Sukses

Hardware adalah Perangkat Keras Komputer, Pahami Fungsi, Jenis dan Contohnya

Hardware atau perangkat keras sebagai salah satu komponen perangkat elektronik.

Liputan6.com, Jakarta Perangkat keras komputer atau dalam bahasa inggrisnya ialah hardware adalah komponen perangkat yang erat kaitannya dengan komputer atau laptop. Hardware adalah bagian dari komputer tentu sudah tak asing lagi bagi Anda yang setiap hari berkecimpung dengan dunia komputer.

Akan tetapi, bagi mereka yang masih jarang bergelutan dengan dunia komputer atau laptop tentu masih minim pengetahuan tentang hardware adalah piranti komputer yang bisa dilihat dan diraba.

Bagi Anda yang memiliki komputer atau laptop, tentu akan lebih mudah memahami apa yang dimaksud hardware adalah perangkat keras itu. Namun, tak hanya mengetahui soal pengertiannya saja, sebenarnya banyak informasi lainnya yang bisa Anda ketahui mengenai hardware secara luas.

Berikut ini Liputran6.com rangkum tentang pengertian hardware, fungsi, jenis, hingga contohnya dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu hardware

Hardware adalah semua jenis komponen yang ada pada komputer atau laptop yang mana bagian fisiknya dapat terlihat secara kasat mata dan dapat dirasakan secara langsung. Jadi bisa dikatakan jika hardware adalah peralatan fisik komputer yang berguna untuk melakukan proses input, proses, dan output.

Seperti RAM, CPU, mouse, keyboard, sacnner, monitor, printer, dan masih banyak lagi. Selain itu, hardware adalah sebagai bentuk output dari setiap proses sistem operasi sebuah komputer itu sendiri. Akan tetapi untuk mendukung kerja perangkat tersebut tetap diperlukan software atau perangkat lunak tertentu. Dengan begitu setiap perintah yang diinginkan dapat beroperasi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Fungsi hardware secara umum

Pengertian hardware diatas membuka pemikiran kita tentang hardware adalah komponen dalam komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan memiliki fungsi tertentu. Masing-masing hardware memiliki fungsi yang berbeda, namun untuk fungsi utamanya adalah menampilkan dan menerima input proses, memberikan output, mendukung kerja komputer, serta mengolah informasi atau data yang berda di dalam maupun di luar komputer. Berikut adalah beberaopa fungsi hardware secara umum.

1.  Mengolah Data atau informasi

Hardware tertentu memiliki fungsi untuk mengolah data atau informasi oleh user, yang nantinya akan diproses menjadi informasi baru. Untuk mengolah data dan mengjalankan proses pada sistem komputer.

2.  Menerima Output

Ada beberapa hardware yang mempunyai fungsi khusus dalam menerima input dari user. Dengan begitu, nantinya hardware akan memprosesnya menjadi informasi yang baru. Dalam hal ini, data yang diterima dari input akan dapat di transfer pada output.

3.  Memberi Output

Apabila sudah terproses menjadi informasi baru, hardware akan memberikan output lagi pada user. Seluruh output tersebut dapat dilihat oleh pengguna yang ditampilkan pada hardware khusus. Mekanisme inilah yang saling mempengaruhi antar output dan input.

4.  Menyimpan informasi maupun data

Dari sini seluruh output yang dihasilkan oleh komputer bisa Anda simpan pada perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan ini dapat dilakukan tak hanya pada perangkat yang terpasang di dalam komputer, akan tetapi juga perangkat yang dipasang di luar.

4 dari 4 halaman

Jenis-jenis hardware beserta contohnya

Setelah mengetahui fungsi dari hardware adalah untuk menerima output maupun input yang diberikan oleh user. Berikut ini ada beberapa jenis hardware yang dibedakan menurut fungsi atau kegunaan beserta contohnya.

1. Input Device (Perangkat Input atau masukan)

Hardware jenis ini berguna untuk memasukkan informasi maupun data baik itu dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. Ini ada beberapa contoh hardware tersebut yaitu Mouse, Keyboard, Scanner

2. Process Device (Perangkat proses)

Jenis perangkat keras yang satu ini dapat berguna dalam mengolah data sekaligus menjalankan proses yang ada pada sistem komputer. Contoh process device tersebut seperti CPU, RAM, VGA, dan masih banyak lagi.

3. Output Device (Perangkat output atau keluaran)

Hardware jenis ini berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan. Data ataupun infromasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Misalnya seperti monitor, proyektor, hingga printer.

4. Storage Device (Perangkat untuk menyimpan)

Jenis hardware berdasarkan fungsinya selanjutnya adalah storage device atau yang lebih dikenal sebagai perangkat untuk menyimpan. Storage device merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi menyimpan data-data komputer. Contohnya seperti hard disk, flash disk, dan optical disk.

5. Periferal (Perangkat tambahan)

Perangkat tambahan berguna dalam membantu komputer menjalankan perintah user. Perangkat ini umumnya disebut dengan istilah periferal yang berguna dalam menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet. Salah satu contohnya adalah modem. Modem disini dapat Anda gunakan sebagai alat komunikasi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sinyal analog menjadi sinyal digital.

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian hardware, fungsi, jenis beserta contohnya yang dapat Anda pelajari. Keberadaan perangkat keras komputer ini sendiri tentu sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan atau aktivitas kita sehari-hari.

Apalagi untuk aktivitas di sebuah perkantoran maupun perusahaan tertentu yang memang membutuhkan perangkat keras atau hardware adalah untuk mengerjakan apa yang diperlukan dengan cepat, mudah, dan efisien. Akan tetapi, Anda juga perlu merawat semua perangkat tersebut dengan baik. Pasalnya, apabila salah satu komponen hardware atau perangkat keras tersebut tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya, maka setiap proses pengelohan data maupun informasi tentu juga tidak dapat berjalan dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.