Sukses

10 Macam-Macam Bencana Alam di Indonesia, Ketahui Potensi Ancamannya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bencana alam banyak terjadi di Indonesia. Sebagai negara yang terletak di lokasi geografis yang rawan bencana, macam-macam bencana alam nampaknya penting untuk diketahui. Bencana alam adalah bencana yang terjadi oleh peristiwa yang disebabkan oleh alam. 

Macam-macam bencana alam sudah sering menjadi berita utama global. Bencana bisa terjadi di mana saja, kapan saja. Macam-macam bencana alam telah merenggut nyawa yang tak terhitung jumlahnya dan menyebabkan kerusakan yang sangat besar sepanjang sejarah. Ini sebabnya, setiap orang harus waspada dengan bencana yang bisa terjadi.

Macam-macam bencana alam bisa terjadi murni karena alam atau adanya campur tangan manusia. Macam-macam bencana alam tentunya memberi dampak buruk, baik untuk lingkungan, masyarakat, hingga kehidupan secara luas. Berikut macam-macam bencana alam di Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/03/2021).

2 dari 7 halaman

Indonesia sebagai negara rawan bencana

Menurut BNPB, Indonesia merupakan negara yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik, yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Bagian selatan dan timur Indonesia juga terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera - Jawa – Nusa Tenggara - Sulawesi. Sisi ini terdiri dari pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah.

Semua kondisi ini membuat Indonesia berada pada posisi rawan bencana alam seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. Data menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kegempaan yang tinggi di dunia.

Wilayah Indonesia juga terletak di daerah iklim tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan. Negara dengan dua iklim ini juga memiliki perubahan cuaca, suhu dan arah angin yang cukup ekstrim. Kondisi iklim ini dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan kekeringan.

3 dari 7 halaman

Macam-macam bencana alam di Indonesia

Gempa bumi

Macam-macam bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia adalah gempa bumi. Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan. Di Indonesia, gempa bumi sering terjadi karena pergerakan lempeng bumi dan aktivitas vulkanik gunung api. Gempa bumi yang disebabkan karena interaksi lempeng tektonik dapat menimbulkan gelombang pasang apabila terjadi di samudera.

Letusan gunung api

Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung berapi teraktif dari semua negara di dunia. Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia merupakan tiga lempeng tektonik aktif yang menyebabkan terjadinya zona subduksi yang membentuk gunung berapi tersebut.

Letusan gunung api merupakan bagian dari aktivitas vulkanik yang dikenal dengan istilah "erupsi". Bahaya letusan gunung api dapat berupa awan panas, lontaran material (pijar), hujan abu lebat, lava, gas racun, tsunami dan banjir lahar.

4 dari 7 halaman

Macam-macam bencana alam di Indonesia

Tsunami

Dengan wilayah yang sangat dipengaruhi oleh pergerakan lempeng tektonik ini, Indonesia sering mengalami tsunami. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan. "tsu" berarti lautan, "nami" berarti gelombang ombak.

Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak laut raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Tsunami yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh gempa-gempa tektonik di sepanjang daerah subduksi dan daerah seismik aktif lainnya.

Wilayah pantai di Indonesia merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana tsunami terutama pantai barat Sumatera, pantai selatan Pulau Jawa, pantai utara dan selatan pulau-pulau Nusa Tenggara, pulau-pulau di Maluku, pantai utara Irian Jaya dan hampir seluruh pantai di Sulawesi. Laut Maluku adalah daerah yang paling rawan tsunami.

Banjir

Banjir adalah peristiwa atau keadaan dimana terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat. Banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba dengan debit air yang besar yang disebabkan terbendungnya aliran sungai pada alur sungai.

Macam-macam bencana alam ini biasanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi saat musim hujan tiba. Banjir juga termasuk macam-macam bencana alam di Indonesia yang bisa terjadi karena campur tangan manusia. Kkombinasi aktivitas manusia yang merugikan seperti penggundulan hutan atau saluran air yang tersumbat oleh sampah, hal ini dapat menyebabkan sungai meluap dan mengakibatkan banjir.

5 dari 7 halaman

Macam-macam bencana alam di Indonesia

Tanah longsor

Tanah longsor merupakan salah satu jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng. Tanah longsor termasuk bencana alam hidrometeorologi, sama seperti banjir.

Kekeringan

Kekeringan adalah ketersediaan air yang jauh di bawah kebutuhan air untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan. Adapun yang dimaksud kekeringan di bidang pertanian adalah kekeringan yang terjadi di lahan pertanian yang ada tanaman (padi, jagung, kedelai dan lain-lain) yang sedang dibudidayakan .

 

6 dari 7 halaman

Macam-macam bencana alam di Indonesia

Puting beliung

Angin puting beliung adalah angin kencang yang datang secara tiba-tiba, mempunyai pusat, bergerak melingkar menyerupai spiral dengan kecepatan 40-50 km/jam hingga menyentuh permukaan bumi dan akan hilang dalam waktu singkat (3-5 menit).

Badai

Gelombang pasang atau badai adalah gelombang tinggi yang ditimbulkan karena efek terjadinya siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia dan berpotensi kuat menimbulkan bencana alam. Indonesia bukan daerah lintasan siklon tropis tetapi keberadaan siklon tropis akan memberikan pengaruh kuat terjadinya angin kencang, gelombang tinggi disertai hujan deras.

7 dari 7 halaman

Macam-macam bencana alam di Indonesia

Abrasi

Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Walaupun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, namun manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi.

Kebakaran hutan

Kebakaran adalah situasi dimana bangunan pada suatu tempat seperti rumah/pemukiman, pabrik, pasar, gedung dan lain-lain dilanda api yang menimbulkan korban dan/atau kerugian. Kebakaran hutan paling sering terjadi karena ulah manusia. Ini disebabkan oleh masyarakat Indonesia memiliki kesadaran yang rendah tentang praktik lingkungan yang berkelanjutan.