Sukses

7 Momen Haru Sidang Aprilia Manganang Resmi Jadi Pria, Tak Kuasa Menahan Tangis

Liputan6.com, Jakarta Usai menjalani berbagai proses, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano memutuskan mengabulkan permohonan pergantian jenis kelamin dan nama yang diajukan Serda Aprilia Manganang. Kini Aprilia Manganang sudah resmi menjadi pria baik secara fisik dan administrasi kependudukan. Seperti diketahui, sebelumnya mantan atlet voli putri itu menjadi sorotan karena status gendernya. 

Diketahui, anggota korps wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) ini mengalami kelainan hipospadia sejak kecil. Tepat pada Jumat (19/3/2021), Aprilia Manganang menjalani sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelamin di Pengadilan Negeri Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Proses sidang sendiri digelar secara virtual, di mana Aprilia berada di Jakarta, ditemani sederet anggota TNI dan juga orang tuanya.

Kini nama Serda Aprilia Santini Manganang juga telah menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Seluruh hasil keputusan pengadilan tersebut pun akan diteruskan secara administrasi ke pihak Dukcapil setempat. Setelah permohonan pergantian jenis kelamin dan nama yang diajukan itu dikabulkan majelis hakim Pengadilan Negeri Tondano, tangis Serda Aprilia Manganang pun pecah .

Serda Aprilia Manganang menyambut putusan majelis hakim dengan tangis haru. Ia tak berhenti mengucap terima kasih dan syukur dapat melewatinya selama ini. Berikut 7 momen haru sidang Aprilia Manganang resmi jadi pria, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/3/2021).

2 dari 8 halaman

1. Hari Jumat (19/3) pagi, Aprilio menjalani sidang pergantian identitas secara virtual bersama pihak PN Tondano.

3 dari 8 halaman

2. Ia pun tampak diberi semangat oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa.

4 dari 8 halaman

3. Ketika resmi ditetapkan status jenis kelaminnya sebagai laki-laki, tangis air mata pun tak bisa terbendung lagi

5 dari 8 halaman

4. Kini ia mendapat identitas baru sebagai laki-laki dan berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

6 dari 8 halaman

5. Aprilia Manganang pun memeluk Jenderal Andika Perkasa yang menjadi sosok penyemangat di balik perjalananya resmi jadi pria.

7 dari 8 halaman

6. Pria 28 tahun tersebut menyambut putusan majelis hakim dengan tangis haru.

8 dari 8 halaman

7. Serda Aprilia tak berhenti mengucap terima kasih dan rasa syukur bisa melewati 28 tahun menjadi wanita hingga resmi jadi pria.