Sukses

5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan Offline, Tak Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan saat ini sudah dipermudah dengan adanya layanan daring. Salah satu manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan adalah Program Jaminan Hari Tua (JHT). Karena itu setiap pekerja wajib terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu diketahui, upah yang dijadikan dasar adalah upah sebulan, terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap yang dibayarkan oleh perusahaan. Bagi pekerja penerima upah, besar iuran adalah 5,7% dari upah, dengan ketentuan sebanyak 2% dibayarkan oleh pekerja sementara 3,7% dibayarkan pemberi kerja. 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015, saldo JHT bisa diambil 10%, 30%, hingga 100% tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun. Sementara itu, peserta yang masih aktif bekerja atau sedang mempersiapkan masa pensiun dapat mengajukan klaim saldo JHT 10% atau 30%. Bagi peserta yang sudah tidak bekerja karena beberapa kondisi dapat mengajukan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan miliknya sebesar 100%. 

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ada lima metode, secara online maupun offline. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/3/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Website

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website dapat dilakukan melalui laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Jika belum terdaftar di laman tersebut, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu, dengan cara:

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ .

2. Pilih menu registrasi.

3. Isi formulir sesuai dengan data, diantaranya adalah Nomor KPJ Aktif, Nama, Tanggal lahir, Nomor e-KTP, Nama ibu kandung, Nomor ponsel dan email.

4. Apabila berhasil, Anda akan mendapatkan PIN. PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.

Setelah registrasi berhasil, lanjutkan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan berikut ini:

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

2. Masukkan alamat email di kolom user.

3. Masukkan kata sandi.

4. Setelah masuk, pilih menu layanan.

5. Pada menu layanan, pilih cek saldo JHT.

6. Masukkan PIN yang dikirim melalui email dan SMS.

7. Saldo JHT kamu akan ditampilkan.

3 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi

Cara cek saldo BPJS Ketenegakerjaan juga bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU Mobile di Android, dan iOS. Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.

Untuk melakukan registrasi, Anda perlu menyiapkan syaratnya terlebih dahulu. Syarat yang diperlukan diantaranya Nomor KPJ yang dapat dilihat di kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda, NIK e-KTP, Tanggal lahir, dan Nama.

Setelah terdaftar dan login, peserta akan dapat mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan klik menu "Lihat Saldo" di aplikasi BPJSTKU setelah melakukan login. Informasi yang diinginkan akan muncul di layar ponsel Anda.

4 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS bisa melalui nomor 2757. Yang pertama dilakukan adalah Anda harus mendaftar via SMS dengan mengetik: Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Kemudian kirim ke 2757.

Untuk cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, format tanggal lahir berupa dd-mm-yy. Setelah itu, pemohon akan menerima balasan SMS dari pihak BPJS yang berisi nomor ID pemohon.

Setelah mendapat nomor ID, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan dengan SMS bisa dengan membalas SMS tersebut dengan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, lalu kirim ke 2757. Kemudian Anda akan langsung menerima balasan berisi saldo JHT.

Perlu diperhatikan, layanan ini hanya berlaku untuk nomor operator tertentu seperti XL, Telkomsel, dan Indosat. Bagi layanan operator yang lain, cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan tidak bisa dengan nomor tujuan tersebut.

5 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via ATM

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan ATM hanya bisa dilakukan oleh nasabah BNI. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS untuk memberikan layanan cek saldo BPJS melalui ATM BNI.

Akan tetapi layanan cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan di ATM BNI ini hanya khusus untuk mengecek saldo, tidak dapat untuk melakukan pencairan saldo tersebut. Cukup memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia.

Apabila cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan sudah dipraktikkan, maka mesin ATM akan menunjukan jumlah saldo yang pemohon miliki. Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan ini merupakan cukup praktis bagi nasabah BNI, tetapi tidak untuk masyarakat umum yang bukan nasabah BNI.

6 dari 6 halaman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Alternatif terakhir cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Ini merupakan cara paling tradisional sebagai pilihan untuk Anda yang tidak dapat menggunakan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lain.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya perlu datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di daerah Anda dengan membawa persyaratan. Persyaratan yang dimaksud, Anda hanya perlu menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada petugas. Kemudian petugas akan memberitahu jumlah saldo dan dapat mencetak slip saldo BPJS tersebut.

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan secara manual ini sebenarnya tidak begitu direkomendasikan karena memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya, lamanya antrian, dan ketidakpraktisan untuk pergi ke kantor BPJS yang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.