Sukses

14 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air hangat sangat baik bagi tubuh. Air sangat penting untuk tubuh agar berfungsi dengan baik. Sekitar 60% tubuh terdiri dari air.

Manfaat minum air hangat membantu tubuh tetap terhidrasi. Air membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Manfaat minum air hangat diklaim dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, memiliki efek relaksasi, hingga menyehatkan pencernaan.

Air hangat yang bisa dikonsumsi adalah air hangat dengan suhu tidak lebih antara 54 and 71°C. Di atas suhu tersebut, air akan membakar dan melukai mulut. Manfaat minum air hangat ini bisa dimulai di pagi hari setelah bangun tidur.

Manfaat minum air hangat juga bisa dinikmati dalam bentuk kopi, teh, atau minuman herbal lainnya. Manfaat minum air hangat bisa diterapkan setiap hari. Berikut 14 manfaat minum air hangat untuk kesehatan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021).

2 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Hidrasi tubuh

Manfaat minum air hangat yang pertama adalah menjaga hidrasi tubuh. Minum air pada suhu berapa pun akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Air adalah nutrisi penting, dan semua organ serta jaringan di tubuh bergantung padanya untuk berfungsi. Tubuh kehilangan air setiap hari melalui keringat, napas, urin, dan buang air besar. Jika tubuh tidak mendapatkan cukup air sepanjang hari, ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Atasi menggigil saat kedinginan

Meminum cairan hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil. Air hangat membuat tubuh tetap hangat dan dapat bertahan dari suhu dingin. Manfaat minum air hangat saat kedinginan membantu tubuh mempercepat kenaikan suhu.

3 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Atasi hidung tersumbat

Manfaat minum air hangat selanjutnya adalah membantu mengatasi hidung tersumbat. Secangkir air hangat atau panas menghasilkan uap. Mendekatkan secangkir air panas dan menghirup uap lembut dalam-dalam dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Minuman panas seperti teh, memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama untuk hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Minum air panas dapat membantu lendir bergerak lebih cepat.

Atasi sakit tenggorokan

Minum air hangat dapat membantu menghangatkan selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan. Ini dapat meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

4 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Atasi sembelit

Ketika seseorang tidak minum cukup air, usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan membuat lebih sulit buang air besar. Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, minum air putih merupakan cara yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit.

Sehatkan pencernaan

Minum air membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah. Beberapa percaya bahwa manfaat minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan.

5 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Tingkatkan fungsi sistem saraf pusat

Tidak mendapatkan cukup air, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf. Ini menyebabkan terganggunya suasana hati dan fungsi otak. Minum air yang cukup dapat membantu meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

Tingkatkan sirkulasi

Manfaat minum air hangat diyakini membantu meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang sehat memengaruhi tekanan darah hingga penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Air hangat membantu organ peredaran darah berkembang dan membawa darah dengan lebih efektif ke seluruh tubuh.

6 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Turunkan stres

Secangkir air hangat yang menenangkan dapat membantu orang mengelola stres dan kecemasan. Minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat. Ini pada gilirannya mengurangi rasa cemas. Selain itu, lebih sedikit minum air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, puas, dan emosi positif. Ini sebabnya tetap terhidrasi dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat relaksasi.

Bantu detoksifikasi tubuh

Air yang cukup panas dapat menaikkan suhu tubuh seseorang dapat menyebabkan keringat. Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Minum cukup air juga dapat membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

Meskipun tidak ada bukti pasti terkait manfaat minum air hangat secara khusus dalam hal ini, sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan limbah dalam darah.

7 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Atasi akalasia

Akalasia merupakan kondisi kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. Orang yang mengalami akalasia akan sulit untuk menelan. Manfaat minum air hangat dapat membantu orang yang mengalami akalasia untuk mencerna dengan lebih nyaman.

Turunkan berat badan

Minum lebih banyak air dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Ini karena air dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Air juga membantu tubuh menyerap nutrisi, dan membuang limbah. Minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Minum air hangat dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

8 dari 8 halaman

Manfaat minum air hangat untuk kesehata

Bantu atasi flu

Berbagai gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dan diringankan dengan minum air hangat. Manfaat minum air hangat ini didapat dari uapnya yang dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas. Sifat menenangkan air hangat juga membantu melegakan tenggorokan.

Kurangi rasa sakit dan nyeri

Air panas meningkatkan sirkulasi dan juga dapat meningkatkan aliran darah, terutama ke otot yang cedera. Mengonsumsi air hangat dapat meredakan nyeri internal, tetapi penting untuk dicatat bahwa air yang terlalu panas juga dapat memperburuk pembengkakan.