Sukses

Biasa Dilakukan, 7 Gestur Tubuh Ini Berikan Sinyal Negatif untuk Lawan Bicara

Hindari beberapa gestur tubuh ini ketika sedang bicara dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Gestur tubuh merupakan salah satu cara untuk mengetahui tentang apa yang dirasakan oleh seseorang. Gestur tubuh dapat menjelaskan banyak bahkan bisa bermakna negatif ataupun positif ketika dilakukan.

Beberapa gestur tubuh bisa membuat seseorang terlihat kurang menarik, bahkan mungkin dipandang sebelah mata dan membuat seseorang berpikir negatif tentang dirimu. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk tidak melakukan gestur tubuh yang membuat seseorang terlihat kurang menarik.

Gestur tubuh dapat menjelaskan banyak hal tentang seseorang. Gestur tubuh adalah semacam clue untuk seseorang yang sulit untuk mengungkapkan perasaan yang tengah dihadapi. Tak dipungkiri juga rupanya beberapa gestur tubuh yang dilakukan bisa bermakna negatif dan membuat seseorang terlihat kurang menarik.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang gestur tubuh yang membuat seseorang terlihat kurang menarik, Kamis (18/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gerakan Mencengkeram Tangan

Gerakan pergelangan tangan mencengkeram biasa dilakukan seseorang ketika berjalan atau berbicara. Jika bertemu orang penting sebaiknya tidak melakukan gerakan tangan tersebut. Menggenggam tangan lainnya di belakang punggung memberikan sinyal negatif yang kuat kepada orang lain. 

Dilansir dari Brightside, seseorang yang melakukan gerakan tersebut biasanya sedang murung dan marah. Apabila seseorang semakin menggenggam erat tangan lainnya di belakang punggung itu semakin membuat seseorang terlihat tidak menarik.

3 dari 8 halaman

2. Pergelangan Kaki Menyilang

Bagi sebagian orang mungkin pernah melakukan pergerakan satu ini. Namun harus diketahui bahwa gerakan pergelangan kaki menyilang ini bermakna negatif dan membuat seseorang yang melakukannya terlihat tidak menarik. Pergelangan kaki yang disilangkan menunjukkan bahwa kita tidak sepenuhnya percaya pada hal-hal yang sedang kita bicarakan.

Selain itu, jika seseorang melakukan pergelangan kaki menyilang sembari masukkan tangan kedalam saku, seseorang disebut sedang berusaha untuk menyimpan kecemasan. Isyarat ini memiliki banyak arti yang perlu ditafsirkan secara keseluruhan, tetapi dalam banyak kasus kita hanya menggunakannya saat kita gugup.

4 dari 8 halaman

3. Tangan Ibarat Menunjuk ke Arah Orang Lain

Gerakan satu ini mungkin sering dilakukan seseorang ketika berbicara dengan orang lain. Namun tanpa sadar rupanya gerakan tersebut membuat seseorang terlihat kurang menarik. Jika Anda sedang duduk di depan meja dan berbicara dengan seseorang, jangan letakkan lengan seperti yang ditunjukkan pada foto di atas. Untuk orang yang dajak bicara, gerakan tersebut mungkin berbunyi "Tolong, berhenti bicara." dan itu tidak membuat kamu menjadi mitra percakapan yang menyenangkan.

Saat sedang bertemu dengan orang penting memang ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tidak salah memahami. Saat sedang bersama sahabat dan tidak dalam acara formal sepertinya gerakan satu ini tidak masalah jika dilakukan.

5 dari 8 halaman

4. Mengepal Tangan

Gerakan satu ini merupakan salah satu gerakan yang sering dilakukan oleh seseorang. Saat melakukan gerakan tersebut, seseorang akan merasa lebih tenang ketika sedang merasa tegang saat bertemu dan berbicara dengan seseorang. Namun rupanya geraka tersebut memberikan sinyal negatif untuk lawan bicara.

Tangan yang mengepal adalah versi mini dari menyilangkan tangan di depan dada yang bermakna seperti 'Saya ingin menutup diri, saya tidak di sini, dan itu bukan urusan Anda.' Suatu kalimat yang mengecewakan orang lain atau bahkan membuat seseorang menjadi tidak menarik bukan?

6 dari 8 halaman

5. Tangan Mengepal dalam Posisi Terangkat

Gerakan satu ini tidak jauh beda dengan gerakan mengepal tangan sebelumnya. Tangan yang mengepal dalam posisi terangkat ini adalah modifikasi dari gerakan sebelumnya, namun bermakna lebih buruk. Oleh sebab itu sebaiknya tidak melakukan gerakan seperti pada gambar ketika sedang berbicara dengan orang penting.

Gerakan tersebut memberikan makna bahwa seseorang ingin menghidar dari lawan bicara atau makan lebih mudahnya bersembunyi dibalik kepalan tangan yang terangkat ini.

7 dari 8 halaman

6. Menunjuk dengan Ibu Jari

Gerakan satu ini sepertinya biasa dilakukan. Namun rupanya gerakan tersebut miliki makna lain yakni dianggap sebagai tanda tidak hormat.

Melansir dari Brightside, gerakan mengarahkan jempol ke belakang ini bermakna, "Ya, saya tahu, saya tahu." Kalimat tersebut terdengar tidak enak bukan? Atau bahkan bisa menyakiti hati lawan bicara.

8 dari 8 halaman

7. Tangan Menutupi Mulut

Saat sedang berbicara dengan orang lain, gerakan satu ini sering dilakukan. Gerakan tersebut terlihat seperti gerakan santai yang menunjukkan makna bahwa tengah menikmati obrolan dengan lawan bicara. Dilansir dari Brightiside, seseorang yang melakukan gerakan tersebut menunjukkan bahwa seseorang tengah menyembunyikan sesuatu.

Selain itu, gerakan tangan menutup mulut ini secara tak sadar bermakna bahwa seseorang sedang berbohong. Tak hanya itu, gerakan menutupi mulut ini bisa saja membuat lawan bicara tidak mendengar apa yang kamu katakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini