Sukses

18 Kuliner Cirebon yang Paling Terkenal, Enak dan Bikin Ketagihan

Mayoritas kuliner Cirebon yang terkenal punya cita rasa gurih, asam, dan manis.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan kunjungan wisata ke kota Cirebon, wajib banget mencicipi kuliner Cirebon yang terkenal. Makanan di kota Para Wali ini dikenal punya cita rasa yang enak dan bikin nagih, khas banget.

Mayoritas kuliner Cirebon rasanya gurih, asam, dan manis. Untuk berwisata kuliner di sini, pengunjung bisa menemukannya di sepanjang jalan kota, pasar, dan sekitar tempat wisata. Harganya pun terjangkau, ramah dikantong para pelancong. 

Salah satu kota di provinsi Jawa Barat ini berdasarkan catatan sejarah diduduki oleh sekelompok masyarakat Sunda, Jawa, Tionghoa, sampai Arab. Hal ini yang membuat kuliner Cirebon wajib dicoba, berasal dari paduan aneka macam budaya sejak zaman kolonial Belanda.

Berikut Liputan6.com ulas kuliner Cirebon, Jawa Barat yang terkenal dari berbagai sumber, Kamis (18/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud merupakan salah satu kuliner Cirebon yang terkenal dan wajib kamu kunjungi. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai macam menu empal gentong yang sangat enak. Bahkan daging dalam empal gentong ini terasa empuk dan tidak keras.

Tak hanya empal gentong, di tempat kuliner Cirebon yang terkenal ini pun terdapat menu empal asem. Rasa kuah empal asemnya pun sangat menyegarkan, berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan. Kamu juga bisa menikmati empal ini dengan menggunakan lontong dan nasi.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot merupakan kuliner Cirebon yang terkenal dan ada cukup lama, bahkan sampai di luar daerah Cirebon. Tahu Gejrot sendiri dibuat dari tahu pong atau tahu kosong yang dipotong-potong kecil, kemudian diguyur dengan kuah cuka dan kombinasi cabai dan bumbu-bumbu lainnya.

Tahu Gejrot sangat khas dengan rasanya yang asam manis pedas. Jika ingin menikmati kuliner Cirebon yang terkenal ini, tidak perlu susah-susah untuk mencarinya karena Tahu Gejrot banyak dijual di jalan-jalan Cirebon, pasar, tempat wisata, hingga di sentra oleh-oleh khas Cirebon.

Seafood H. Moel

Cirebon merupakan kota pesisir, yang tentunya sajian seafood segar di sini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berbagai sajian seafood yang menggugah selera bisa kamu temukan di Cirebon. Salah satu tempat kuliner Cirebon yang terkenal sajian seafood-nya adalah Rumah Makan Haji Moel.

Menu wajib yang harus kamu cicipi di tempat kuliner Cirebon yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini adalah adalah kepiting saus padang-nya yang membuat kamu tak ingin berhenti menyeruput cangkangnya.

Tidak hanya seafood saja, tempat kuliner Cirebon ini pun menyajikan Chinese food, seperti kwetiau goreng, kwetiau rebus, hingga capcai. Sedangkan berbagai olahan seafood yang biasanya dipesan adalah udang saus tiram, sate cumi, gurame goreng, kerang rebus, dan lain-lain.

3 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Mi Koclok Mang Sam

Mi Koclok Mang Sam merupakan kuliner Cirebon yang usianya sudah lebih dari setengah abad. Sepiring mie berukuran besar disiram dengan kuah kental bersantan sehingga rasanya gurih dapat kamu nikmati di tempat ini. Selain mie koclok, gado-gadonya juga tak kalah menggoda. Setelah diberi bumbu kacang, gado-gado juga disiram dengan kuah mie koclok.

Es Cuwir

Cuwing atau cuing adalah sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau (Tiliacora triandra). Es cuwing dari kuliner Cirebon ini memiliki kuah santan yang lebih pekat dengan tambahan sirup dan gula merah. Kadang masih dilengkapi dengan 'pernak-pernik' seperti cendol sagu, kental manis, atau kelapa muda.

Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur merupakan kuliner Cirebon yang sudah terkenal sejak dulu dan selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, tempat kuliner Cirebon yang selalu ramai ini menyediakan sajian utama, yakni nasi jamblang.

Nasi jamblang merupakan nasi yang diberikan alas daun jati. Untuk lauknya, tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya. Nasi Jamblang ini terkenal dengan aromanya yang wangi.

4 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Bubur M. Toha

Bubur M. Toha merupakan kuliner Cirebon yang sangat terkenal. Buka selama 24 jam, kamu bisa menikmati bubur M. Toha yang begitu terkenal ini kapanpun kamu mau. Menu bubur ayam yang lengkap dengan berbagai topping yang menambah kelezatan tersedia di warung makan satu ini.

Kamu juga bisa memesan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam di tempat kuliner Cirebon ini. Tempat makan ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli, oleh karena itu, kamu harus pandai mencari waktu untuk berkunjung.

Gado-Gado Ayam

Ada gado-gado ayam yang termasuk kuliner Cirebon karena keunikannya. Makanan ini menggunakan bahan-bahan yang sama dengan gado-gado sayuran, yaitu lontong, tauge, telur, tahu, mentimun, emping, kerupuk kanji, dan kentang. Tetapi masih ditambah suwiran ayam, bawang goreng, dan kuah kuning kental mirip opor.

Kue Tapel

Kue yang bentuknya mirip crepe ini termasuk jajanan yang sudah mulai langka di Cirebon. Secara penampilan dan aroma, kuliner Cirebon ini mirip dengan ledre yang berbahan pisang.

