Sukses

Kakak Aprilio Manganang Juga Alami Hipospadia, Amasya Manganang Bakal Jalani Operasi

Liputan6.com, Jakarta Pada Jumat (19/3/2021) menjadi momen bahagia bagi Aprilia Manganang. PN Tondano menggelar sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelamin terhadap Serda Aprilia Santini Manganang. Ia hadir secara virtual di Mabes TNI AD di Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat. Sidang yang digelar pada Jumat (19/3/2021) itu menetapkan perubahan gender dan nama barunya menjadi Aprilio Perkasa Manganang.  

Setelah pembacaan pengabulan permohonannya, namanya menjadi Sersan Dua Aprilio Perkasa Manganang. Ia tampak tak sanggup menahan tangis. "Terima kasih, terima kasih," ucap mantan pemain timnas voli itu saat diberi kesempatan berbicara oleh hakim. 

Rupanya tak hanya Aprilio saja yang mengalami kelainaan reproduksi hipospadia. Sang kakak, Amasya Manganang juga mengalami hal serupa. Hal itu turut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kondisi Amasya dieketahui setelah mantan pemain voli PGN Popsivo Polwan tersebut melakukan pengecekan medis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta pada Rabu (17/03/21). Rencaananya Amaasya Manganang juga akan melakukan operasi seperti sang adik.

2 dari 4 halaman

Amasya Manganang Juga Idap Hipospadia

Kakak dari Serda AAprilio Perkasa Manganang yakni Amasya Manganang nyatanya juga mengalami kelainan reproduksi hipospadia. Hal itu diungkap oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Hasilnya ternyata sangat mirip. Hasil pemeriksaan Amasya tidak seberuntung kita, sakit juga," tutur Andika di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Menurut Andika, Amasya Manganang juga menyampaikan kegelisahannya. Sampai akhirnya atlet voli putri itu juga meminta bantuan untuk diperiksa. Akhirnya, ia pun menjalani pemeriksaan dan perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

"Amasya curhat, bapak saya juga ingin diperiksa. Kami siap," jelas dia soal kakak Aprilio Manganang.

3 dari 4 halaman

Bakal Jalani Operasi

Rencananya Amasya Manganang, kakak kandung Aprilio Perkasa Manganang, akan menjalani operasi koreksi atau corrective surgery dua kali seperti halnya sang adik.

"Kita sampaikan ke Amasya dan Amasya menjawab, Saya kalau bisa dibantu, saya ingin menjadi diri saya sebenarnya. Kita putuskan kita akan siapkan prosedur sama, beliau juga serius masuk hipospadia serius," Andika menandaskan.

4 dari 4 halaman

Akan Ubah Status

Amasya Manganang, kabarnya juga akan dipastikan bakal mengubah status jenis kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki, dalam waktu dekat. Pernyataannya itu diungkapkan langsung Amasya Manganang usai sang adik resmi diputuskan secara hukum negara menjadi seorang laki-laki di Mabes TNI AD, Jumat (19/3/2021) kemarin.

"Sekarang tinggal menunggu penanganan dan kapan waktu operasinya. Sekarang lagi mengurus pengajuan ke pengadilan. Tapi dari pihak TNI yang urus. Saya siap saja semuanya," ucap Amasya di depan awak media.

Kakak Serda Aprilio juga menambahkan dan memastikan bahwa dirinya akan siap menjalani setiap proses seperti yang dijalani sang adik sebelumnya.

"Siap mental saja. Setelah itu menjalani hidup saja. Intinya sudah jelas dan tidak jadi pertanyaan lagi. Akhirnya jadi bebannya lepas. Tadinya kan orang tanya, kami mau jawab juga bingung," lanjutnya.