Sukses

Kepanjangan BPJS adalah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial, Ketahui Fungsi dan Tugasnya

Liputan6.com, Jakarta Kepanjangan BPJS adalah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang merupakan badan hukum publik yang bertanggungjawab langsung kepada presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk PNS, penerimaan pensiun PNS, TNI/POLRI, veteran, perintis kemerdekaan beserta keluarganya dan badan usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS ini merupakan penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Sejak beroperasi pada 1 januari 2014, BPJS ini wajib diperuntukkan oleh seluruh penduduk Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan. BPJS kesehatan juga menanggung jaminan kesehatan bagi anggota keluarga pekerja. Jumlah peserta dan anggota keluarga yang ditanggung oleh jaminan kesehatan paling banyak lima orang. Apabila peserta yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari lima orang termasuk peserta, maka dapat mengikutsertakan anggota keluarga yang lain dengan membayar iuran tambahan.

Peserta yang wajib ikut dalam BPJS ialah pekerja dalam sebuah perusahaan. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program bantuan iuran.

Pada awalnya, BPJS atau Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial ini dibentuk dengan modal yang dibiayai dari APBN dan selanjutnya memiliki kekayaan tersendiri yang meliputi aset BPJS Kesehatan dan aset dana jaminan sosial dari sumber-sumber sebagaimana ditentukan dalam undang-undang. Kewenangan BPJS Kesehatan meliputi seluruh wilayah Republik Indonesia dan dapat mewakili Indonesia atas nama negara dalam hubungan dengan badan-badan Internasional.

Kewenangan ini merupakan karakteristik tersendiri yang berbeda dengan badan hukum maupun lembaga negara lainnya. Maka dari itu, BPJS Kesehatan merupakan salah satu bentuk Badan Hukum Milik Negara (BHMN), sehingga pelaksanaan tugasnya dipertanggungjawabkan kepada Presiden sebagai kepala pemerintahan negara.

Untuk mengetahui lebih detail tentang fungsi, tugas hingga wewenang dari kepanjangan BPJS, berikut penjelasan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Fungsi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS

Dalam UU BPJS menentukan bahwa, “BPJS Kesehatan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan”. Jaminan kesehatan menurut UU SJSN itu diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas, dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Selain itu, BPJS juga menjalankan fungsi pemerintahan di bidang pelayanan umum yang sebelumnya sebagian dijalankan oleh badan usaha milik negara dan sebagaian lainnya oleh lembaga pemerintahan. Gabungan antara kedua fungsi badan usaha dan fungsi pemerintahan itulah yang tercermin dalam status BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menjalankan fungsi pelayanan umum di bidang penyelenggaraan jaminan sosial nasional.

3 dari 4 halaman

Tugas Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS

Dalam penjelasan diatas bahwa kepanjangan BPJS adalah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial yang melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu harus diimbangi dengan tugas BPJS, antara lain sebagai berikut:

1.  Melakukan dan/atau menerima pendaftaran peserta.

2.  Memungut dan mengumpulkan iuran dari peserta dan pemberi kerja.

3.  Menerima bantuan iuran dari Pemerintah.

4.  Mengelola Dana Jaminan Sosial untuk kepentingan peserta.

5.  Mengumpulkan dan mengelola data peserta program jaminan sosial.

6.  Membayarkan manfaat dan/atau membiayai pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan program jaminan sosial.

7.  Memberikan informasi mengenai penyelenggaraan program jaminan sosial kepada peserta dan masyarakat.

4 dari 4 halaman

Wewenang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS

Sebelum menelaah dari kepanjangan BPJS adalah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial alam melaksanakan tugasnya sebagaimana dimaksud di atas BPJS berwenang sebagai :

1.  Menagih pembayaran iuran.

2.  Menempatkan Dana Jaminan Sosial untuk investasi jangka pendek dan jangka panjang dengan mempertimbangkan aspek likuiditas, solvabilitas, kehati-hatian, keamanan dana, dan hasil yang memadai.

3.  Melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan jaminan sosial nasional.

4.  Membuat kesepakatan dengan fasilitas kesehatan mengenai besar pembayaran fasilitas kesehatan yang mengacu pada standar tarif yang ditetapkan oleh Pemerintah.

5.  Membuat atau menghentikan kontrak kerja dengan fasilitas kesehatan.

6.  Mengenakan sanksi administratif kepada peserta atau pemberi kerja yang tidak memenuhi kewajibannya.

7.  Melaporkan pemberi kerja kepada instansi yang berwenang mengenai ketidakpatuhannya dalam membayar iuran atau dalam memenuhi kewajiban lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

8.  Melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka penyelenggaraan program jaminan sosial.

Itu tadi penjelasan dari kepanjangan BPJS beserta fungsi, tugas hingga wewenang yang menjeratnya. Bila Anda sudah menjadi anggota dari BPJS, dan merasa tidak puas terhadapt pelayanan jaminan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Maka peserta dapat menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara pelayanan dan atau BPJS Kesehatan. Bisa juga dengan menghubungi nomor hotline servis yaitu 500-400.

  

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.
    BPJS
  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.
    BPJS Kesehatan
  • BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.
    BPJS Ketenagakerjaan
  • JKN
  • Kesehatan
  • Sosial