Warnanya kecoklatan dan memiliki rasa manis legit. Warisan kuliner Cirebon yang sudah ada sejak zaman kesultanan ini dibuat dari tepung terigu, ketan, gula merah, pisang, dan kelapa. Saat dimasak, aroma pisang dan kelapanya bakal menyebar di udara.

 

5 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Restoran Seafood Jumbo

Penyuka seafood atau olahan masakan laut harus berkunjung ke tempat kuliner Cirebon yang satu ini. Sesuai namanya, restoran seafood jumbo ini menyajikan hidangan seafood seperti udang atau kepiting dengan ukuran jumbo. Namun, seafood dalam ukuran normal juga dihidangkan disini. Kamu akan merasa sangat puas karena selain rasa masakan yang enak harga menu dirumah makan ini juga cukup terjangkau.

Bubur Sop Ayam

Bisa dikatakan bubur sop ayam adalah bubur ayam yang disajikan bersama kuah melimpah. Kuliner Cirebon yang terkenal ini punya tekstur tidak terlalu encer, lebih mirip nasi tim yang dimasak dengan banyak air.

Selain kuah yang melimpah, bubur sop juga disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang kedelai, daun bawang, seledri, ampela, kol, soun, dan irisan ayam yang melimpah pula. Tak ketinggalan pula tauco dan kerupuk kanji untuk menambah tekstur renyah. Sarapan dengan makanan yang satu ini dijamin bikin kenyang.

Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno merupakan salah satu kuliner Cirebon yang terkenal. Nasi lengko bisa menjadi pilihan menu makan siang bagi kamu yang vegetarian. Seporsi nasi yang dilengkapi dengan tahu, tempe, tauge rebus, potongan mentimun segar, dan taburan daun kucai yang disiram dengan bumbu kacang akan mengenyangkan perut kamu. Nasi Lengko ini mungkin terlihat sederhana, namun saat kamu mencobanya, kamu akan merasa ketagihan.  

6 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Empal Asam

Wisata kuliner Cirebon yang satu ini cukup mirip dengan Empal Gentong. Bedanya Empal Asam dan Empal Gentong adalah pada kuahnya. Empal Asam memiliki kuah yang bening, sedangkan Empal Gentong memiliki kuah yang lebih kuning karena campuran santan dan rempah. Bahan utama Empal Asam adalah kaldu dan belimbing wuluh. Sudah kebayangkan rasanya Empal Asam?

Empal Asam memiliki rasa yang cukup asam tapi segar karena perpaduan kaldu dan belimbing wuluhnya. Belimbing wuluh inilah yang membuat Empal Asam memiliki rasa yang cukup asam. Namun jangan khawatir dengan rasanya. Empal Asam juga sangat cocok dinikmati untuk sarapan, hingga makan malam.

Mi Colot

Kuliner yang disebut mie colot adalah mie yamin ala Cirebon. Kuliner Cirebon ini terbuat dari mi dengan helaian tipis dan halus yang direbus bersama sawi hijau. Setelah itu diaduk dengann minyak ayam dan kecap manis, lalu disajikan dengan topping ayam dan jamur masak kecap. Biasanya disertakan juga kuah bakso dengan isian siomay, bakso tahu, atau bakso kenyal di mangkuk terpisah.

Restoran Klapa Manis

Restoran Klapa Manis ini merupakan tempat kuliner Cirebon yang memiliki dekorasi dan desain tempat yang sangat indah. Di sini kamu dapat melihat pemandangan alam yang memanjakan mata.

Kalau ingin melihat pemandangan Cirebon saat malam hari, kamu bisa memesan tempat makan di lantai yang paling atas, sehingga kamu akan mendapatkan sajian pemandangan gemerlap lampu kota.

Menu andalan Restoran Klapa Manis ini yaitu, nasi tutug oncom, nasi bakar tongkol, nasi timbel polos, nasi pepes, dan lain-lain. Kamu juga bisa memesan berbagai macam olahan sayur, olahan daging, seafood, tahu, tempe, dan sambal. Restoran ini menyediakan berbagai olahan makanan yang lengkap.

7 dari 7 halaman

Kuliner Cirebon yang Terkenal

Docang

Wisata kuliner cirebon berikutnya adalah Docang. Docang adalah makanan khas Cirebon dengan bahan lontong, dicampur daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang khas.

Setelah itu campuran-campuran di atas di siram dengan kuah panas yang sudah diolah dan dibumbui dengan rempah-rempah pilihan dan tempe oncom.

Docang memiliki rasa yang gurih, segar, dan rasa pedas dari sambalnya. Sama seperti kuliner Cirebon sebelumnya, Docang bisa dinikmati untuk sarapan hingga makan malam.

Mi Petruk

Kuliner Cirebon yang disebut mie petruk ini adalah mi goreng Jawa yang disajikan dengan gerobak kaki lima. Minya sendiri disajikan dengan bumbu uleg berbalut kecap manis.

Mi telur kuning dimasak bersama sawi, kol, dan irisan tomat. Setelah itu disajikan bersama suwiran ayam, kerupuk kulit, dan sambal hijau yang diletakkan di sendok. Pelanggan bisa memesan mi petruk goreng, kuah, atau nyemek.

Sate Kalong

Ada sate kalong yang kerap diburu pecinta kuliner Cirebon di malam hari. Meskipun namanya sate kalong, kuliner Cirebon yang satu ini tidak terbuat dari dari daging kelelawar, kok.

Sate kalong justru dibuat dari daging kerbau. Secara tradisional, para pedagang sate kerbau menjajakan menu andalan mereka ini pada malam hari. Karena itulah disebut dengan nama sate kalong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini