Sukses

Aprilia Manganang Dapat Nama Baru Usai Dinyatakan Resmi Jadi Pria, Ini 4 Faktanya

Setelah 28 tahun menjadi wanita, kini Aprilia Manganang dinyatakan resmi jadi pria.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini nama Aprilia Manganang menjadi perbincangan publik. Pasalnya, mantan atlet voli putri nasional itu mengejutkan publik dengan status gendernya. Kerap tampil maskulin dengan tubuh kekar, Aprilia Manganang sudah dikonfirmasi memiliki jenis kelamin pria.

Status gender Aprilia itu dikonfirmasi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Hal tersebut baru diketahui usai pemeriksaan medis pada Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Diketahui, anggota korps wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) ini mengalami kelainan hipospadia sejak kecil.

Karena kelainan ini, Aprilia Manganang harus menjalani pergantian status kependudukan dari wanita ke pria. Meski begitu, bentuk tubuh Aprilia memang sudah tampak seperti pria. Kini ia juga sudah menjalani operasi bedah korektif corrective surgery.

Sekarang Aprilia Manganang juga telah muncul di hadapan publik. Bersamaan dengan dinyatakan resmi jadi pria, Aprilia mendapat nama baru dari istri Jenderal Andika Perkasa. Berikut 4 fakta terkait nama baru Aprilia Manganang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dapat Nama Baru

Setelah jalani operasi dan resmi dinyatakan sebagai pria, Aprilia Manganang telah mendapatkan nama baru. Dilansir dari akun YouTube TNI AD Kamis, (18/3/2021) istri dari Jendral TNI Andika Perkasa, Hetty Andika Perkasa telah mempersiapkan nama baru untuk Aprilia Manganang.

"Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang 'Lanang'," papar istri Jenderal TNI Andika Perkasa.

3 dari 5 halaman

2. Arti Nama Baru Manganang

Bukan sembarangan nama yang diberikan untuk Aprilia Manganang. Dijelaskan oleh istri Jenderal Andika Perkasa, nama tersebut juga diiringi oleh doa baik. Nama 'Lanang' yang diambil dari Bahasa Jawa ini memiliki arti laki-laki. Di mana Ibu Hetty berharap Manganang bisa menjadi laki-laki sejati.

"Lanang itu lelaki, itu Bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang menjadi lelaki sejati. Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang. Untuk menjadi lelaki yang bisa menjadi kebanggaan saya," tuturnya.

4 dari 5 halaman

3. Ingin Bantu Jadi Lelaki Sejati

Sudah dianggap seperti anak sendiri, Hetty tampak menahan air matanya. Dia juga tak lupa mengungkapkan keinginannya untuk Manganang. Bahkan, Hetty Andika Perkasa juga telah meminta kepada sang suami untuk membantu Manganang menjadi laki-laki sejati.

"Memilih nama ini enggak gampang. Karena ini doa saya, mendoakan kamu supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat yang Tuhan buat untuk kamu karena kamu lahir sebagai lelaki. Kamu lahir sebagai lelaki dan saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," ungkap ibu Hetty sembari menahan air mata.

5 dari 5 halaman

4. Tak Berhenti Bersyukur

Usai jalani operasi dan mendapat nama baru, Aprilia Manganang tak berhenti mengucapkan terima kasih pada Jenderal TNI Andika Perkasa. Tak lupa ia pun bersyukur kepada Tuhan bahwa dirinya sudah melewati semuanya selama 28 tahun dan kini resmi dinyatakan sebagai pria.

"Ini momen yang saya tunggu bapak, momen yang bahagia banget. Puji Tuhan pada Tuhan Yesus, saya bisa melewati ini dan saya sangat bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk mempertemukan saya. Dan saya berterima kasih pada dokter yang sudah membantu saya, saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya hari ini bisa tercapai juga." ungkapnya.

"Seneng banget, aura yang dulu terpendam ini keluar dan fresh. Harapan ingin jadi orang berguna suatu saat nanti saya bekeluarga punya anak istri, saya pengen tunjukkan kasih sayang saya. Terima kasih sama bapak dan ibu," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini