Sukses

5 Cara Membuat Jurnal Ilmiah yang Benar, Perhatikan Penulisan dan Penyusunannya

Liputan6.com, Jakarta Jurnal ilmiah biasanya dibuat oleh individu yang tergabung dalam komunitas ilmuwan. Ada mahasiswa, guru, dosen, peneliti, profesor, jurnalis, dan masih banyak lagi. Cara membuat jurnal ilmiah mirip dengan proses pembuatan skripsi, tetapi lebih sederhana.

Jurnal ilmiah memuat judul, abstrak, pendahuluan, pembahasan atau analisis, kesimpulan, dan daftar pustaka. Cara membuat jurnal ilmiah biasanya memuat laporan penelitian, proposal teori yang belum diuji, sampai review literatur. 

Intinya dari cara membuat jurnal ilmiah adalah bagian isinya lebih ringkas daripada karya ilmiah seperti skripsi. Segala sub bab di dalamnya lebih singkat, padat, dan jelas. Perhatikan juga bahwa jurnal ilmiah hanya terdiri dari 20 halaman saja, tidak lebih.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat jurnal ilmiah dari berbagai sumber, Selasa (16/3/2021).

 

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Bagian Judul

Cara membuat jurnal ilmiah yang pertama menentukan judul. Jurnal penelitian karya ilmiah seperti jurnal, harus memiliki judul yang jelas. Penulisan judul akan memudahkan pembaca memahami keseluruhan inti jurnalnya.

Jika tidak ingin susah-susah membuat judul jurnal penelitian lagi, bisa menggunakan judul sama dalam skripsi yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan lagi bahwa cara membuat jurnal ilmiah sudah tepat, artinya judul penelitian dari skripsi tidak memiliki makna ganda.

Jumlah kata dalam judul penelitian akan lebih mudah dipahami jika tidak lebih dari 12 kata. Untuk cara membuat jurnal ilmiah berbahasa indonesia tidak boleh lebih dari 12 kata dan cara membuat jurnal ilmiah berbahasa inggris tidak boleh lebih dari 10 kata.

Judul yang semakin singkat akan semakin mudah dipahami oleh pembaca. Letak judul dalam jurnal penelitian terletak di tengah atas halaman, huruf kapital, dan dicetak tebal.

Perhatikan penulisan nama dalam proses cara membuat jurnal ilmiah ini. Urutan menulis nama dalam jurnal penelitian dari skripsi harus runtut. Di mulai dari nama penulis, nama pembimbing, dan tanpa gelar akademik.

Penulisannya sangat dianjurkan dengan disertai nama lembaga. Seperti nama prodi, fakultas, dan universitas. Kemudian ditambah dengan alamat terang dan email penulis.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Bagian Abstrak

Cara membuat jurnal ilmiah pada bagian abstrak biasanya diselesaikan paling akhir. Itu artinya saat bagian pendahuluan, metode, pembahasan atau analisis, kesimpulan, dan daftar pustaka diselesaikan.

Abstrak memuat informasi bagi pembaca mengenai isi dari suatu karya ilmiah yang sudah dibuat. Abstrak adalah bentuk ringkasan atau penjelasan singkat untuk memudahkan pembaca memahami isi karya ilmiah dengan mudah.

Unsur Abstrak

1. Cara membuat abstrak harus memuat unsur argumentasi yang logis dan dibarengi dengan observasi untuk memecahkan sebuah problem.

2. Cara membuat abstrak harus memuat unsur metode atau pendekatan yang dipakai untuk memecahkan sebuah problem.

3. Cara membuat abstrak harus memuat unsur hasil yang dicapai dan kesimpulan yang dapat diambil dari karya ilmiah tersebut.

4. Cara membuat abstrak harus memuat unsur yang dibuat dengan sederhana, singkat, padat, dan jelas.

Struktur Abstrak

1. Cara membuat absrak dari struktur judul penelitian diketik dengan menggunakan capital font dan size 14, positin center text dan di buat dengan bold.

2. Cara membuat absrak dari struktur dengan sub judul maka sama dengan judul hanya saja size diubah menjadi 12.

3. Cara membuat absrak dari struktur nama peneliti ditulis tanpa menggunakan gelar hanya saja diberi nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.

4. Cara membuat absrak dari struktur nama jurusan atau program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.

5. Cara membuat absrak dari struktur email ketua peneliti saja yang dicantumkan posisi center dengan font size 12.

6. Cara membuat absrak dari struktur judul bagian “ABSTRAK” ditulis dengan huruf besar posisi center dengan cetak tebal atau bold.

7. Cara membuat absrak dari struktur isi abstrak ditulis dengan posisi rata kanan kiri dengan jumlah kata maksimal 250 kata dengan menggunakan font size 12.

