Sukses

20 Wisata Lombok Wajib Dikunjungi, Cuilan Surga Dunia yang Memesona

Wisata Lombok yang dikatakan sebagai cuilan surga dunia ini tidak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Lombok merupakan salah satu destinasi yang menjadi tujuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pesona keindahannya datang mulai dari pantai, pulau, bukit, hingga keragaman biota lautnya. Selain itu, Lombok juga memiliki budaya dan kearifan lokal yang menarik untuk dinikmati.

Walau selalu dibayangi oleh Bali, wisata Lombok sekarang semakin dikenal oleh wisatawan karena banyaknya destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.

Lombok terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan tak ada yang menyangkal bahwa Lombok disebut cuilan surga dunia yang terletak di Indonesia. Dengan kondisi geografis yang mendukung, Lombok menawarkan beragam tempat wisata yang terletak di setiap sudut wilayahnya.

Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Lombok, ada rekomendasi wisata Lombok yang bisa kamu kunjungi. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Lombok Barat

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan wisata Lombok yang paling tua dan paling terkenal di Lombok. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Pantai ini menawarkan panorama alam perbukitan yang mengelilingi lokasi obyek wisata yang indah.

Di lokasi obyek wisata Senggigi juga sering digunakan sebagai tempat melaksanakan acara-acara budaya seperti Festival Senggigi.

Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah dataran tinggi yang dijadikan sebagai terusan dari Pantai Senggigi. Di tempat wisata ini terdapat pasir putih disepanjang bukit. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang indah dan mempesona, serta menyaksikan matahari terbenam pada sore hari yang akan terlihat jelas dari puncak atas.

Hutan Wisata Pusuk

Hutan Wisata Pusuk terletak di sebelah utara, berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok Utara. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati iklim pegunungan dan menjumpai kelompok kera yang memang bertempat tinggal di Hutan Pusuk. Karena lokasi ini merupakan daerah perbukitan.

Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tempat wisata di Lombok Barat yang juga menarik untuk dikunjungi hal ini dikarenakan lokasi wisatanya yang unik dan antik. Letak lokasi tempat wisata ini sekitar 10 km dari arah timur ibukota Nusa Tenggara Barat, Mataram.

Sesaot

Hutan wisata yang masih alami, asri dan indah. Biasanya dipakai untuk kegiatan outbond untuk mengisi masa liburan. Di hutan wisata ini terdapat sebuah sungai yang disebut Aiq Nyet. Sungai tersebut tidak pernah kering walaupun di musim kemarau. Keaslian alamnya memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke hutan wisata Sesaot.

3 dari 6 halaman

Wisata Lombok Timur

Rinjani dan Segara Anak

Gunung Rinjani menjadi ikon wisata Lombok yang diincar para wisatawan yang berkunjung ke sana. Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl dan memiliki anak yang bernama gunung Baru Jari (Baru Jadi) yang dikelilingi oleh Danau Segara Anak.

Menurut sejarawan, awalnya Rinjani memiliki ketinggian lebih dari 5000 m. Namun karena letusan Rinjani pun seperti terpotong dan menghasilkan danau di tengahnya.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam merupakan daerah konservasi penyu yang berhabitat di sekitar tebing-tebing dan sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung selatan dan utara. Tanjung Bloam memiliki bentuk daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah. Bagi penduduk sekitar, pemandangan di sini seperti lukisan tiga dimensi yang menakjubkan.

Sembalun

Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Sembalun juga dikenal menjadi salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak.

Selain itu, Sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang dan beberapa sejarah tentang kebudayaan islam serta kerajaan Majapahit. 

Pink Beach

Pantai yang terletak 2 km sebelum Tanjung Ringgit ini merupakan pantai yang sedang hot. Karena keunikan pasir pantainya yang berwarna Pink. Warna pink itu berasal dari perpaduan pasir yang berwarna merah, putih dan sedikit hitam. Di pantai ini juga terdapat Gua yang menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang pada perang Dunia II.

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang. Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan pulau kecil (gili) yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai tujuan wisata alam (eco tourism).

Kedua gili ini memiliki potensi berupa hutan bakau dan taman bawah laut yang sangat indah. Namun sebenarnya ada juga sebagian kecil yang merupakan pasir putih, dan pada musim tertentu kawanan lumba-lumba akan menampakkan diri di daerah ini.

4 dari 6 halaman

Wisata Lombok Tengah

Desa Sade

Wisatawan juga tak boleh melewatkan liburan di Desa Wisata Sade, sebuah dusun yang terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut. Perkampungan suku Sasak ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Mataram dengan kawasan selatan Lombok.

Desa wisata Sade dihuni oleh Suku Sasak yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang. Yang menarik dari perkampungan ini adalah rumah tradisional suku Sasak yang dipel menggunakan kotoran sapi akan terlihat kinclong. Wisatawan dapat membeli banyak suvenir dan juga kain songket hasil karya masyarakat Suku Sasak.

Desa Sukarara

Selain menikmati keindahan alamnya, wisata Lombok juga menawarkan wisata budaya. Salah satunya wisata budaya Desa Sukarara. Sebuah desa kecil yang menjadi salah satu pusat kerajinan tenun tradisional alias songket di Lombok.

Pantai Kuta Lombok

Sesuai dengan namanya, pantai Kuta Lombok terletak di desa Kuta, Lombok Tengah. Namanya hampir sama dengan pantai Kuta di Bali namun pantai ini memiliki luas yang lebih kecil dibanding pantai Kuta di Bali.

Pantai Batu Payung

Pantai hits yang satu ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting iklan sebuah produk, namanya Pantai Batu Payung. Pantai ini berupa lempengan karang yang menyembul di tengah laut dengan batu karang tinggi yang menyerupai sebuah payung. Pantai Batu Payung dikenal sebagai spot cantik untuk menangkap keindahan matahari terbenam.

Air Terjun Benang Kelambu

Dinamakan air terjun benang kelambu karena jatuh dari ketinggian 40 meter, menyerupai kelambu putih yang memanjang. Terjunan airnya pun sangat halus sehingga pengunjung tidak akan kesakitan saat bermain di bawahnya langsung. Air terjun ini membentuk 2-3 tingkatan dengan dinding tebing yang subur ditumbuhi oleh tanaman hijau.

5 dari 6 halaman

Wisata Lombok Utara

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Masyarakat Bayan suka mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para wisatawan.

Desa Gumantar

Desa Gumantar merupakan sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini masih tetap mempertahankan tradisi dan adat istiadatnya dari peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental, penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam, nuansa islami di dusun ini sangat begitu kental.

Gili Trawangan

Gili Trawangan diibaratkan sebagai primadona bagi wisata Lombok Utara. Gili Trawangan bahkan telah mendunia. Banyak turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini karena keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecilnya yang begitu mempesona.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile ini menjadi destinasi wisata yang paling populer, karena pemandangan alamnya yang sangat indah di sekitar Air Terjun Sendang Gile ini.

Pantai Sire

Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan. Kejernihan air lautnya membuat para wisatawan tertarik untuk berenang, diving, dan juga snorkeling di pantai ini, dan berbagai hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini.

6 dari 6 halaman

Kuliner Wisata Lombok

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan paling populer di Lombok. Ayam taliwang biasanya dimasak dengan beberapa pilihan, yaitu dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar. Ayam Taliwang akan semakin lezat jika menggunakan ayam kampung, Kelezatan dari ayam taliwang juga terdapat dibumbunya yang super pedas.

Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung memiliki cita rasa yang membuat para pecinta kuliner ketagihan. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng.

Bebalung

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe.

Ares

Ares adalah sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang memakai santan ini cukup unik dan gurih. Ares dahulu dikenal karena merupakan makanan tradisional Suku Sasak, yang disajikan pada acara pernikahan hingga saat ini populer dan menjadi salah satu makanan khas Lombok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.