete dengan klik audio 1 dan tekan ‘delete’ di keyboard.

5. Di bagian squence ini, kamu bisa memotong adegan demi adegan. Klik ‘C’ di keyboard dan lalu tekan enter di keyboard pada adegan yang ingin kamu potong.

6. Hapus bagian yang tidak ingin digunakan. Lakukan ini terus menerus lalu satukan adegan demi adegan. Hal ini berlaku pula pada file audio.

7. Pastikan kamu memutar preview terus menerus agar menghindari ada video atau audio yang belum masuk atau tidak sinkron satu sama lain.

Berikut ini beberapa keyboard shortcuts yang dapat digunakan sebagai cara mengedit video:

1. Project: CTRL+ALT+N (Windows) ; Opt+Cmd+N (Mac)

2. Sequence: CTRL+N (Windows) ; Cmd+N (Mac)

3. Open Project: CTRL+O (Windows) ; Cmd+O (Mac)

4. Close Project: CTRL+SHIFT+W (Windows) ; Control+Cmd+W (Mac)

5. Save: CTRL+S (Windows) ; Cmd+S (Mac)

6. Save as: CTRL+SHIFT+S (Windows) ; Control+Cmd+S (Mac)

7. Undo: CTRL+Z (Windows) ; Cmd+Z (Mac)

8. Redo: CTRL+SHIFT+Z (Windows) ; Shift+Cmd+Z (Mac)

9. Cut: CTRL+C(Windows) ; Cmd+C (Mac)

10. Paste: CTRL+V(Windows) ; Cmd+V (Mac)

4 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan Laptop untuk Rendering

1. Untuk menghasilkan video panjang diperlukan cara mengedit video di proses penyatuan yang dikenal dengan istilah render.

2. Klik ‘File’ yang terletak di pojok kiri atas.

4. Cara mengedit video proses selanjutnya pilih ‘Export’ dan ‘Media’.

5. Pop up jendela pengaturan akan muncul. Kamu akan diminta mengatur format video (.mp4, .avi, .3gp, dsb).

6. Jika ingin menghasilkan kualitas terbaik, cara mengedit video centang pilihan ‘Use Maximum Render Quality’.

7. Bila sudah yakin dengan pengaturan silahkan klik ‘Export’. Maka proses rendering akan berjalan.

8. Tunggu sampai 100%.

5 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan HP

Aplikasi Inshot

Inshot bisa digunakan untuk membuat konten Instagram Stories basic foto dan video. Meskipun jika digunakan untuk mengedit foto tidak bisa maksimal tetapi jika digunakan sebagai cara mengedit video. Aplikasi ini merupakan yang terbaik. Video dengan format apa saja bisa dibuka dalam Inshot.

Ada fitur trim untuk memotong video. Ada canvas untuk mengatur rasio video dan frame juga bisa menggunakan frame yang tersedia atau juga mengaturnya sendiri. Frame bisa diatur sendiri dengan menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah pada video. Ada fitur filter untuk mengatur warna. Bisa mengaturnya otomatis dengan filter dan effect, sedangkan untuk mengaturnya sendiri bisa menggunakan adjust.

Inshot juga menyediakan fitur musik untuk mengatur suara dalam video. Sticker untuk menambahkan stiker dan gambar. Fitur text untuk menambah teks yang bisa bergerak seperti teks pada power point. Fitur speed untuk mengatur cepat-lambatnya gerak gambar kemudian fitur background untuk mengatur latar belakang video. Dan fitur crop, rotate, flip untuk mengatur keseimbangan objek dalam video.

Magisto

Jika kamu mencari cara mengedit video biasa menjadi film dengan cepat, kamu perlu menggunakan Magisto. Magisto adalah aplikasi pengeditan video gratis yang tersedia di Google Play Store.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memotong, menggabungkan, memotong klip video. Untuk membuat video YouTube yang menarik, Magisto juga menyediakan banyak musik dan efek khusus untuk videomu.

Aplikasi KineMaster

KineMaster mungkin sudah tak asing lagi bagi kamu yang sering mengedit video. Cara mengedit video dengan KineMaster sangat sederhana dan mudah bagi pemula sekalipun. KineMaster saat ini adalah aplikasi pengeditan video paling terkemuka yang tersedia untuk perangkat Android.

Dibandingkan dengan aplikasi pengeditan video lainnya, cara mengedit video dengan KineMaster cukup mudah digunakan, dan dimuat dengan banyak tools canggih. Ia juga memiliki versi premium yang membuka banyak fitur canggih seperti menambahkan sulih suara, filter unik, dan lainnya.

6 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan HP

FilmoraGo

FilmoraGo adalah aplikasi Android yang memungkinkan pengeditan video di ponsel. Ini adalah aplikasi pengeditan video lengkap yang menghadirkan banyak fitur pengeditan video seperti pemangkasan video, pemisahan, dan masih banyak lagi. Cara mengedit video dari aplikasi ini juga sangat mudah bagi pemula.

Selain itu, FilmoraGo menawarkan banyak filter yang memberikan sentuhan baru pada videomu. Kamu juga dapat mengontrol kecepatan pemutaran, menambahkan musik ke video, dan lainnya.

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush merupakan aplikasi besutan Adobe yang bisa digunakan sebagai cara mengedit video di HP. Aplikasi ini memiliki kemampuan pembuatan video otomatis. Itu berarti ia dapat membuat video dengan foto atau klip apa pun yang kamu pilih. Selain itu, kamu bisa menggunakan fitur pengeditan video lainnya seperti Pemangkasan, transisi, filter, pemotongan, penggabungan, dan banyak lagi.

VivaVideo

VivaVideo bisa digunakan sebagai cara mengedit video dengan HP. Aplikasi ini memiliki potensi besar untuk memberikan sentuhan profesional pada video rekamanmu. VivaVideo memiliki versi gratis dan berbayar.

Versi gratis dari aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan video dasar, tetapi memberi watermark pada video. Versi premium membuka lebih banyak fitur dan bisa menghapus water. Ia memiliki semua yang kamu butuhkan untuk mengedit video menarik.

7 dari 7 halaman

Cara Mengedit Video dengan HP

VideoShow

VideoShow adalah aplikasi terbaik lain, jika kamu sedang mencari cara mengedit video dengan cepat. Dibandingkan dengan aplikasi pengeditan video lainnya, VideoShow cukup mudah digunakan dan ringan. Tidak seperti semua aplikasi lain, VideoShow tidak membengkak dengan fitur yang tidak perlu.

VideoShow hanya memiliki fitur yang dibutuhkan pengguna, yang membuat aplikasinya sangat ramah pengguna. Untuk pengeditan video, aplikasi ini menawarkan beberapa efek teks, filter, efek suara, dan lain sebagainya.

Movie Maker for YouTube & Instagram

Jika kamu mencari cara mengedit video YouTube dan Instagram, Movie Maker for YouTube & Instagram bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini dalah salah satu aplikasi editor video Youtube gratis terbaik yang saat ini tersedia.

Pakai Movie Maker for YouTube & Instagram, kamu dapat dengan mudah memotong dan menggabungkan konten video. Tidak hanya itu, tetapi untuk memberikan sentuhan baru pada video, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam efek video.

Funimate

Funimate merupakan aplikasi edit video yang relatif mudah digunakan. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan kamu menambahkan filter keren ke video.

Aplikasi ini menawarkan fitur pengeditan dasar seperti edit, potong, kontrol kecepatan pemutaran, dan lainnya.

Namun, aplikasi ini dikenal karena kesederhanaan dan efek videonya yang unik. Hal yang menarik tentang aplikasi ini adalah memungkinkanmu membuat efek video sendiri menggunakan foto ponselmu.