Sukses

25 Wisata Banyuwangi Paling Populer, Dominasi Pesona Alam

Liputan6.com, Jakarta Wisata Banyuwangi bisa jadi destinasi wisata menarik di Jawa Timur. Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten paling timur di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Selat Bali.

Wisata Banyuwangi bisa sekalian disambangi ketika melakukan perjalanan Bali lewat jalur darat. Ada beragam wisata Banyuwangi dengan keunikan dan keistimewaannya. Wisata Banyuwangi didominasi dengan pesona alamnya.

Wisata Banyuwangi ini terdiri dari pantai, pegunungan, air terjun, hingga tempat rekreasi. Pilihan wisata Banyuwangi ini bisa jadi tempat melepas penat bersama teman atau keluarga.

Berikut 25 wisata Banyuwangi populer dan istimewa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan wisata Banyuwangi yang sangat terkenal. Kawah Ijen merupakan kawasan gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Wisata Banyuwangi menawarkan pesona kawah dengan warna hijau kebiruan. Terdapat pula bunga edelweiss yang harum di kawasan kawah ini. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan blue fire atau api biru yang sesekali keluar dari kawah.

Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung berapi yang berada dalam tiga wilayah yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini sering menjadi lokasi pendakian dan termasuk memiliki jalur pendakian ekstrem. Gunung ini memiliki empat puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Selat Bali. Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal sewaan dari pantai-pantai di pesisir Banyuwangi. Pulau kecil ini memiliki pesona alam yang luar biasa indah. Di sini pengunjung bisa melakukan penyelaman, snorkeling, keliling pulau, atau bersantai di pinggir pantai.

Hutan Mangrove Bedul

Wisata Banyuwangi satu ini berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Gebang Kandel, Kabupaten Banyuwangi. Hutan mangrove ini sering disebut sebagai Amazon-nya Banyuwangi. Hutan Mangrove Bedul masih termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Mangrove Bedul membentuk sebuah rawa air payau dengan panjang sekitar 18,8 km dan lebar sekitar 400 meter. Di kanan dan kiri rawa ini memiliki beragam jenis Mangrove atau Bakau yang tumbuh lebat dan subur.

3 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo menawarkan ragam vegetasi yang cukup lengkap seperti hutan, pantai, savana, dan gua. Taman Nasional ini berada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Sekitar 40% dari wilayah taman nasional ini ditumbuhi hutan bambu. Taman Nasional Alas Purwo memiliki kurang lebih 40 gua yang bisa disusuri langsun oleh pengunjung. Beberapa jenis fauna yang bisa ditemui di Alas Purwo antara lain banteng, rusa, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, kera, aneka burung, dan lainnya. Sementarai itu, ada 584 jenis tumbuhan terdiri dari herba, semak, rumput, liana, dan pohon.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di wilayah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Taman Nasional Baluran memiliki luas total 250 km² menjadikannya taman nasional terkecil di wilayah Jawa Timur. Daya tarik dari taman nasional Taman Nasional Baluran adalah padang savana yang mendominasi wilayahnya.

Padang savana Taman Nasional Baluran yang disebut Savana Bekol merupakan savana terluas di pulau Jawa. Tak cuma keindahan pantai, Taman Nasional Baluran juga memiliki pesona sejarah di mana kamu bisa menemukan Goa Jepang yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri berada dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Daya tarik dari taman nasional ini adalah hutan dan taman. Di taman nasional ini kamu bisa menemukan beragam satwa, seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, dan penyu. Ada juga hewan liar lainnya seperti harimau jawa, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa. Terdapat hampir 520 jenis tanaman di sini, didominasi tanaman bunga dan obat-obatan.

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk berada di Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Jawatan Benculuk merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter. Tempat wisata alam di Banyuwangi ini, memiliki pohon Trembesi yang menjadi spot favorit wisatawan karena bentuknya yang unik. Tingginya pepohonan dan suasana alam yang masih sangat asri membuat tempat ini sering dijuluki Wonderland-nya Banyuwangi.

4 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Pantai Pulau Merah

Dinamakan Pantai Pulau Merah karena di pantai ini terdapat pulau kecil dengan tanah dan pasir kemerahan. Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km menjadikan pantai ini penuh daya tarik.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, adalah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Wisata Banyuwangi satu ini terkenal dengan ombaknya yang sering digunakan berselancar. Ombak di pantai ini mendapat julukan khusus dari para peselancar dunia, yaitu ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang berarti memiliki 7 gulungan ombak.

Pantai Teluk Hijau

Disebut Teluk Hijau kerena airnya berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombolan di dasar Pantai Teluk Hijau. Selain keindahan warnanya, wisata Banyuwangi satu ini memiliki hamparan batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

Pantai Wedi Ireng

Di Pantai Wedi Ireng terdapat 2 macam pasir, yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang agak kasar. Pantai ini berada satu jalur dengan Pantai Pulau Merah. Wisata Banyuwangi ini menawarkan panorama pasir yang terbentang dengan keindahan air laut yang biru dan jernih dan dikelilingi hamparan bukit hijau yang alami.

5 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Pantai Sukamade

Pantai sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti. Pantai ini dikenal sebagai surganya Penyu. Di sini wisatawan bisa menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Pantai Pulau Santen

Pantai Pulau Santen berlokasi di desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama. Pantai ini termasuk wisata Banyuwangi yang cukup populer. Dinamakan Pulau Santen karena didalamnya banyak ditumbuhi pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen.

Pantai Bedul

Pantai Bedul terletak di tengah-tengah Pantai Grajangan dan G-Land. Diberi nama Bedul karena di perairan pantai ini banyak ikan Bedul yang merupakan sejenis ikan Gabus. Di Pantai Bedul, terdapat pula hutan mangrove yang rindang dan asri.

Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan merupakan salah satu spot wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan. Di pantai ini, kamu bisa menyaksikan para penyu bertelur pada malam hari. Selain bisa menyaksikan penyu-penyu bertelur, kamu juga bisa menyaksikan proses pelepasan anak penyu.

6 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon berada di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Untuk mencapai air terjun ini kamu harus melalui jalur trekking terlebih dahulu. Di perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan asri bernuansa pegunungan. Keindahan air terjun ini mirip dengan air terjun Madakaripura di kaki Gunung Bromo.

Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor merupakan wisata Banyuwangi yang juga tak boleh terlewatkan. Air Terjun Bayu Lor berlokasi di Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. ir terjun dengan debit air yang cukup deras ini mengalir dan membentuk beberapa undakan sehingga membuat pemandangannya begitu menakjubkan.

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung memiliki bentuk unik, yaitu menyerupai jari telunjuk. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Raung. Ini membuat masyarakat setempat menjuluki wisata air terjun di Banyuwangi satu ini dengan Air Terjun Telunjuk Dewa Raung.

Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten adalah salah satu wisata Banyuwangi dengan pemandangan yang indah di lereng Gunung Raung. Terletak di Dusun Wonoerjo, Kecamatan Kalibaru, nama kemanten (pengantin) disematkan karena air terjun tersebut letaknya berdampingan.

Air Terjun Kampung Anyar

Air terjun ini kerap juga disebut sebagai Air Terjun Kembar atau Air Terjun Jagir. Di sini kamu bisa menikmati keindahan tiga air terjun sekaligus. Berlokasi di Desa Taman Suruh, Air Terjun Kampung Anyar memiliki keindahan panorama yang menakjubkan.

7 dari 7 halaman

Wisata Banyuwangi populer

Desa Wisata Osing Kemiren

Suku Osing merupakan suku asli yang mendiami Banyuwangi. Salah satu tempat untuk mempelajari kebudayaan Suku Osing adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Wisata Banyuwangi ini berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi. Di desa ini, adat istiadat dari Suku Osing masih dipertahankan dan menjadi kebanggaan.

Taman Sritanjung

Taman Sritanjung merupakan sebuah taman kota di Banyuwangi. Taman ini menjadi andalan warga Banyuwangi untuk berekreasi dan bersantai di tengah kota. Taman ini terletak di sebelah timur Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi.

Waduk Sidodadi

Waduk Sidodadi berlokasi di Karangharjo, Glenmore, Banyuwangi. Waduk ini berada di area PTPN XII. Waduk Sidodadi menjadi destinasi wisatawan untuk piknik keluarga atau untuk sekadar relaksasi. Di waduk ini wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas seperti memancing, menaiki perahu bebek, mengelilingi waduk dengan ATV, atau menikmati rimbunnya pepohonan.

Agrowisata Kaliklatak

Agrowisata Kaliklatak merupakan kawasan perkebunan yang berlokasi di Gombengsari, Banyuwangi. Kaliklatak terletak di lereng Gunung Merapi, 15 km sebelah barat kota Banyuwangi. Komoditas utama dari kawasan Kaliklatak antara lain berupa kopi, coklat, karet, cengkeh, dan rempah-rempah. Di puncak tertinggi lokasi ini, kamu bisa menikmati pemandangan Banyuwangi, selat Bali, bahkan Pulau Bali.