8. Cara membuat absrak dari struktur kata kunci dibuat dengan rata kanan-kiri.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Bagian Pendahuluan

Pendahuluan

Cara membuat jurnal ilmiah bagian pendahuluan dalam hampir sama dengan skripsi, tetapi lebih ringkas. Pendahuluan akan memaparkan tentang kasus yang hendak dibahas. Kasus ini harus sesuai dengan judul jurnal penelitian. Mulailah dari membahas persoalan kasus, kemudian dikaitkan dengan teori, dan di akhiri tujuan penelitian.

Cara membuat jurnal ilmiah bagian pendahuluan dengan mendahulukan kasus, akan lebih mudah memahamkan pembaca mengenai kasus yang hendak diteliti. Pendahuluan ini ditulis dengan spasi 2 dan tidak lebih dari 4 halaman. Lebih baik perbanyak pembahasan atau analisis daripada pendahuluannya.

Metode Penelitian

Dalam proses cara membuat jurnal ilmiah tetap harus mencantumkan metode penelitian. Bila jurnal dibuat dari skripsi, pembuatan metode bisa meringkas dari sana. Cara membuat jurnal ilmiah memaparkan pencarian data dan batasan masalah penelitian.

Jika penelitiannya kuantitatif maka paparkan metode yang sesuai dengan teorinya, misalnya peralatan atau percobaan yang digunakan. Jika penelitiannya kualitatif sesuaikan dengan teorinya, misalnya seperti metode pengumpulan datanya.

Cara membuat jurnal ilmiah memiliki aturan khusus, penulisan jurnal penelitian adalah tetap memaparkan secara rinci dan jelas metodenya. Tujuannya agar pembaca memiliki pengentahuan dan teknik dasar penelitian baru atau lanjutan. Penulisan Metode diketik dengan 2 spasi dan kurang lebih 1 halaman.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Bagian Analisis

Pembahasan atau Analisis

Cara membuat jurnal ilmiah bagian pembahasan atau analisis tetap menggunakan subbab. Hal ini diterapkan untuk memudahkan pembahasan atau analisis yang akan dipaparkan.

Penulisannya dengan diketik 2 spasi dan tidak lebih dari 6-8 halaman. Pembahasan dalam jurnal penelitian dari skripsi ditulis dengan meringkas dari skripsi. Bila tidak dari skripsi, buat seringkas mungkin dan tidak perlu terlalu banyak.

Ringkaslah dengan lebih jelas dengan model atau teori yang digunakan. Jangan lupa untuk memaparkan terlebih dahulu bagian penemuannya. Memaparkan penemuan akan memudahkan pembaca memahami hasil dari penelitian.

Kesimpulan

Kesimpulan bukan bagian akhir dari pembuatan jurnal. Dalam menulis jurnal penelitian dari skripsi bisa dibuat lagi atau meringkas dari skripsi. Cobalah dengan mulai memaparkan pembuktian hipotesis penelitian dengan lebih ringkas.

Cara membuat jurnal ilmiah bagian kesimpulan tidak boleh dengan membuat penyimpulan baru. Kesimpulan memuat segala yang sudah dijelaskan pada bagian pembahasan atau analisis.

Tetap perhatikan untuk menulisnya dengan menjawab rumusan masalah yang sudah dibuat. Tuliskan juga kelebihan dan kekurangan penelitian. Terakhir tuliskan saran yang tepat untuk penelitian selanjutnya.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Jurnal Ilmiah Bagian Daftar Pustaka

Daftar pustaka jurnal ilmiah bisa dibuat dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, artikel, skripsi, berita, email, website, dan lain sebagainya. Cara membuat jurnal ilmiah bagian daftar pustaka sudah pasti tidak sama semua, ada aturan dari setiap sumber yang digunakan.

Ketika di bangku sekolah menengah, biasanya akan diajarkan untuk menulis daftar pustaka dengan format 'NATAJUKOPEN' yakni singkatan dari nama - tahun - judul - kota - penerbit.

Untuk tanda pemisah dari cara membuat jurnal ilmiah bagian daftar pustaka yang umum, menggunakan titik (.) kecuali kota dan penerbit menggunakan tanda titik dua (:). Namun untuk instansi tertentu atau universitas biasanya punya panduan khusus tentang format kepenulisan.

Cara menulis daftar pustaka untuk jurnal ilmiah dari website menurut MLA adalah dengan susunan yang meliputi judul artikel, nama website, tanggal artikel dibuat, waktu akses, alamat website (URL) lengkap.

Modern Language Association MLA adalah salah satu organisasi studi bahsa dan sastra asal Amerika. Gaya penulisan MLA kerap digunakan untuk menulis paper atau tulisan ilmiah di seluruh dunia.