Sukses

Viral Kisah Wanita Mengidap Polidaktili, Punya 24 Jari Sejak Lahir

Belum lama ini viral di TikTok seorang wanita bagikan cerita ia terlahir mengidap kelainan polidaktili.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pastinya mempunyai kekurangan dan kelebihan. Namun seperti apa bentuk tubuh kita ketika lahir merupakan bentuk sempurna yang diciptakan oleh Sang Pencipta. Bersyukur adalah salah satu cara menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri seseorang.

Tak sedikit orang yang terlahir dengan tanda lahir atau kelainan yang bisa terbilang unik, salah satunya adalah polidaktili. Polidaktili adalah cacat atau kelainan bawaan yang membuat bayi lahir dengan tambahan jumlah jari tangan atau kaki. Polidaktili adalah kondisi yang bisa terjadi pada salah satu maupun kedua tangan atau kaki. 

Jumlah jari yang lebih banyak dari kebanyakan orang pada umumnya membuat seseorang yang terlahir dengan kelainan bawaan polidaktili bisa memilih untuk melakukan operasi atau membiarkannya. Belum lama ini viral di TikTok seorang wanita yang bagikan cerita uniknya tentang ceritanya lahir dengan kelainan bawaan polidaktili.

Dalam laman TikTok, ia menjelaskan semua pertanyaan warganet. Awal mula videonya viral lantaran tak sedikit warganet yang salah fokus dengan jumlah jarinya yang lebih dari 5.

Cerita wanita yang mengidap kelainan bawaan polidaktili ini dilansir Liputan6.com pada laman TikTok @woiguavio pada Kamis (18/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelainan Bawaan Polidaktili

Tak sedikit warganet yang salah fokus ketika melihat salah satu bagian anggota tubuh seseorang berbeda. Berkembangnya media sosial membuat tak sedikit orang unggah ragam video random di media sosial dan membuat warganet salah fokus jika ada sesuatu yang aneh dan tak pernah terlihat sebelumnya.

Mempunyai kelainan bawaan sejak lahir kerap dialami oleh tak sedikit orang. Kelainan bawaan tersebut tak jarang membuat seseorang merasa aneh dan bertanya-tanya tentang kelainan bawaan tersebut. Oleh sebab itu, seseorang yang mengidap kelainan bawaan tersebut pun menjelaskan terkait kelainan bawaan sejak lahir ini kepada warganet.

Seperti yang belum lama ini viral dan melintasi linimasa FYP dimana seorang wanita membagikan cerita uniknya dengan kelainan bawaan polidaktili yang ia derita sejak lahir. Banyak warganet yang salah fokus dengan jumlah jari tangan sang pemilik akun dan bertanya langsung pada kolom komentar.

@woiguavio

Balas @aang.putr4 Jari 24 chekkkkk . udah terjawab yaaa bund penasaran nya 😬 #fypgakni ? jangan sampe ga #trandingtiktok 😌

♬ original sound - Korban Nya Naga 🐲 - V_iooooo✨

Dalam video tersebut sang pemilik akun menjelaskan bahwa ia memang memiliki 12 jari tangan dan 12 jari kaki. Sang pemilik akun pun menghitungnya agar warganet bisa melihat langsung detail jari kakinya yang berjumlah 24. Setelah unggahan video tersebut, ada banyak pertanyaan yang muncul dan membuat sang pemilik akun harus menjelaskannya pada video lanjutan.

Salah satu yang bikin salah fokus yakni terlihat bahwa salah satu jarinya menggantung, tak heran jika kemudian warganet bertanya-tanya. Setelah dijelaskan, jari yang menggantung tersebut merupakan bagian dari jari kanannya yang ia beri nama si bontot.

Walaupun jumlah jarinya lebih banyak dari kebanyakan orang pada umumnya, namun semua jarinya terlihat sempurna, khususnya jari kakinya. Jika tidak diperhatikan, rupanya seseorang akan salah fokus bahwa jumlah jari kakinya adalah 10.

3 dari 5 halaman

Tidak Ada Keluarga yang Mengidap Kelainan Polidaktili

@woiguavio

Balas @ziafafa8 polidaktili gasih?

♬ original sound - Korban Nya Naga 🐲 - V_iooooo✨

Lantaran banyak warganet yang penasaran, tak sedikit yang bertanya kapan jari tersebut muncul. Sang pemilik akun pun menjelaskan bahwa ia mengidap kelainan tersebut sejak lahir. Kemudian sang pemilik akun juga menambahkan bahwa dalam keluarga hanya ia sendiri yang mengidap kelainan tersebut.

Dalam video tersebut ia juga menjelaskan bahwa ia juga merasa heran lantaran mengidap kelainan polidaktili ini hanya sendiri. Walaupun menerima ragam komentar negatif, namun sang pemilik akun tetap percaya diri dan mendapatkan banyak dukungan dari para pengikutnya yang lain.

4 dari 5 halaman

Tidak Mau Dioperasi

@woiguavio

Balas @ceoffoverthinking ☺️

♬ original sound - Korban Nya Naga 🐲 - V_iooooo✨

Setelah unggahannya viral dan membuat salah fokus, banyak warganet yang bertanya-bertanya mengapa jarinya tersebut tidak dioperasi. Sang pemilik akun pun menjelaskan bahwa saat ia lahir, orang tuanya berencana melakukan operasi untuk menghilangkan kelebihan jari tersebut. Namun setelah beranjak dewasa, wanita yang akrab disapa Vio menuturkan bahwa ia memilih untuk membiarkan jari tersebut.

5 dari 5 halaman

Tidak Mati Rasa

@woiguavio

Balas @remukan_intip sakit 😓

♬ original sound - Korban Nya Naga 🐲 - V_iooooo✨

Ada beragam pertanyaan yang muncul lantaran penasaran dengan kelainan yang diidap oleh Vio. Dalam video lanjutan, Vio menjelaskan bahwa jari bontotnya itu sama seperti jari lainnya yang dapat merasakan sakit.

Banyak yang mengira jari paling kecilnya itu mati rasa dan berbeda dengan jari pada umumnya. Namun setelah dijelaskan, jari tersebut sama saja dengan jari kebanyakan orang. Selain itu, walaupun tetap bisa merasakan sama seperti jari lainnya, namun salah satu jari yang ia beri nama bontot ini tidak bisa digerakkan dan pasif. 

Sang pemilik akun juga membagikan ceritanya bahwa Ia pernah merasa insecure dan dibully saat masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Namun seiring Ia beranjak dewasa, Vio tidak pernah insecure dan bangga atas apa yang ia miliki saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.