Sukses

Cara Membuat Barcode Dua Dimensi atau QR Code, Lebih Mudah

Cara membuat barcode dua dimensi ini bisa dilakukan siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat barcode bisa sangat membantu di zaman digital saat ini. Barcode atau kode batang merupakan kumpulan data optik yang bisa dibaca oleh mesin. Kode batang sering ditemukan di berbagai kemasan produk.

Kini kode batang juga digunakan untuk proses pembayaran, berbagi link, foto, hingga video. Jenis kode batang untuk berbagi link ini disebut dengan kode batang dua dimensi atau QR code. Cara membuat barcode dua dimensi juga sangat mudah.

Cara membuat barcode dua dimensi atau QR Code jauh lebih mudah dibanding barcode satu dimensi. Cara membuat barcode dua dimensi bahkan bisa dilakukan secara online dengan cepat. Cara membuat barcode dua dimensi ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin berbagi informasi penting dengan praktis.

Cara membuat barcode dua dimensi ini bisa dilakukan siapa saja. Berikut cara membuat barcode dua dimensi atau QR Code, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(15/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal barcode dua dimensi

Barcode dua dimensi merupakan bentuk evolusi kode batang atau barcode dari satu dimensi. Barcode ini lebih dikenal dengan sebutan QR Code atau Quick Response Code. QR Code mampu menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Berbeda dengan barcode yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Oleh karena itu secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada barcode.

Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang.

3 dari 6 halaman

Cara kerja barcode dua dimensi

Barcode dua dimensi berfungsi seperti hyperlink fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan pesan tertentu. Barcode dua dimensi kini banyak dicantumkan di majalah, koran, iklan, transportasi umum, pembayaran elektronik, kartu nama ataupun media lainnya.

Barcode dua dimensie dapat dibaca pada ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju melalui QR Code tersebut.

Kamu hanya perlu mengaktifkan program pemindai QR Code mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka kamu dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju.

Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR.

 

4 dari 6 halaman

Cara membuat barcode dua dimensi sendiri

Untuk cara membuat barcode dua dimensi, kamu hanya perlu memanfaatkan situs-situs pembuat QR Code yang dapat diakses secara gratis di internet. Cara membuat barcode dua dimensi juga cukup mudah.

Kamu hanya perlu memasukkan tautan atau link yang ingin dibuatkan QR Code. Tautan dapat berisi teks, gambar, video, kontak, lokasi dan lain sebagainya. Berikut situs-situs yang dapat digunakan untuk membuat barcode dua dimensi:

QR Code Generator

QR code generator merupakan situs pembuat barcode dua dimensi yang mudah untuk digunakan. Cukup kunjungi qr-code-generator.com lalu masukkan tautan yang akan dibuat QR codenya. Disini kamu dapat menentukan warna dari QR code, bingkai, dan menyisipkan logo pada QR Code yang kamu buat.

5 dari 6 halaman

Cara membuat barcode dua dimensi sendiri

QR Code Monkey

Sama seperti QR code generator, fungsi dari QR Code Monkey juga untuk membentuk sebuah QR Code. Kamu dapat menyimpan hasil QR Code yang dibuat dengan format PNG, SVG, PDF, dan EPS dengan resolusi dari rendah hingga tinggi. Disini kamu juga bisa mendesain bentuk QR Code dengan fitur yang ada pada situs ini, cukup kunjungi qrcode-monkey.com untuk mendapatkan kemudahan pembuatan QR Code.

QR Stuff

QR Stuff juga merupakan pilihan alternatif sebagai pembuat QR Code. Tampilan situs ini cukup sederhana dan ringan. Namun, fitur yang ditawarkan juga tak kalah canggih dari pembuat QR Code lainnya. Kamu dapat membuat QR Code dengan beragam warna dan menyimpannya dengan berbagai format.

6 dari 6 halaman

Cara membuat barcode dua dimensi sendiri di Google Drive

Selain melalui situs tertentu, cara membuat barcode dua dimensi juga bisa dilakukan dengan Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat Spreadsheet baru di Google Drive.

2. Di Kolom A, masukkan konten yang ingin kamu sematkan ke dalam kode QR. Ini bisa berupa URL, kata, kalimat, atau paragraf, nomor kontak.

3. Di sel masing-masing di Kolom B, tempel di forumla berikut:

=image("https://chart.googleapis.com/chart?chs=150x150&cht=qr&chl=" & A1)

Kamu dapat mengubah nilai 150 × 150 untuk mengatur ukuran QR code.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini